Faktor yang Mempengaruhi Sosial-Emosional Anak Usia Dini: Literature Review
Factors Affecting Early Childhood Social-Emotional Well-Being: Literature Review
Abstract
Latar belakang: Salah satu bentuk perkembangan yang terjadi pada anak usia dini adalah perkembangan sosial emosional.Perkembangan sosial emosional anak usia dini ditandai dengan adanya perkembangan kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, memiliki rasa pertemanan yang melibatkan emosi, pikiran, dan tingkah laku mereka.Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi sosial emosional pada anak usia dini.
Tujuan: Menelaah faktor apa saja yang berpengaruh terhadap sosial emosional anak usia dini.
Metode: Systematic literature review dengan melakukan pencarian artikel.Pencarian artikrl dilakukan dengan database seperti Google Scholar dan Pubmed.Penulis menemukan 10 artikel yang relevan
Hasil: Terdapat 3 hal yang menjadi faktor yang mempengaruhi sosial emosial anak suai dini yaitu : faktor keluarga , gadget , dan teman sebaya
Kesimpulan: Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan, karena hal ini akan berpengaruh pada cara bersosialisasi anak di fase kehidupan selanjutnya.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak yaitu : faktor kelurga yang mana disini terdisi dari pola asuh orang tua, pendidikan orang tua dan jumlah saudara di dalam keluarga, selanjutnya ada faktor gadget dan ada pula faktor teman sebaya.
References
Talango SR. Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Child Islam Educ J. 2020;1(1):92–105.
Sriyanto A, Hartati S. Perkembangan Dan Ciri-Ciri Perkembangan Pada Anak Usia Dini. J Fascho J Penelit Dan Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2022;1(2):26–33. Available from: http://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Fascho/article/view/39
Syaodih E. Perkembangan anak usia dini (6-8 tahun). Pelatih Pembelajaran Terpadu Yayasan Pendidik Salman Al Farisi 2003. 2015;1–22.
Sukatin S, Chofifah N, Turiyana T, Paradise MR, Azkia M, Ummah SN. Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age J Ilm Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 2020;5(2):77–90.
Haryono M. MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD GEMILANG KOTA BENGKULU. J dehasen Educ. 2020;0:1–7.
Indanah, Yulisetyaningrum. Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2019;10(1):221–8.
Nurasyiah R, Atikah C. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilm Kependidikan [Internet]. 2023;17(1):75–81. Available from: http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Khulusinniyah, Farhatin Masruroh. Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia. 2019;4(1):59–66.
Tresna Dewi AR. Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. J Golden Age. 2018;2(02):66.
Nurdiantami Y, Febriyanti HP, Chandra CN, Zahra R, Emirat AB. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tidak Teraturnya Perkembangan Sosial-Emosional Pada Anak. PREPOTIF J Kesehat Masy. 2022;6(2):1823–31.
Sisy Rizkia Putri. Jurnal Penelitian Perawat Profesional Pencegahan Tetanus. Br Med J. 2020;2(5474):1333–6.
Mahatmaharti AK, Dinarti S. Pengaruh Kegiatan Parenting Orang Tua Terhadap Perkembangan Socio-Emosional Anak Usia Dini. J Ilm Profesi Pendidik. 2023;8(2):1239–45.
Khusniyah NL. Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam. 2018;12(1):87–101.
Hanita. Identifikasi Perkembangan Sosial Dan Emosi Di Sekolah Berdasarkan Pola Asuh Pada Anak Usia 4-6 Tahun. J Indria [Internet]. 2017;7255(2):26–7. Available from: http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index
Makagingge M, Karmila M, Chandra A. PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya J Anak Pendidik Usia Dini [Internet]. 2019;volume 3 n:115–22. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/5568
Li S, Tang Y, Zheng Y. How the home learning environment contributes to children’s social–emotional competence: A moderated mediation model. Front Psychol. 2023;14:1–19.
Hakim AR, Yazid M, Kudsiah M. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Dan Akhlak Peserta Didik. J Didika Wahana Ilm Pendidik Dasar. 2021;7(1):149–62.
Marsal A, Hidayati F. Pengaruh smartphone dengan interaksi sosial. J Ilmiyah Rekayasa Dan Manaj Sist Inf [Internet]. 2017;3(1):78–84. Available from: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i1.3529
Agustin K, Zen DN, Wibowo DA. Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Masalah Mental Emosional pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Aba Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Tahun 2021. J Keperawatan Galuh. 2022;4(2):53.
Utami DT. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Gener Emas. 2018;1(1):39.
Putri A, Arifin D, Riani S. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Kognitif Aud. BUHUTS AL-ATHFAL J Pendidik dan Anak Usia Dini. 2021;1(1):116–28.
Nisa AR, Patonah P, Prihatiningrum Y, Rohita. Pencapaian Kemampuan Sosial Emosional Anak Berdasarkan Kelompok Usia 4-5 Tahun Selama Masa Pembelajaran Daring. J Audhi. 2021;4(1):1–13.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.