Pengaruh Pemberian Konseling Gizi terhadap Pemilihan Makan Remaja Obesitas : Literature Review

The Effect of Providing Nutritional Counseling on Obese Adolescents: Literature Review

  • Adilah Pradipta Syahri Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pengaruh, Konseling, Remaja Obesitas

Abstract

Latar belakang: Obesitas menjadi masalah di berbagai belahan dunia dimana prevalensinya meningkat dengan cepat, baik di negara maju maupun negara berkembang. Obesitas dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara energi dari makanan yang masuk lebih besar dibanding dengan energi yang digunakan tubuh.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan mengevaluasi efek maupun perubahan yang didapat konseling gizi dalam pencegahan obesitas di Indonesia.

Metode: Penelitian ini merupakan literature review dengan metode naratif dengan mengkaji  artikel berdasarkan tujuan, metode dan hasil yang disajikan pada artikel. Pencarian artikel dilakukan dengan menggunakan artikel yang ditelusuri dengan google scholar dan sinta.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konseling gizi pada remaja efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi dan perubahan pola makan pada remaja obesitas.

Kesimpulan: Hal ini menunjukkan bahwa konseling gizi pada remaja obesitas efektif untuk dilaksanakan. Perlu dilakukan intervensi konseling gizi untuk mengamati pengaruh dan perubahan perilaku.

References

Dieny, F. F., Fitrianti, D. Y., & Dewi Marfuah. (2020). Buku Panduan Praktikum Konseling Gizi. Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Diponegoro.

Hasniyati, R. (2021). KONSELING GIZI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MAKAN, INDEKS MASSA TUBUH DAN LEMAK TUBUH PADA ANAK OVERWEIGHT DAN OBESITAS. Jurnal Keperawatan Silampari.

Lestari, E., & Dieny, F. (2016). PENGARUH KONSELING GIZI SEBAYA TERHADAP ASUPAN SERAT DAN LEMAK JENUH PADA REMAJA

Nigrum, N., Ambarwati, R., & Sulistyowati, E. (2019). PENGARUH KONSELING DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP KONSUMSI SAYUR BUAH DAN FAST FOOD PADA REMAJA OBESITAS. Jurnal Riset Gizi, 7.

OBESITAS DI SEMARANG. Journal Of Nutrition College.

Oktavani Banjarnahor, R., Banurea, F. F., Oktavia Panjaitan, J., Sri Pasaribu, R. P., Hafni, I., Studi, P. S., Kesehatan Masyarakat, I., Kesehatan Masyarakat, F., & Sumatera Utara, U. (n.d.). Faktor-faktor risiko penyebab kelebihan berat badan dan obesitas pada anak dan remaja: Studi literatur Risk factors of overweight and obesity in childhood and adolescence: A literature review. Tropical Public Health Journal Faculty of Public Health.

Pratiwi, I., Masitha Arsyati, A., Nasution, A., Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan, P., & Ibn Khaldun Bogor, U. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN OBESITAS PADA REMAJA DI SMPN 12 KOTA BOGOR TAHUN 2021. In PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Vol. 5, Issue 2). http://ejournal.uikabogor.ac.id/index.php/PROMOTOR

Ranitadewi, I. N., Syauqi, A., & Wijayanti, H. S. (n.d.). PENGARUH PEMBERIAN KONSELING GIZI TERHADAP PERSEN LEMAK TUBUH WANITA OVERWEIGHT DAN OBESITAS PESERTA SENAM PILATES. Journal of Nutrition Collage, 7.

Rizki Fauzan, M., Rumaf, F., Gloria Tutu, C., & Kesehatan dan Teknologi Graha Medika, I. (n.d.). Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja Menggunakan Media Komunikasi. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat MAPALUS Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon (Vol. 1, Issue 2).

Sakti, R. P., Kalesaran, A. F. C., Asrifuddin, A., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Abstrak, M. (2019). HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGA KUALITAS HIDUP PADA PELAJAR DI SMP NEGERI 1 MANADO. In Jurnal KESMAS (Vol. 8, Issue 6).

Telisa, I., Hartati, Y., & Dwisetyo Haripamilu, A. (2020). Faktor Risiko Terjadinya Obesitas Pada Remaja SMA. Faletehan Health Journal, 7(3), 124–131. www.journal.lppm-stikesfa.ac.id/ojs/index.php/FHJ

Published
2024-02-06
How to Cite
Adilah Pradipta Syahri, & Ratih Kurniasari. (2024). Pengaruh Pemberian Konseling Gizi terhadap Pemilihan Makan Remaja Obesitas : Literature Review : The Effect of Providing Nutritional Counseling on Obese Adolescents: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 307-312. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4490