Perilaku Konsumsi Sugar Sweetened Beverages (SSB) dan Aktifitas Media Social pada Mahasiswa Perkotaan

Sweet Sugar Drink Consumption Behavior and Social Media Activities in Urban College

  • Mustakim Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Elia Nur A’yunin Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Universitas Prof. DR. Hamka (UHAMKA)
  • Siti Riptifah Tri Handari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tyas Aprillia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Sugar Sweetened Beverages, Sosial Media, Mahasiswa Perkotaan, Kesehatan Perkotaan

Abstract

Latar belakang: Sugar Sweetened Beverages (SSB) atau disebut juga dengan minuman berpemanis adalah suatu minuman yang mengandun zat pemanis berkalori tinggi sebagai salah satu kandungan atau bahan di dalam suatu minuman. Kegemaran remaja dalam mengonsumsi minuman bersoda dapat berdampak pada masalah kesehatan. Maraknya pemasaran produk makanan dan minuman melalui media sosial memberikan pengaruh pemilihan asupan makan pada remaja.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku konsumsi SSB dan hubungannya dengan aktifitas pada sosial media yang berkaitan dengan makan dan minum pada mahasiswa perkotaan.

Metode: Penelitian ini menggunakan disain studi potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa perguruan tinggi muhammadiyah yang berada di Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsive sampling. Sehingga diperoleh sampel sebesar 134 responden. Pengisian kuesioner dilakukan secara mandiri oleh responden (self-administrated) melalui aplikasi google form.  

Hasil: Hasil pengukuran menunjukkan perilaku minum minuman berpemanis mayoritas tinggi (55,2%). Hasil analisis bivariat menunjukkan  variable memberikan “LIKE” pada produk minuman berkalori tinggi (p value:0.223), membeli Makanan/Minuman secara daring (Food Delivery) (p value:0.223), melihat Makanan/Minuman yang diiklankan di Sosial Media (pvalue=0.017), Membagikan makanan/Minuman yang diiklankan di berbagai Sosial Media (p value:0.308), mencari dan melihat review terhadap makanan/minuman (p value:0.245), mencari dan melihat review terhadap tempat makan / cafe / restoran (pvalue=0.044), membuat review / konten / postingan terkait makanan / minuman pada media social Anda (p value:0.126).

Kesimpulan: Perilaku konsumsi Sugar Sweetened Beverages (SSB) pada mahasiswa perkotaan terkategorikan tinggi. Aktifitas media sosial berupa melihat makanan/minuman yang diiklankan di sosial media dan aktifitas mencari dan melihat review terhadap tempat makan / cafe / restoran berhubungan signifikan dengan perilaku tersebut.

References

Woodward-Lopez G, Kao J, Ritchie L. To what extent have sweetened beverages contributed to the obesity epidemic? Public Health Nutr. 2011 Mar 23;14(03):499–509.

Bleich SN, Vercammen KA, Koma JW, Li Z. Trends in Beverage Consumption Among Children and Adults, 2003?2014. Obesity. 2018 Feb 14;26(2):432–41.

Laporan Riskesdas 2018 Nasional.

Laksmi PW, Morin C, Gandy J, Moreno LA, Kavouras SA, Martinez H, et al. Fluid intake of children, adolescents and adults in Indonesia: results of the 2016 Liq.In7 national cross-sectional survey. Eur J Nutr. 2018 Jun 13;57(S3):89–100.

Harrington M, Gibson S, Cottrell RC. A review and meta-analysis of the effect of weight loss on all-cause mortality risk. Nutr Res Rev. 2009 Jun 25;22(1):93–108.

Duncan S, Duncan EK, Fernandes RA, Buonani C, Bastos KDN, Segatto AFM, et al. Modifiable risk factors for overweight and obesity in children and adolescents from São Paulo, Brazil. BMC Public Health. 2011;11.

Antara H, Individu F, Faktor D, Dengan L. UNIVERSITAS INDONESIA ALFA FAUZIA 0806340252 PROGRAM STUDI ILMU GIZI DEPARTEMEN GIZI KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS INDONESIA DEPOK JUNI 2012.

UNIVERSITAS INDONESIA.

Adiba C, Pradigdo SF, Kartasurya MI. Association between Social Media Exposure to Food and Beverages with Nutrient Intake of Female Adolescents. Kesmas: National Public Health Journal. 2020 Nov 1;15(4).

Baldwin HJ, Freeman B, Kelly B. Like and share: associations between social media engagement and dietary choices in children. Public Health Nutr. 2018 Nov 8;21(17):3210–5.

Guo H, Phung D, Chu C. Sociodemographic, lifestyle, behavioral, and parental factors associated with sugar-sweetened beverage consumption in children in China. PLoS One. 2021 Dec 10;16(12):e0261199.

Yu P, Chen Y, Zhao A, Bai Y, Zheng Y, Zhao W, et al. Consumption of sugar-sweetened beverages and its association with overweight among young children from China. Public Health Nutr. 2016 Sep 6;19(13):2336–46.

Brand-Miller JC, Barclay AW. Declining consumption of added sugars and sugar-sweetened beverages in Australia: a challenge for obesity prevention. Am J Clin Nutr. 2017 Apr;105(4):854–63.

Kit BK, Fakhouri TH, Park S, Nielsen SJ, Ogden CL. Trends in sugar-sweetened beverage consumption among youth and adults in the United States: 1999–2010. Am J Clin Nutr. 2013 Jul;98(1):180–8.

Holmberg C, E. Chaplin J, Hillman T, Berg C. Adolescents’ presentation of food in social media: An explorative study. Appetite. 2016 Apr;99:121–9.

Zhang C, Yue Z, Zhou Q, Ma S, Zhang ZK. Using social media to explore regional cuisine preferences in China. Online Information Review. 2019 Nov 11;43(7):1098–114.

Hawkins LK, Farrow C, Thomas JM. Do perceived norms of social media users’ eating habits and preferences predict our own food consumption and BMI? Appetite. 2020 Jun;149:104611.

Nisak K, Hariyanto D. Food Photography dan Eating Out di Media Sosial Instagram. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi. 2017 Sep 2;6(1):31.

Li M, Deng Y, Ren Y, Guo S, He X. Obesity status of middle school students in Xiangtan and its relationship with Internet addiction. Obesity. 2014 Feb;22(2):482–7.

Yang F, Yang C, Liu Y, Peng S, Liu B, Gao X, et al. Associations between Body Mass Index and Visual Impairment of School Students in Central China. Int J Environ Res Public Health. 2016 Oct 18;13(10):1024.

Grunert KG, Hieke S, Wills J. Sustainability labels on food products: Consumer motivation, understanding and use. Food Policy. 2014 Feb;44:177–89.

Ward JC, Ostrom AL. Complaining to the Masses: The Role of Protest Framing in Customer-Created Complaint Web Sites. Journal of Consumer Research. 2006 Sep 1;33(2):220–30.

D’Eusanio M, Zamagni A, Petti L. Social sustainability and supply chain management: Methods and tools. J Clean Prod. 2019 Oct;235:178–89.

Mangold WG, Faulds DJ. Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Bus Horiz. 2009 Jul;52(4):357–65.

Russo C, Simeone M. The growing influence of social and digital media. British Food Journal. 2017 Aug 7;119(8):1766–80.

Published
2024-01-03
How to Cite
Mustakim, Elia Nur A’yunin, Siti Riptifah Tri Handari, & Tyas Aprillia. (2024). Perilaku Konsumsi Sugar Sweetened Beverages (SSB) dan Aktifitas Media Social pada Mahasiswa Perkotaan: Sweet Sugar Drink Consumption Behavior and Social Media Activities in Urban College . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(1), 237-243. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i1.4647