Penerapan Strategi Digital Marketing pada Pelayanan Kesehatan: Literature Review
Implementation of Digital Marketing Strategies in Health Services: Literature Review
Abstract
Latar belakang: Salah satu media pemasaran yang sedang banyak digunakan di era sekarang yaitu digital marketing. Kebutuhan digital marketing tiap tahun semakin meningkat yang mengakibatkan para pebisnis dan pengusaha industri kesehatan bersaing untuk menggunakan strategi pemasaran digital marketing pada layanan kesehatan. Dengan berkembangnya digital marketing, industri layanan kesehatan memanfaatkan hal tersebut sebagai strategi pemasaran digital untuk membantu pasien membuat jadwal dan melihat riwayat perawatannya.
Tujuan: Tujuan dari tinjauan literatur ini yaitu untuk memaparkan pemanfaatan strategi digital marketing pada pelayanan kesehatan.
Metode: Kajian ini menggunakan metode literature review yang meninjau referensi yang dipublikasikan dalam Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia. Pencarian literatur menggunakan database yaitu Pubmed, ProQuest, Scopus, dan Google Scholar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang artinya bukan dari pengamatan langsung, melainkan diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya
Hasil: Pemasaran digital melalui penggunaan media sosial di pelayanan kesehatan terbilang efektif dan berdampak baik yang dapat meningkatkan angka kunjungan pasien berobat dan menjadikan kepuasaan pasien di layanan kesehatan. Digital marketing dapat mempromosikan layanan medis guna mengembangkan bisnis untuk menarik pasien baru dan menawarkan layanan kesehatan berkualitas, yang menjamin kepuasan dan kemungkinan bagi mereka untuk merekomendasikan fasilitas kesehatan lebih lanjut. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam digital marketing pada layanan kesehatan antara lain masalah keamanan, privasi pasien, masalah regulasi, dan lain sebagainya.
Kesimpulan: Digital marketing meningkatkan kepuasan, loyalitas, dan keterlibatan pasien terhadap layanan rumah sakit. Keuntungan digital marketing yaitu mendongkrak penjualan, menghemat biaya, jangkauan luas skala global, akurat dan tertarget, meningkatkan engagement dengan konsumen.
References
Budiyatno, K. C. (2023). Transformasi Digital Sebagai Bagian Dari Strategi Pemasaran Di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya Tahun 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2), 66-73.
Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI RUMAH SAKIT.
Fajrini, F., Andriyani, A., Suherman, S., Latifah, N., Herdiansyah, D., Romdhona, N., & Ernyasih, E. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 (Study Rumah Sakit X). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 18(1), 113-122.
Jarva, E., Oikarinen, A., Andersson, J., Tuomikoski, A. M., Kääriäinen, M., Meriläinen, M., & Mikkonen, K.
(2022). Healthcare professionals' perceptions of digital health competence: A qualitative descriptive study. Nursing Open, 9(2), 1379-1393.
Julianti, V. S., Sjaaf, A. C., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 218-223.
Khiong, K. (2022). Impact and Challenges of Digital Marketing in Healthcare Industries during Digital Era and Covid-19 Pandemic. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(5), 112-118.
Laksmi Jaya, D., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Penerapan Teknologi Digital Marketing Di Pelayanan
Kesehatan (Literature Review). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1), 162–168.
Leeflang, P. S., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European management journal, 32(1), 1-12.
Merrynda, Y. S., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Media Sosial dalam Pemasaran Digital Rumah Sakit: Literature Review. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(9), 5078-5088
Muhajir, M., Akib, H., & Niswaty, R. (2023). Transformasi Digital Pada Rumah Sakit Umum Daerah Prof. dr. HM
Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 129-139.
Nadia, N. S., & Prayoga, D. (2023). Patient Satisfaction with Telehealth During Covid-19 Pandemic: A Literature Review. Media Gizi Kesmas, 12(1), 484-493.
Pasaribu, S. B., Novitasari, D., Goestjahjanti, F. S., & Hendratono, T. (2022). The impact and challenges of digital marketing in the health care industry during the digital era and the COVID-19 pandemic. Frontiers in Public Health, 10, 969523.
Pike, S., & Page, S. J. (2014). Destination Marketing Organizations and destination marketing: A narrative analysis of the literature. Tourism management, 41, 202-227.
Prasetyo, A. A. R., & Sulistiadi, W. (2019). Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. In The 5th International Conference on Public Health (Vol. 509).
Qian, Z. W., Wan, G. S., Du, X. L., Shi, Y. F., & Huang, G. (2018). Performance evaluation of digital marketing in health care industry with the application of data envelopment analysis. Revista De Cercetare Si Interventie Sociala, 60, 39-50.
Raden Vasthu Broto Ariyo, & Anhari Achadi. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam
Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 769–774.
Rusnawati, R. D., & Hariyati, R. T. S. (2022). Implementasi internet of things pada layanan kesehatan (literature review). Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 569-574.
Secundo, G., Shams, S. R., & Nucci, F. (2021). Digital technologies and collective intelligence for healthcare
ecosystem: Optimizing Internet of Things adoption for pandemic management. Journal of Business Research, 131, 563-572.
Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224-232.
Ummasyroh, Y. F., & Andriyani, dan T. (2019). Penerapan Marketing 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap
Keberhasilan Kegiatan Promosi Pemasaran Politeknik Negeri Sriwijaya | Jurnal Riset Terapan Akuntansi.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.