Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Merokok Pada Pengunjung di Lantai Dua Coffe Banjarmasin

  • Nurul Indah Qariati Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Fahrurazi Fahrurazi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
  • Rezky Dini Lasari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Abstract

Perilaku merokok merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius di dunia. Perilaku merokok dilihat dari sudut pandang mana saja sangat merugikan, baik untuk diri sendiri maupun orang disekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hubungan dan sikap dengan perilaku merokok pada pengunjung cafe lantai dua coffe Banjarmasin tahun 2018. Penelitian ini bersifat survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dan sampel dalam peneitian ini sebanyak 150 responden dengan teknik pengambilan sebanyak 50% dari populasi yaitu didapat 75 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, data dianalisis menggunakan uji statistik Chi Square yang diolah menggunakan program komputer dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 33 responden (44,0%) tidak merokok, pengetahuan responden termasuk dalam kategori baik yaitu sebanyak 32 responden (42,7 %). Sikap responden sebagian berada dalam kategori positif sebanyak 59 responden (78,7%). Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi Square menunjukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan perilaku merokok (p=0,015). Ada hubungan antara sikap dengan perilaku merokok (p=0,000). Saran agar lebih memperdulikan kesehatan, menumbuhkan kemauan yang tinggi untuk berhenti merokok, serta melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi diri maupun orang lain.

 

References

World Health Organization, “WHO | Tobacco,†Who. 2015.

B. A. Putra, “Hubungan Antara Intensitas Perilaku Merokok dengan Tingkat Insomnia (Studi pada Mahasiswa yang Merokok Sekaligus Mengalami Insomnia di Angkringan sekitar Universitas Negeri Semarang,†Skripsi, 2013.

M. F. Indra, Y. Hasneli N, and S. Utami, “Gambaran Psikologis Perokok Tembakau Yang Beralih Menggunakan Rokok Elektrik (Vaporizer),†Jom, 2015.

C. Lanz, J. Mattsson, U. Soydaner, and R. Brenneisen, “Medicinal Cannabis: In Vitro Validation of Vaporizers for the Smoke-Free Inhalation of Cannabis,†PLoS One, 2016.

J. Fischedick, F. Van Der Kooy, and R. Verpoorte, “Cannabinoid Receptor 1 Binding Activity and Quantitative Analysis of Cannabis sativa L. Smoke and Vapor,†Chem. Pharm. Bull. (Tokyo)., 2010.

C. Hindocha, T. P. Freeman, J. A. Ferris, M. T. Lynskey, and A. R. Winstock, “No smoke without tobacco: A global overview of cannabis and tobacco routes of administration and their association with intention to quit,†Front. Psychiatry, 2016.

D. K. Wulan, “Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Merokok pada Remaja,†Humaniora, 2017.

A. Alamsyah, “DETERMINAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA,†J. Endur., 2017.

dan M. E. Ari Tris Ochtia Sari, Neila Ramdhan, “Empati Dan Perilaku Merokok Di Tempat Umum,†Empati Dan Perilaku Merokok Di Tempat Umum, 2003.

S. Trixie and R. Amalia, “Perilaku Merokok Di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang,†Pros. Semin. Nas., 2010.

Y. S. Prabandari, Nawi, and P. R. Siwi, “Rokok Terhadap Perilaku Dan Status Merokok Mahasiswa,†J. Manaj. Pelayanan Kesehat., 2009.

R. Rosita, D. L. Suswardanya, and Z. Abidin, “Penentu Keberhasilan Berhenti Merokok Pada Mahasiswa,†J. Kesehat. Masy., 2012.

I. K. Nasution, “Perilaku Merokok pada Remaja,†Univ. Sumatera Utara, 2008.

Published
2019-05-31
How to Cite
Qariati, N. I., Fahrurazi, F., & Lasari, R. D. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Merokok Pada Pengunjung di Lantai Dua Coffe Banjarmasin. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(2), 82-87. https://doi.org/10.56338/mppki.v2i2.561