Hubungan Sikap, Persepsi, dan Keterampilan Mengendara Siswa Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Safety Riding di SMKN 2 LUWU
The Relationship between Students' Attitudes, Perceptions and Riding Skills on Safety Riding Behavior at SMKN 2 LUWU
Abstract
Latar belakang: Keselamatan berkendara / safety riding adalah upaya yang dilakukan untuk meminimalkan tingkat bahaya dan memaksimalkan keselamatan dalam berkendara guna menciptakan suatu kondisi yang mana kita berada pada titik tidak membahayakan pengendara lain dan menyadari potensi bahaya yang dapat terjadi di sekitar kita serta memahami tindakan pencegahan dan penanggulangannya, dan menguasai tata cara berkendara dengan baik.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan Sikap Persepsi dan Keterampilan Mengendara Siswa Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Safety Riding di SMKN 2 LUWU Tahun 2023.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel dimana variabel independen dan variabel dependen di identifikasi pada waktu yang bersamaan.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap berkendara dengan perilaku keselamatan berkendara sepeda motor pada siswa SMKN 2 LUWU Tahun 2023. Kemudian ada hubungan antara persepsi dengan perilaku keselamatan berkendara sepeda motor pada siswa SMKN 2 LUWU Tahun 2023. Dan ada hubungan antara keterampilan mengemudi dengan perilaku keselamatan berkendara sepeda motor pada siswa SMKN 2 LUWU Tahun 2023.
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara sikap, persepsi, dan keterampilan berkendara dengan perilaku keselamatan berkendara sepeda motor pada siswa SMKN 2 LUWU Tahun 2023.
References
2. (World Health Organization (WHO). Global Status Report on Road Safety 2018. Geneva, 2018)
3. International Bank for Reconstruction and Development (2019) „Global Road Safety Facility Annual Report 2019?, Fresenius.Com, (December), pp. 2–2. Available at: https://www.rtda.gov.rw/fileadmin/templates/publications/RWANDA_Annual_Report_2018-2019_SHARING.pdf, Laka Lantas Polres Luwu (2023)
4. Ospina-Mateus, H. et al. (2019) „Bibliometric analysis in motorcycle accident research: a global overview?, Scientometrics, 121(2), pp. 793–815. doi: 10.1007/s11192-019-03234-5.
5. Kaisun, F. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Siswa/I Man 1 Medan. In repository UIN Sumatera Utara (Nomor9).
6. E Aprillita, (2012). Faktor Yang Berhubungan dengan perilaku safety riding siswa SMA Budi Mulia Tangerang. In repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/10 Fakultas Ilmu Kesehatan / 1010 Kesehatan Masyarakat.
7. Yandi, T. et al (2020) „Analisis Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Pada Jalan Yos Sudarso Kota Pekanbaru?, Jurnal Teknik, 14(1), pp. 17–21. doi: 10.31849/teknik.v14i1.3141.
8. Novita, N. W., Adam, A., & Muslimin, M. (2019). Safety Driving Pada Operator Forklift Di Pertambangan (Study Analitik Di Departemen Finishing Production PT. Antam Tbk, UBP Nikel Sulawesi Tenggara). Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, 19(1), 144. https://doi.org/10.32382/sulolipu.v19i1.1053
9. Bahaya, A., Pencegahan, C.-S Virus, P., & Terminal, D.(2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Aman Berkendara (Safery Riding) pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2020, Bahaya, A, Pencegahan, C-S, Virus, P., & Terminal, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Aman Berkendara (Safety Riding) Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2020.
10. Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. Epub ahead of print 2020. DOI: 10.29303/ jpmpi.v3i1.440.
11. Ahmad, A. (2017). “Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Mengemudi Tidak aman Pada Sopir Bus Trayek Jember-Kencong-Lumajang”. Skripsi. Jember : FKM UNIVERSITAS JEMBER.
12. Prima, D, W., Kurniawan, B., Masyarakat F, K., & Dipenegoro, U. (2015), FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA SAFETY RIDING PADA MAHASISWA. 3(April), 370-381.
13. Srisantyorini, T., Alpiani, A, M., Saputra N., Al, M., Sudin, M., Dahlan, J. K. H. A., & Selatan, T. (2021). Kesadaran Pengendara Terhadap Perilaku Aman Dalam Berkendara ( Safety riding ) Sepeda Motor Pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan “ X “ di Kota Tangerang Selatan. 1,201-214.
14. Wahyuningsih I, Ramdana S. Pengetahuan dan Perilaku Safety Riding Siswa SMA. Holistik J Kesehat 2020; 14: 564–572.
15. Aeni, Q. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sebagai Pengendara Sepeda Motor. Skripsi Kesehatan Masyarakat, 1–14
16. Widyastuti SD, Trisnawati N. Gambaran pengetahuan dan sikap tentang keselamatan berkendara (safety riding) pada mahasiswa STIKES Indramayu. J Chem Inf Model 2019; 53: 1689–1699.
17. Geller,E. Scott. 2001. The Psychology of Safety Handbook. Florida: Lewis Publisher.
18. Kesehatan, J. R., & Bandung, P. D. (2021). STUDI LITERARUR : MENGEMUDI AGRESIF Literatur Study : Aggressive Driving. 13(1).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.