Strategi Marketing Rumah Sakit Place: Literature Review
Hospital Place Marketing Strategy: Literature Review
Abstract
Latar belakang: Rumah sakit merupakan suatu lembaga pelayanan kesehatan yang menyediakan suatu layanan komprehensif bagi individu, termasuk layanan rawat inap, rawat jalan, dan penanganan gawat darurat. Selain melaksanakan tugas kemanusiaan, rumah sakit juga sisi bisnis untuk mencapai suatu keuntungan dan memastikan kelangsungan operasionalnya. Untuk meningkatkan keuntungan dari layanan rumah sakit, perusahaan memerlukan strategi distribusi yang tepat. Place merupakan upaya guna memastikan bahwa pasien dapat dengan mudah mengakses layanan rumah sakit.
Tujuan: Untuk mengidentifikasi strategi place marketing rumah sakit.
Metode: Metode menggunakan pendekatan literatur review dari Google scholar, Pubmed dan Garuda dengan keyword Marketing mix, Hospital, Place dengan rentang tahun 2018-2022 dengan menerapkan kriteria inkulsi dan ekslusi.
Hasil: Hasil penelurusan didapatkan 347 artikel penelitian dengan Google scholar n=335, Pubmed n=10, Garuda n=2. Strategi Place yang baik memungkinkan rumah sakit untuk tetap relevan dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pasien dan lingkungan. Ini penting untuk menjaga keberlanjutan dan pertumbuhan rumah sakit. Pasien cenderung lebih puas ketika mereka dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan yang mereka butuhkan dan ini berkaitan dengan tingkat kepuasan pasien
Kesimpulan: Strategi place rumah sakit dapat menambah tingkat kepuasan pasien, bergantung dengan kondisi eksternal dan internal pada suatu rumah sakit. Kolaborasi terhadap elemen-eleman lain untuk pembauran pemasaran sangat perlu dilakukan dapat dilakukan agar rumah sakit dapat lebih efektif mengoptimalkan pemasaran.
References
Bandaso, A., Kusumowardhani, D., Tanjung, H.P., Marliani, L. And Mokoginta M. STRATEGI PLACE DALAM PEMASARAN RUMAH SAKIT DI INDONESIA; SYSTEMATIC REVIEW. J Adm Rumah Sakit Indones 6(3) Doihttps//Doi.Org/107454/Arsi.V6i33560. 2020;
Nurhayaty M. STRATEGI MIX MARKETING (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, EOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) 7P DI PD RASA GALENDO KABUPATEN CIAMIS. J Media Teknol 8(2), Pp119–127 Doihttps//Doi.Org/1025157/Jmt.V8i22669. 2022;
Lydia, L. P., & Endang EMS. Pengaruh Lokasi, Citra Rumah Sakit, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Rsud Pasar Minggu. IKRAITH-EKONOMIKA, 3(2), 64-73.
Wijaya, S., & Eldjuana D. OPTIMALISASI WEBSITE RUMAH SAKIT PRIMASATYA HUSADA CITRA (PHC) SURABAYA SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI. J MARITIM, 5(1), 40-55.
Yuliantine T, Indasah I, Siyoto S. Analysis Of Marketing Mix Characteristics Of Marketing Factor 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Building) To Patient Satisfaction Of Inpatient Patient Hospital Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri City. J Qual Public Heal. 2018;1(2):50–7.
Jati SP, Fatmasari EY, Risdanti S, Silavati YA. Marketing Strategy And Referral Efforts From First Level Health Facilities (FKTP) To Diponegoro National Hospital Through The 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, And Physical Environment). J Aisyah J Ilmu Kesehat. 2021;6(2):353–61.
Sreenivas T, Srinivasarao B, Srinivasa RU. Case Study?: An Analysis On Marketing Mix In Hospitals Analysis On Marketing Mix In Sample Hospitals. Adv Manag. 2013;6(46):46–56.
Ravangard R, Khodadad A, Bastani P. How Marketing Mix (7Ps) Affect The Patients’ Selection Of A Hospital: Experience Of A Low-Income Country. J Egypt Public Health Assoc. 2020;95(1).
Abedi G, Malekzadeh R, Moosazadeh M, Abedini E, Hasanpoor E. Nurses’ Perspectives On The Impact Of Marketing Mix Elements (7Ps) On Patients’ Tendency To Kind Of Hospital. Ethiop J Health Sci. 2019;29(2):223–30.
Lubis YD, Suroyo RB, Fitriani AD. Marketing Mix Analysis On Outpatient Satisfaction At Medan Haji General Hospital. J Asian Multicult Res Med Heal Sci Study. 2022;3(2):16–22.
Edithia T, Puspa T, Devina Y, Citra D, Yuli F. An Analysis Of Marketing Mix Elements That Affect Public And Private Hospital: Systematic Review. J Adm Rumah Sakit Indones. 2020;6(3):118–25.
Chana P, Siripipatthanakul S, Nurittamont W, Phayaphrom B. Effect Of The Service Marketing Mix (7Ps) On Patient Satisfaction For Clinic Services In Thailand. Int J Business, Mark Commun [Internet]. 2021;1(2):2785–8413. Available From: Https://Ssrn.Com/Abstract=3944080
Budiman C, Achmadi H. The Effect Of Marketing Mix On Patient Satisfaction And Their Impact On Patient Loyalty In Hospital Inpatients. J Manaj Kesehat Indones. 2023;11(1):1–9.
Octaviana F. ANALISIS PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED VALUE DAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PASIEN UMUM PADA INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT GRESTELINA MAKASSAR= Analysis Of Customer Perceived Value And Marketing Mix On General Patient Satisfaction At The Inpatient I. (Doctoral Diss Univ Hasanuddin).
Abdat M. Kesiapan Pembangunan Rumah Sakit: Sebuah Studi Kelayakan. Syiah Kuala Univ Press.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.