Persepsi Mentor dan Mentee Fakultas Keperawatan Universitas Pelita Harapan Tentang Program Mentoring Online
Perception of Mentors and Mentees Faculty of Nursing Pelita Harapan University About Online Mentoring Program
Abstract
Pendahuluan: Mahasiswa selama proses pembelajaran sering menghadapi masalah berkaitan dengan kepribadian, keadaan fisik, lingkungan sosial dan ekonomi. Mentoring bertujuan membangun pengetahuan, keterampilan, informasi dengan lebih fokus terhadap pengembangan yang profesional dan cenderung lebih bersifat pribadi. Mentoring dapat meningkatkan persepsi seseorang terhadap bidangnya dan dalam penyelesaian konflik.
Tujuan: Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Pelita Harapan tentang program mentoring online.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi adalah mahasiswa Keperawatan Universitas Pelita Harapa. Sampel penelitian berjumlah 229 mahasiswa dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang terdiri dari 21 item pernyataan untuk Mentor serta 17 item pernyataan Mentee. Data dianalisa dengan univariat.
Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi Mentor tentang program mentoring online pada masa pandemic covid-19 mayoritas pada kategori sangat baik (65%) dan persepsi Mentee menunjukkan mayoritas pada kategori persepsi baik (58%). Mentor dan Mentee terlibat dalam program mentoring online mayoritas tidak akan meninggalkan universitas
Kesimpulan: Program mentoring yang dijalankan secara online terbukti dipersepsikan baik dan sangat baik sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif jika tidak dilaksanakan secara onsite.
References
Purwantiasning AW. Otimalisasi Fungsi Ruang Terbuka Hijau Dengan Melihat Pola Sebaran Pengunjung Studi Kasus: Taman Tabebuya Jagakarsa. Nature?: National Academic Journal of Architecture [Internet]. 2017 Dec 30;4(2):121–7. Available from: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nucturenature/article/view/3613
Martunis, Bahri S. Indentifikasi masalah-masalah yang dialami mahasiswa fakultas tehnik dan ekonomi unsyiah. SULOH [Internet]. 2016 [cited 2024 Apr 3];1(1):10–8. Available from: http://jurnal.unsyiah.ac.id/suloh/article/download/8257/6700
Romansah T. Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembinaan Karakter Islami. Islamic Religion Teaching and Learning Journal. 2017;2(1):63–83.
Nurmalia D, Handiyani H, Pujasari H. Pengaruh Program Mentoring Terhadap Penerapan Budaya Keselamatan Pasien. Jurnal Manajemen Keperawatan [Internet]. 2013 [cited 2024 Apr 3];1(2):79–88. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JMK/article/view/1002
Wingfiled B. Interdisciplinary mentoring in science. In: Interdisciplinary mentoring in science?: Strategies for success. 2013.
Rastegar Kazerooni AA, Amini M, Tabari P, Moosavi M. Peer mentoring for medical students during the COVID-19 pandemic via a social media platform. Med Educ. 2020 Aug 1;54(8):762–3.
Solely Houghty G, Siswadi Y. Persepsi Mentor dan Mentee Tentang Program Mentorship. Jurnal Skolastik Keperawatan. 2015;1(2):1–11.
Meri Agritubella S, Arif Y, Afriyanti Poltekkes Kemenkes Riau E, Melur Sukajadi Pekanbaru J, Keperawatan F, Andalas U, et al. 15-33) Agritubella, SM,dkk., Karakteristik Individual Perawat terhadap. NERS: Jurnal Keperawatan. 2017;13(2).
Karimi H, Masoudi Alavi N. Florence Nightingale: The Mother of Nursing. Nurs Midwifery Stud. 2015 Jun 27;4(2).
Azizah. Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja (Penggunaan Informasi dalam Pelayanan Bimbingan Individual). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 2013;4(2):295–315.
Qodratulloh W. Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Karakter Melalui Mentoring Pendidikan Agama Islam di Politehnik Negeri Bandung. Jurnal Handayani. 2017;7(1):13–9.
Verina C, Wirawan. Permasalahn Mentoring yang Dihadapi Pelaku Start-Up Bisnis. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 2018;3(2):189–97.
Blaess DA, Santin C, Bloom LK, Hollywood KG. Mentoring Millennial Women in Academia. J Educ Cult Stud. 2020 Aug 20;4(3):p101.
Wirjono ER. Peran Mentor, Intensitas Berpindah Kerja dan Hambatan yang Dirasakan oleh Akuntan Wanita Dalam Mentoring di kantor Akuntan Publik. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie [Internet]. 2011 [cited 2024 Apr 3];1(2):92–108. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/465209-none-9226e8e9.pdf
Anderson L. A learning resource for developing effective mentorship in practice. Nursing Standard [Internet]. 2011;25(51):48–56. Available from: www.nursing-standard.co.uk.
Nurlaila, Rohayati E. Efektivitas Mentoring terhadap Pengamalan Keagamaan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang. Jurnal Ta’Dib [Internet]. 2019;22(1):41–50. Available from: http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/index
Komarraju M, Musulkin S, Bhattacharya G. Role of student-faculty interactions in developing college students’ academic self-concept, motivation, and achievement. J Coll Stud Dev. 2010 May;51(3):332–42.
Nurhasanah, Sutedja E, Husin F, Hilmanto D, Wirakusumah FF, Susanto H. Pengaruh Penerapan Sistem Mentor Terhadap Pencapaian Ketrampilan Klinik Asuhan Persalinan Mahasiswa Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon. IJEMC. 2014;1(1):1–7.
Houghty GS, Siswadi Y, Mambu IR. Manfaat dari Program Mentoring di Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Pelita Harapan. Polyglot: Jurnal Ilmiah. 2019 Jan 30;15(1):93.
Carmel RG, Paul MW. Mentoring and coaching in academia: Reflections on a mentoring/coaching relationship. Policy Futures in Education. 2015 Apr 1;13(4):479–91.
Brien EO, Hamburg I. Supporting Sustainable Strategies for SMEs through Training, Cooperation and Mentoring. Higher Education Studies. 2014 Mar 27;4(2).
Kornblum A, Unger D, Grote G. How romantic relationships affect individual career goal attainment: A transactive goal dynamics perspective. J Vocat Behav. 2021 Mar 1;125.
Sakinah N, Rohmiyati Y. Analisis Knowledge Sharing Metode Mentoring UKMF Rohis Keluarga Humaniora Islam Mandani (KAHRISMA) FIB Undip. Jurnal Ilmu Perpustakaan [Internet]. 2019 [cited 2024 Apr 3];6(2):151–60. Available from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23121
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.