Penerapan Strategi Digital Marketing pada Pelayanan Kesehatan: Literature Review

Implementation of Digital Marketing Strategies in Health Services: Literature Review

  • Luthfiyah Putri Sahara Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • Diansanto Prayoga Program Studi Kesehatan Masyarakat, Departemen Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam, Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga. Pusat Kajian Manajemen Kesehatan, Universitas Airlangga, Indonesia. Pusat Riset Pemasaran Kesehatan, Universitas Airlangga, Indonesia
Keywords: Strategi, Pemasaran Digial, Pelayanan Kesehatan

Abstract

Latar belakang: Salah satu media pemasaran yang sedang banyak digunakan di era sekarang yaitu digital marketing. Kebutuhan digital marketing tiap tahun semakin meningkat yang mengakibatkan para pebisnis dan pengusaha industri kesehatan bersaing untuk menggunakan strategi pemasaran digital marketing pada layanan kesehatan.  Dengan berkembangnya digital marketing, industri layanan kesehatan memanfaatkan hal tersebut sebagai strategi pemasaran digital untuk membantu pasien membuat jadwal dan melihat riwayat perawatannya.

Tujuan: Tujuan dari tinjauan literatur ini yaitu untuk memaparkan pemanfaatan strategi digital marketing pada pelayanan kesehatan.

Metode: Kajian ini menggunakan metode literature review yang meninjau referensi yang dipublikasikan dalam Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia. Pencarian literatur menggunakan database yaitu Pubmed, ProQuest, Scopus, dan Google Scholar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang artinya bukan dari pengamatan langsung, melainkan diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya

Hasil: Pemasaran digital melalui penggunaan media sosial di pelayanan kesehatan terbilang efektif dan berdampak baik yang dapat meningkatkan angka kunjungan pasien berobat dan menjadikan kepuasaan pasien di layanan kesehatan. Digital marketing dapat mempromosikan layanan medis guna mengembangkan bisnis untuk menarik pasien baru dan menawarkan layanan kesehatan berkualitas, yang menjamin kepuasan dan kemungkinan bagi mereka untuk merekomendasikan fasilitas kesehatan lebih lanjut. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam digital marketing pada layanan kesehatan antara lain masalah keamanan, privasi pasien, masalah regulasi, dan lain sebagainya.

Kesimpulan: Digital marketing meningkatkan kepuasan, loyalitas, dan keterlibatan pasien terhadap layanan rumah sakit. Keuntungan digital marketing yaitu mendongkrak penjualan, menghemat biaya, jangkauan luas skala global, akurat dan tertarget, meningkatkan engagement dengan konsumen.

References

Budiyatno, K. C. (2023). Transformasi Digital Sebagai Bagian Dari Strategi Pemasaran Di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya Tahun 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2), 66-73.

Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI RUMAH SAKIT.

Fajrini, F., Andriyani, A., Suherman, S., Latifah, N., Herdiansyah, D., Romdhona, N., & Ernyasih, E. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 (Study Rumah Sakit X). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 18(1), 113-122.

Jarva, E., Oikarinen, A., Andersson, J., Tuomikoski, A. M., Kääriäinen, M., Meriläinen, M., & Mikkonen, K.

(2022). Healthcare professionals' perceptions of digital health competence: A qualitative descriptive study. Nursing Open, 9(2), 1379-1393.

Julianti, V. S., Sjaaf, A. C., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 218-223.

Khiong, K. (2022). Impact and Challenges of Digital Marketing in Healthcare Industries during Digital Era and Covid-19 Pandemic. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(5), 112-118.

Laksmi Jaya, D., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Penerapan Teknologi Digital Marketing Di Pelayanan

Kesehatan (Literature Review). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1), 162–168.

Leeflang, P. S., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European management journal, 32(1), 1-12.

Merrynda, Y. S., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Media Sosial dalam Pemasaran Digital Rumah Sakit: Literature Review. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(9), 5078-5088

Muhajir, M., Akib, H., & Niswaty, R. (2023). Transformasi Digital Pada Rumah Sakit Umum Daerah Prof. dr. HM

Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 129-139.

Nadia, N. S., & Prayoga, D. (2023). Patient Satisfaction with Telehealth During Covid-19 Pandemic: A Literature Review. Media Gizi Kesmas, 12(1), 484-493.

Pasaribu, S. B., Novitasari, D., Goestjahjanti, F. S., & Hendratono, T. (2022). The impact and challenges of digital marketing in the health care industry during the digital era and the COVID-19 pandemic. Frontiers in Public Health, 10, 969523.

Pike, S., & Page, S. J. (2014). Destination Marketing Organizations and destination marketing: A narrative analysis of the literature. Tourism management, 41, 202-227.

Prasetyo, A. A. R., & Sulistiadi, W. (2019). Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. In The 5th International Conference on Public Health (Vol. 509).

Qian, Z. W., Wan, G. S., Du, X. L., Shi, Y. F., & Huang, G. (2018). Performance evaluation of digital marketing in health care industry with the application of data envelopment analysis. Revista De Cercetare Si Interventie Sociala, 60, 39-50.

Raden Vasthu Broto Ariyo, & Anhari Achadi. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam

Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 769–774.

Rusnawati, R. D., & Hariyati, R. T. S. (2022). Implementasi internet of things pada layanan kesehatan (literature review). Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 569-574.

Secundo, G., Shams, S. R., & Nucci, F. (2021). Digital technologies and collective intelligence for healthcare

ecosystem: Optimizing Internet of Things adoption for pandemic management. Journal of Business Research, 131, 563-572.

Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224-232.

Ummasyroh, Y. F., & Andriyani, dan T. (2019). Penerapan Marketing 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap

Keberhasilan Kegiatan Promosi Pemasaran Politeknik Negeri Sriwijaya | Jurnal Riset Terapan Akuntansi.

Published
2024-05-15
How to Cite
Luthfiyah Putri Sahara, & Diansanto Prayoga. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing pada Pelayanan Kesehatan: Literature Review: Implementation of Digital Marketing Strategies in Health Services: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(5), 1191-1197. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i5.4985