Pengukuran Implementasi Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Paru Bogor Jawa Barat Tahun 2023

Measurement of the Implementation of Patient Safety Culture in Bogor Pulmonary Hospital, West Java in 2023

  • Henik Saefulmilah Mahasiswa Pascasarjana Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Sabarinah Prasetyo Departemen Statistika dan Kependudukan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Budaya, Insiden, Keselamatan Pasien, Survei

Abstract

Latar belakang: Sesuai seruan World Health Organization (WHO) bahwa tidak seorangpun boleh mendapatkan bahaya ketika sedang menjalani pelayanan di fasilitas kesehatan. Melalui berbagai upaya RS Paru Bogor menunjukkan tekadnya untuk memberikan pelayanan berorientasi pada keselamatan pasien, tetapi dalam tiga tahun terakhir terdapat 25 laporan insiden keselamatan pasien. Oleh karena itu dilakukan pengukuran Implementasi Budaya Keselamatan Pasien (BKP).

Tujuan: Mendapatkan gambaran implementasi BKP di RS Paru Bogor.

Metode: Penelitian kuantitatif observasional desain cross sectional, data merupakan hasil survei Komite Mutu RS, jumlah sampel 222. BKP diukur menggunakan instrumen Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSOPSC). Analisis univariat persentase respon positif dan rata-rata nilai, bivariat dengan uji T-independen.

Hasil: Persentase respon positif BKP 76,8%, dengan rincian kerja tim (96,4%), pembelajaran organisasi perbaikan berkelanjutan (85,4%), komunikasi tentang kesalahan (84,4%), serah terima dan pertukaran informasi-informasi (83,9%), dukungan supervisor/ manajer/ pimpinan klinis untuk keselamatan pasien (83,6%), respon terhadap kesalahan (75,1%), keterbukaan komunikasi (74,4%), dukungan manajemen RS untuk keselamatan pasien (71,2%), pelaporan insiden keselamatan pasien (61%), dan staffing-kecepatan kerja (52,1%). Hasil uji T-independen terdapat perbedaan rata-rata skor dukungan supervisor/ manajer/ pimpinan klinis untuk keselamatan pasien pada lama kerja di unit (P value 0,02), terdapat perbedaan rata-rata skor dukungan manajemen rumah sakit untuk keselamatan pasien pada staf pelayanan kontak langsung dan tidak kontak langsung dengan pasien (P value 0,03), terdapat perbedaan rata-rata skor dukungan manajemen rumah sakit untuk keselamatan pasien pada jam kerja per minggu (P value 0,01).

Kesimpulan: Implementasi BKP di RS Paru Bogor pada level kuat, performa tinggi, proaktif, memiliki komitmen, keselamatan pasien diprioritaskan dibandingkan produktivitas.

References

Overview | IHI - Institute for Healthcare Improvement [Internet]. 2023 [dikutip 8 Agustus 2023]. Tersedia pada: https://www.ihi.org:443/Topics/PatientSafety/Pages/Overview.aspx

Boonyasai R, Azam I, Hahn C, Bonnett D, Goldstein E, Gyawali S, dkk. 2021 National Healthcare Quality and Disparities Report. Rockville, MD: Agency for Healthcare Research and Quality. Desember 2021;

Zebrak K, Yount N, Sorra J, Famolaro T, Gray L, Carpenter D, dkk. Development, Pilot Study, and Psychometric Analysis of the Ahrq Surveys on Patient Safety CultureTM (sops®) Workplace Safety Supplemental Items for Hospitals. Int J Environ Res Public Health. 2 Juni 2022;19(11):6815.

Lumenta N. Patient Safety Harga Mati - Kajian, Sejarah, dan Panduan bagi Manajemen Rumah Sakit dan Tenaga Kesehatan. Jakarta; 2021.

Šklebar I, Mustajbegovi? J, Šklebar D, Cesarik M, Miloševi? M, Brborovi? H, dkk. How to Improve Patient Safety Culture in Croatian Hospitals? Acta Clin Croat. September 2016;55(3):370–80.

Sorra J, Zebrak K, Yount N, Famolaro T, Gray L, Franklin M, dkk. Development and Pilot Testing of Survey Items to Assess the Culture of Value and Efficiency in Hospitals and Medical Offices. BMJ Qual Saf. Juli 2022;31(7):493–502.

Draganovi? Š, Offermanns G, Davis RE. Adaptation of the Agency for Healthcare Research and Quality’s “Hospital Survey on Patient Safety Culture” to the Bosnia and Herzegovina Context. BMJ Open. 12 Agustus 2021;11(8):e045377.

Sorra J, Yount N, Rockville W, Famolaro T, Gray L. AHRQ Hospital Survey on Patient Safety Culture Version 2.0: User’s Guide [Internet]. AHRQ Publication No. 19-0076; 2019. Tersedia pada: https://www.ahrq.gov/sops/surveys/hospital/

Raeissi P, Reisi N, Nasiripour AA. Assessment of Patient Safety Culture in Iranian Academic Hospitals: Strengths and Weaknesses. J Patient Saf. Desember 2018;14(4):213–26.

Agency for Healthcare Research and Quality. National Healthcare Quality and Disparities Report Chartbook on Patient Safety [Internet]. 2023. Tersedia pada: AHRQ Pub. No. 23-0032

Smith SA, Yount N, Sorra J. Exploring Relationships Between Hospital Patient Safety Culture and Consumer Reports Safety Scores. BMC Health Serv Res. Desember 2017;17(1):143.

Azyabi A, Karwowski W, Davahli MR. Assessing Patient Safety Culture in Hospital Settings. Int J Environ Res Public Health. 3 Maret 2021;18(5):2466.

A National Study of Patient Safety Culture and Patient Safety Goal in Chinese Hospitals. Desember 2022;e1167.

Webinar Series 1 World Patient Safety Day 2023 [Internet]. 2023 [dikutip 1 Oktober 2023]. Tersedia pada: https://www.youtube.com/watch?v=BwzJ4tagwCg

Robbins SP, Judge TA. Organizational Behavior. Seventeenth Edition. England; 2017.

Weaver SJ, Lubomksi LH, Wilson RF, Pfoh ER, Martinez KA, Dy SM. Promoting a culture of safety as a patient safety strategy: a systematic review. Annals of internal medicine. 2013;158(5 Pt 2):369–74.

Wu MJ, Zhao K, Fils-Aime F. Response rates of online surveys in published research: A meta-analysis. Computers in Human Behavior Reports. Agustus 2022;7:100206.

Published
2024-02-11
How to Cite
Henik Saefulmilah, & Prasetyo, S. (2024). Pengukuran Implementasi Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Paru Bogor Jawa Barat Tahun 2023: Measurement of the Implementation of Patient Safety Culture in Bogor Pulmonary Hospital, West Java in 2023. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 422-432. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4686