Analisis Pengetahuan pada Remaja Putri Masa Awal Menstruasi
Analysis of Knowledge in Adolescent Girls at the Beginning of Menstruation
Abstract
Latar belakang: Pendidikan kesehatan reproduksi, khususnya pemahaman tentang menstruasi, merupakan aspek penting dalam perkembangan siswi putri. Penyuluhan mengenai menstruasi memiliki peran krusial dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap proses ini.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penyuluhan tentang menstruasi terhadap pengetahuan siswi. Fokus utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi peningkatan pemahaman siswi sebelum dan setelah sesi penyuluhan.
Metode: Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Dengan sasaran siswi kelas 5 dan 6 yang dilakukan di wilayah Lamongan pada tahun 2023.
Hasil: Penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswi tentang menstruasi setelah sesi penyuluhan. Meskipun demikian, terdapat beberapa area yang masih memerlukan perhatian, seperti pemahaman tentang usia menarche, frekuensi penggantian pembalut, dan ciri-ciri pubertas pada wanita.
Kesimpulan: Penyuluhan mengenai menstruasi berhasil meningkatkan pemahaman siswi secara umum. Oleh karena itu, disarankan untuk terus meningkatkan metode penyampaian informasi guna memperbaiki pemahaman siswi secara menyeluruh tentang menstruasi. Hal ini diharapkan dapat mendukung siswi putri dalam mengelola masa pubertas mereka dengan lebih baik serta membuat keputusan yang lebih bijaksana terkait kesehatan reproduksi mereka.
References
Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG (K) M, Dr. dr. Fidiansjah SpKjMPH, et al. Manajemen Kebersihan Menstruasi. 2020;
Mona J, Simanjuntak L, Siagian N. PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU SISWI PUTRI TERHADAP PERSONAL HYGINE PADA SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 3 PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT. 2020;4.
Renonti Ridha Augesti MSD. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Meningkatkan Pengetahuan Siswi Mengenai Kebersihan Sewaktu Menstruasi. 2020;
Lilis Novitarum, Maria Pujiastuti, Mestiana Br. Karo, Quinta Geledis Sihotang. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KECEMASAN SISWI PUTRIKELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PEMATANG SIANTARTAHUN 2021. 2022;
Handayani S. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE DENGAN PERILAKU VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI PADA SISWI PUTRI DI PONPES AL_GHIFARI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu 2019;10.
Amallya Faj R, Wada FH, Studi PS, Keperawatan J, Bani Saleh Stik. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE TERHADAP PERILAKU SISWI PUTRI SAAT MENSTRUASI. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA [homepage on the Internet] 2022;8(1). Available from: http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN
Rosyida DAC. Buku ajar kesehatan reproduksi siswi dan wanita. Yogyakarta: PT Pustaka Baru., 2019;
Novitarum L, Pujiastuti M, Karo MBr, Sihotang QG. Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Kecemasan Siswi Putri Kelas VIII di SMPN 3 Pematang Siantar 2021. Jurnal Darma Agung Husada 2022;9(2):1–9.
Nopia E, Lina LF, Angraini W. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi SD Negeri 06 Ipuh Desa Semundam Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKSI) 2020;1(1):1–10.
Dwi Wahyuni Ambali D, Banne L, Roreng D. Hubungan Pengetahuan Dengan Kesiapan Dalam Menghadapi Mesntruasi Pertama Pada Siswa Kelas V Dan Vi Di Sdn 1 Denpina Kabupaten Toraja Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif 2022;6(2):121–133.
Sulastri. Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi dengan Kesiapan Siswi Putri Menghadapi Menarche. 2019;
Delfriana Ayu Astuty P. Personal Hygiene Siswi Putri Selama Menstruasi. prosiding Forum Ilmiah Tahunan IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) 2020;1–10.
Yunita FA, - H-, Yuneta AEN. Counseling on Pre-Menstrual Syndrome (PMS) In Adolescents. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya 2021;9(2):55.
Ety D, Suriah S, Fairus F. Perilaku Personal Hygiene Siswi Putri Suku Nuaulu Dalam Tradisi Pinamu Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis 2019;14(1):31–35.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.