Perilaku Wanita Pekerja Seks (WPS) Terhadap Pencegahan Penyakit HIV Dan AIDS Dipanti Pijat “X” Di Kota Makassar

Haslinah Haslinah(1*), Elyanovianti Elyanovianti(2)


(1) Jurusan Kesehatan Masyarakat, STIKES Yapika Makassar
(2) Jurusan Kesehatan Masyarakat, STIKES Yapika Makassar
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/mppki.v2i1.529

Abstract


Acquired Imune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan kumpulan gejala penyakit yang di sebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). Diantara penderita HIV dan AIDS adalah Wanita Pekerja Seks (WPS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku Wanita Pekerja Seks (WPS) terhadap pencegahan penyakit HIV dan AIDS di Panti Pijat “X” di kota    Makassar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengambilan  sampel dalam penelitian ini secara purposive sampling.  Informan  yang ada  dalam  penelitian  ini adalah Wanita Pekerja Seks (WPS). Instrumen penelitian menggunakan daftar wawancara dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ditemukan hasil pengetahuan WPS tentang HIV dan AIDS sudah cukup baik, baik penyebab, maupun tanda dan gejalanya. Sebagian besar WPS   memiliki kemampuan diri dalam negosiasi dengan klien tentang penggunaan kondom namun masih terdapat WPS yang memiliki posisi tawar menawar yang lemah. WPS mendapatkan kondom secara gratis oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan yang datang ke lokalisasi dan Semua WPS telah melakukan upaya praventif dalam pencegahan penyakit HIV dan AIDS. Selain itu, adanya kepedulian dari Petugas Kesehatan setempat tentang kegiatan pencegahan HIV dan AIDS. Disarankan pada WPS untuk lebih meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan HIV dan AIDS sehingga mengetahui bagaimana cara agar  tidak tertular dan menularkan penyakit berbahaya tersebut.


Full Text:

PDF

References


Depkes. RI. 2015. Statistik Kasus HIV/AIDS di Indonesia. Ditjen PPM & PLP Depkes RI.

Putri, Ratnasari dkk. 2016. perilaku pekerja seks komersial terhadap pencegahan penyakit menular seksual di lokalisasi kalinyamat bandungan. Kementrian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta. jurnal.poltekkes-solo.ac.id. (diakses pada tanggal 09 Maret 2018)

Matahari, Ratu. 2016. Persepsi dan perilaku seksual wanita pekerja seks komersial (psk) dalam upaya pencega-han ims di kota semarang. http://ejournal.litbang.depkes.go.id (diakses pada tanggal 03 juli 2018)

Regar, Philep Morse. 2016. Dalam penelitiannya yang berjudul “Pengetahuan pekerja seks komersial (psk) Da-lam mencegah penyakit kelamin di kota manado. https://media.neliti.com. (diakses pada tanggal 09 Maret 2018)

Mulyaningrum, Festy Mahanani dkk. 2015. Perilaku pencegahan ims, hiv dan aids wanita pekerja seksual tidak langsung di pub karaoke dan cafe di bandungan kabupaten semarang. Surakarta UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat jurnal https://digilib.uns.ac.id (diakses pada tanggal 10 maret 2018).

Megaputri, P. Sukma dkk. 2016. Negosiasi dan Determinan Pemakaian Kondom oleh Pekerja Seks di Kota Denpasar. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng. https://ojs.unud.ac.id. (diakses pada tanggal 03 juli 2018)

Dwi, Ratnaningsih. 2015. faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pencegahan hiv/aids pada wanita pekerja seks komersial. Surakarta: Universitas Surakarta

Putra, I Gusti Ngurah Bagus Sudayana Dwi. 2016. Pengetahuan dan upaya pencegahan hiv/aids pada wanita pekerja seksual (WPS) di lokalisasi sunan kuning semarang. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Se-marang. https://jurnal.unimus.ac.id. (diakses pada tanggal 30 juni 2018).


Article Statistic

Abstract view : 57 times
PDF views : 37 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu

Editorial Address : Jalan Bukit Jabal Nur No. 3 Palu, Sulawesi Tengah 94118

e-mail : jurnal.mppki@gmail.com

Phone/SMS: +6281245936241

ISSN 2597-6052


Flag Counter