Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di SMA Muhammadiyah 9 Ujungpangkah Gresik

The Influence of Reading Habits on Learning Outcomes in the History of Islamic Culture Subject Class X at SMA Muhammadiyah 9 Ujungpangkah Gresik

  • Muhammad Haris Nurdiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Ode Mohamad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
Keywords: Kebiasaan Membaca, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar SKI kelas X di SMA Muhammadiyah 9 Ujungpangkah. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan desain eksperimen. Pada penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 35 peserta didik. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test dan kemudaian di analisis dengan Uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan angka p=0,000 atau p<0,005, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak atau kebiasaan membaca memiliki pengaruh di dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di SMA Muhammadiyah 9 Ujungpangkah. Penerapan kebiasaan membaca pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam sangat dibutuhkan untuk  peserta didik agar peserta didik memperoleh banyaknya wawasan, pemahaman dan tercapainya pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, dan peningkatan aspek kognitif.

References

Anon. 2013. “HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMK MANDIRI PONTIANAK TAHUN 2013.” Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg 26(4):1–37.

Aptensi, Fenny, Nani Yuliantini, and Lukman Lukman. 2018. “Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu.” Jurnal PGSD 11(1):35–42. doi: 10.33369/pgsd.11.1.35-42.

AROFA, LILIS. 2023. “Sebesar 2,692 Lebih Besar Dibandingkan T.” 3(2):103–18.

Awaluddin, Nor, and (UIN Alaluddin Makassar). 2016. “PENGARUH MEMBACA BERMAKNA TERHADAP HASIL BELAJAR SKI DI MTS ANNURAIN KELURAHAN LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE.” Applied Microbiology and Biotechnology 85(1):6.

Hapsari, Sayidati, and Lucky Rachmawati. 2018. “Pengaruh Minat Baca Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS MA Al-Hidayah Bangkalan.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 6(2):17–22.

Ilgar, Lutfu, and Sengul Ilgar. 2012. “An Investigation of the Relationship between the Teacher Candidates’ Internet Usage and Their Habits of Reading.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 46(2010):3220–24. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.040.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. 2019. FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Vol. 11.

Vitaloka, Vitaloka, Rusdy Sulaiman, and Misbahul Munir. 2020. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kebiasaan Membaca Siswa Di SD Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah Tahun Ajaran 2019/2020.” LENTERNAL: Learning and Teaching Journal 1(2):90–98. doi: 10.32923/lenternal.v1i2.1286.

Zahari, Iqlima. 2009. “Implementasi Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Kelas X MAN 5 Kediri.” 408–15.

Zahroh, Lailatu, and Irfan Mawardi. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Penerapan Metode Diskusi Jenis Buzz Group.” Jurnal Keislaman 5(1):49–62. doi: 10.54298/jk.v5i1.3408.

Published
2025-01-20
How to Cite
Muhammad Haris Nurdiansyah, & Ode Mohamad Man Arfa Ladamay. (2025). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di SMA Muhammadiyah 9 Ujungpangkah Gresik: The Influence of Reading Habits on Learning Outcomes in the History of Islamic Culture Subject Class X at SMA Muhammadiyah 9 Ujungpangkah Gresik. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(1), 33-41. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.6806
Section
Articles