Birokrasi dan Korupsi dalam Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah pada Tahun 2013-2015

  • Elvira Elvira Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Korupsi, Penggunaan, Dana Bantuan Operasional Sekolah

Abstract

Dalam era otonomi pendidikan, daerah perlu membangun pendidikan secara  baik agar sektor ini mampu dijadikan penggerak bagi kemajuan daerah. Pergeseran struktur kewenangan sistem administrasi pendidikan ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan reformasi sistem pengelolaan pendidikan. Ekspektasi pelaksanaan Dana Bos Daerah (BOS) daerah pendidikan oleh pemerintah kabupaten/kota adalah terwujudnya demokrasi pendidikan, artinya pendidikan dilaksanakan dari, oleh, dan untuk rakyat. Selain alasan demokrasi, kebijakan pendidikan dalam Dana Bos Daerah (BOS) pendidikan secara konkret dimaksudkan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat lokal dibidang pendidikan. Pengelolaan dana BOS harus dilakukan secara sistematis mulai dari perencanaan sampai pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

References

Johan TSB. Perkembangan Ilmu Negara dalam Peradaban Globalisasi Dunia. Deepublish; 2018.

Setiawan I. Rekonstruksi Birokrasi Pemerintahan Daerah. irfan setiawan; 2014.

Prabowo IWE. Penerapan ketentuan tindak pidana pencucian uang dalam pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia. UNS (Sebelas Maret University); 2014.

GUSTI N. TIGA FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERBUATAN KORUPSI DI INDONESIA TELAAH KASUS YANG DITANGANI KEJAKSAAN DAN PENGADILAN NEGERI PADANG, SUMATERA BARAT. UNIVERSITAS ANDALAS; 2013.

Kamal B. Konflik Kepentingan Perebutan Pesisir Kota Makassar dalam Pembangunan Center Point of Indonesia. Polit J Magister Ilmu Polit Univ Hasanuddin. 2017;3(2):83–93.

Erlina T. NIKAH SIRI DAN KORUPSI (NIKAH SIRI AND CORRUPTION). 2017;

Mursidi A, Sulistri E. PENDIDIKAN ANTI KORUPSI. Penerbit Lakeisha; 2020.

Wibowo FA. PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA GRATIFIKASI DALAM UPAYA PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI. Universitas Muhammadiyah Metro; 2019.

Hasbullah H. Perintah Atasan atau Jabatan (Ambtelijk Bevel) sebagai Penyebab Korupsi di Lingkungan Birokrasi. J Muara Ilmu Sos Humaniora, dan Seni. 2017;1(1):84–94.

Ismansyah I, Sulistyo PA. Permasalahan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di Daerah serta Strategi Penanggulangannya. J Demokr. 2010;9(1).

Rohman F. Studi tentang manajemen pembiayaan Pendidikan melalui program bantuan Operasional sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. UIN Walisongo; 2009.

Januwarso A. Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Negeri di Kabupaten Bojonegoro. JIAN-Jurnal Ilmu Adm Negara. 2017;1(1):1–9.

Okvita A. Pengelolaan Dana Bos Sekolah (BOS). 2019;

Published
2021-07-07
How to Cite
Elvira, E. (2021). Birokrasi dan Korupsi dalam Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Pemerintahan Daerah Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah pada Tahun 2013-2015. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(1), 22-27. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i1.1588
Section
Articles