Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Apoteker terhadap Resistensi Antibiotik
Validity and Reliability Questionnaire Knowledge, Attitude, and Behavior of Pharmacists towards Antibiotic Resistance
Abstract
Latar belakang: Resistensi antibiotik adalah kemampuan bakteri untuk menetralisir dan melemahkan daya kerja antibiotik sehingga bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik dan tidak lagi dapat dimatikan atau dibunuh. Dampak resistensi terhadap antibiotik adalah meningkatnya morbiditas, mortalitas dan biaya kesehatan. Apoteker berperan penting dalam pencegahan dan pengendalian resistensi antibiotik dengan memberikan informasi, konseling dan edukasi kepada pasien secara individual atau kepada masyarakat secara umum.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat kuesioner standar siap pakai untuk penelitian tentang pengetahuan, sikap, dan perilaku apoteker tentang resistensi antibiotik.
Metode: Tiga puluh apoteker yang diberikan kuesioner untuk diisi menjadi sampel dalam penelitian ini. Sebuah teknik digunakan untuk mengevaluasi validitas kuesioner secara expert judgment sedangkan pada uji reliabilitas digunakan dengan melihat nilai korelasi item-total.
Hasil: Pengujian validitas instrument dengan expert judgment menggunakan content validity index (CVI) untuk melihat keterwakilan item diperoleh nilai 0,8-1,0 yang artinya item dapat digunakan walaupun ada beberapa item pernyataan yang mengalami perbaikan kalimat. Sedangkan uji reliabilitas, item pernyataan pengetahuan ada 12 item yang memiliki nilai korelasi item-total > 0,20, pada item pernyataan sikap ada 21 item yang memiliki nilai korelasi item total > 0,20 dan pada item pernyataan perilaku ada 17 item yang memiliki nilai korelasi item total > 0,20.
Kesimpulan: Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen dapat diterima untuk digunakan dalam menilai pengetahuan, sikap, dan perilaku apoteker terhadap resistensi antibiotik.
References
Al-Shami et al., 2023. Awareness, practices and perceptions of community pharmacists towards antimicrobial resistance and antimicrobial stewardship in Libya: a cross sectional study
American Education Research Association. 1985. Standards for educational and psychological testing.
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Azzahra, E., Amos, J., Zicof, E., Nadira, N. A., & Widdefrita. (2023). Efektivitas Permainan Ludo dalam Peningkatan Pengetahuan dan Sikap tentang Pencegahan Karies Gigi: Effectiveness of Ludo Games in Increasing Knowledge and Attitude About Dental Caries Prevention. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(11), 2239–2248. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i11.3980
Balliram et al., 2021. The knowledge, attitudes and practices of doctors, pharmacists and nurses on antimicrobials, antimicrobial resistance and antimicrobial stewardship in South Africa.
Megawati, M., Suriah, S., Ngatimin, R., & Yani, A. (2018). Edukasi TB Paru Pengetahuan Sikap Kader Posyandu Melalui Permainan Simulasi Monopoli. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 1(1), 5–11. https://doi.org/10.56338/mppki.v1i1.130
Mudenda et al., 2020. Knowledge, Attitude, and Practices of Community Pharmacists on Antibiotic Resistance and Antimicrobial Stewardship in Lusaka, Zambia
Muhamad, Z., Hadi, A. J., & Yani, A. (2019). Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dengan Pencegahan Keputihan di MTs Negeri Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. PROMOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 9–19. https://doi.org/10.56338/pjkm.v9i1.576
Murti, B., 2011. Validitas Dan Reliabilitas Pengukuran. https://dokumen.tips/download/link/validitasreliabilitas-pengukuran-prof-bhisma-murti-55cd8744673e9. Diakses pada tanggal 06 Juni 2022.
Peraturan Menteri Kesehatan RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2406 Tahun 2013 Tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik
Santoso. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Refika Aditama
Sekaran. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empa.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Suresh et al., 2012. Development and Validation of a Scale to asses Emotional Maturity in Mild Intellectually Disabled Children. Languange in India,12(6). The measurement of observer agreement for categorical daa. Biometrics (33):159-174
Copyright (c) 2023 Desviana Rizki Kurniasari, Burhannudin Ichsan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.