Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar

  • Ayu Sunarti S Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Andi Kartini Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor Yang Berhubugan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar, seperti pola makan, pantangan makanan, konsumsi tablet fe dan Asupan gizi ibu hamil. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional study yaitu untuk mengetahui hubungan variabel Independen dengan variabel dependen  yang diamati pada periode waktu yang sama. Lokasi dan waktu Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar dan dilakukan pada bulan Desember 2016 – Januari 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilannya sebanyak 97 Orang  dan Sampel dalam penelitian ini adalah dari keseluruhan ibu hamil yang mengalami kejadian Anemia 60 Orang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling (ada pada saat penelitian berlangsung). Instrument penelitian ini berupa kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi suare (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan (nilai p = 0,757) tidak berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Sedangkan pantangan makanan (nilai p = 0,005), konsumsi tablet Fe (nilai p = 0,000), asupan Gizi  (nilai p = 0,000) berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Dari ketiga variabel tersebut variabel yang paling berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil  adalah variabel pemberian tablet Fe dengan nilai expected = 7.712.

 

References

Maeyer. Em. De, Pencegahan Dan pengawasan Anemia Defisiensi Besi. Terjemahan Oleh Arisunan. Jakarta: Widya Medika, 1995.

Indriani, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Somba Opu,†2002.

Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Profil Puskesmas. Makassar: Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, 2007.

dkk. Singarimbun, Masri, Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 1999.

PERSAGI, Penuntun Diet, 2nd ed. Jakarta: Gramedia, 2001.

Rismawati, “Penelitian Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hami Di Kelurahan Somba Opu Kabupaten Gowa,†2010.

Depkes RI, Petunjuk Teknis Tatalaksana Anak Gizi Buruk, 2nd ed. Jakarta: Direktorat Bina Gizi Masyarakat, 2006.

D. Moejhi, Pengetahuan Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia, 2002.

A. Berg, Peranan Gizi Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: CV. Rajawali, 1990.

Irmalia, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Rumah Sakit Bersalin Pertiwi,†2003.

dkk. Soegeng, Santoso, No Title, 2nd ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Anonim, “Nutrisi Pada Ibu Hamil,†2009. [Online]. Available: blogspot.com. [Accessed: 15-Jan-2010].

Depkes RI, Komposisi Zat Gizi Makanan Indonesia. Jakarta: Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Bogor, 2001.

dkk. Francin E, Paath, Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta: EGC, 2004.

F. Zuhritun N, “Korelasi antara Asupan Makanan, Tingkat Pengatahuan, Pelayanan Kesehatan dan Sanitasi lingkungan dengan Status Gizi di Pesantren X Yogyakarta,†2005.

Published
2019-05-31
How to Cite
Sunarti S, A., & Kartini, A. (2019). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Sanrobone Kabupaten Takalar. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(2), 137-147. https://doi.org/10.56338/mppki.v2i2.570