Optimalisasi Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas 8 Saat Shalat Dhuhur Berjama’ah di SMP Muhammadiyah 8 Benjeng

Optimization of Punishment on the Discipline of Class 8 Students During Dhuhur Prayers in Congregations at SMP Muhammadiyah 8 Benjeng

  • Ahmad Ramdhani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ode Mohamad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Punishment, Kedisiplinan, Shalat Dhuhur

Abstract

Artikel ini membahas tentang kedisiplinan siswa kelas 8 pada saat kegiatan shalat dhuhur berjama’ah di SMP Muhammadiyah 8 Benjeng . Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa yang melanggar kedisiplinan pada saat kegiatan shalat dhuhur berjama’ah. Kedisiplinan adalah sikap dan perasaan taat dan patuh terhadap nilai yang dipercayai merupakan tanggungjawabnya,tanpa ada rasa keterpaksaan sedikitpun. Shalat adalah tiang agama dan juga sebagai pertanda keimanan dan keyakinan manusia terhadap allah, banyak efek positif shalat yang berguna untuk pengembangan kepribadian, salah satunya adalah kedisplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 8 Benjeng. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa optimalisasi Punishment dapat meningkatkan kedisiplinan siswa saat shalat dhuhur berjama’ah, ditemukan bahwa sebelum melakukan optimalisasi punishment hanya 36% siswa yang disiplin saat shalat dhuhur berjama’ah dan setelah dilakukannya optimalisasi punishment terhadap siswa yang sebelumnya hanya 36% kini meningkat menjadi 76%. Hal ini menunjukkan bahwasannya kedisiplinan siswa saat shalat dhuhur berjama’ah meningkat setelah dilakukannya optimalisasi punishment. Oleh karena itu optimalisasi punishment dapat menjadi alternatif dalam mendisiplinkan siswa didunia Pendidikan.

References

Musbikin, I. (2021). Pendidikan karakter disiplin. Nusamedia.

Sholichatin, E. (2020). Peran Punishment dalam menumbuhkan disiplin dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Dewi, P. F., Setiawan, D., & Fardani, M. A. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Di Lingkungan Keluarga Buruh Konveksi Di Desa Guwosobokerto. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1187-1194.

NURAZIZ, S. C. OPTIMALISASI PERAN GURU PAI DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BERIBADAH SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 di SMP NEGERI 1 SUMPIUH BANYUMAS. ( 1(2).

Akif Khilmiyah (2016). Metode penelitian kualitatif . Jogjakarta: Samudra biru.

Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338.

Rohmah, N. (2019). Pengawasan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur'an Dan Hadits. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 31-53.

Is, S. S. (2018). Pembinaan Guru Pai Dalam Membiasakan Siswa Melaksanakan Shalat Berjamaah. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01), 66-78.

al Abrasyi, A. (2003). Al-Tarbiyah al-Islamiyah, terj. Abdullah Zaki al-Kaaf. Dasar Dasar Pokok Pendidikan Islam.

Nisa, R. K. (2019). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. ABC President Indonesia Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Published
2024-07-30
How to Cite
Ahmad Ramdhani, & Ode Mohamad Man Arfa Ladamay. (2024). Optimalisasi Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas 8 Saat Shalat Dhuhur Berjama’ah di SMP Muhammadiyah 8 Benjeng: Optimization of Punishment on the Discipline of Class 8 Students During Dhuhur Prayers in Congregations at SMP Muhammadiyah 8 Benjeng. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(2), 217-221. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i2.6554
Section
Articles