Hubungan Motivasi Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Orang dengan Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Wara Utara Kota Palopo

The Relationship between Family Motivation and Compliance with Medication in Patients with Mental Disorders in the Working Area of the North Wara Health Center UPT, Palopo City

  • Nilawati Uly Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Mega Buana, Palopo
Keywords: Motivasi Keluarga, Kepatuhan Minum Obat, ODGJ

Abstract

Latar belakang: Pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) cenderung mengalami kekambuhan dikarenakan tidak teraturnya meminum obat. Kepatuhan adalah sikap minum obat sesuai dengan jadwal dan dosis yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan.Lengkap bila obat habis dalam jangka waktu tertentu dan tidak lengkap bila obat habis tanpa batas waktu.Keberhasilan pengobatan pasien, terutama pengobatan pasien, sia-sia jika tidak didukung oleh dukungan keluarga.

Tujuan: Untuk mengetahui Hubungan Motivasi Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Wara Utara Kota Palopo Tahun 2023.

Metode: Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota keluarga yang memiliki keluarga gangguan jiwa di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Wara Utara Kota Palopo sebanyak 39 Pasien gangguan jiwa dan yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 28 orang yang menjadi sampel. Dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan dari hasil Uji statistic menggunakan Uji Chi-square menunjukkan bahwa, Nilai p = 0,000% <?= 0.05.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan motivasi keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada pasien orang dengan gangguan jiwa, ada hubungan motivasi keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada pasien orang dengan gangguan jiwa di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Wara Utara Kota Kota Palopo.

References

1. Daulay, W., & Simamora, A. N. (2020). Hubungan Motivasi Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Orang Dengan Gangguan Jiwa Di Kelurahan Medan Sunggal.Jurnal Phsycomutiara, 2(3), 37-41
2. Dewi, H. A., & Herlianti, L. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat ODGJ Di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu Keperawatan, Analisis Kesehatan Dan Farmasi, 21(1), 263-271.
3. Erwin, S., Andi, A., Darman, M., & Shermina, O. (2020). Partisipasi Sosial Dalam Pemenuhan Activity Daily Living (Adl) Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kota Makassar (Studi Kasus Di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan). Phinisi Integration Review, 290-296.
4. Jamilah, Subhannur, R., & Dini, R. (2022). Hubungan Motivasi Keluarga Terhadap Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pasien ODGJ di Puskesmas.Nursing Science Journal (NSJ),1-10.
5. Keliat, B. A. (2013). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas. Jakarta: EGC.
6. Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.
7. Lani, T., & Septiana, N. W. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (Odgj) Di Wilayah Kerja Puskesmas Astambul.Journal of Nursing Inventation, 3(2), 89-94.
8. Lestari, T. (2015). Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
9. Surita, B.G. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia di Poli Klinik RSJ Prof. Dr. Muhammad Ildrem Medan.Jurnal Ilmiah PANNMED.
10. WHO. (2019). Mental disordes. Retrieved January 28, 2022, from http://www/who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-disorders.
11. Yosep, I. (2011). Keperawatan Jiwa (Edisi 4). Jakarta: PT. Refika Aditama.
12. Yosep. (2009). Keperawatan Jiwa, PT. Refika Adatama. Bandung.
Published
2023-10-10
How to Cite
Nilawati Uly. (2023). Hubungan Motivasi Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Orang dengan Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Wara Utara Kota Palopo: The Relationship between Family Motivation and Compliance with Medication in Patients with Mental Disorders in the Working Area of the North Wara Health Center UPT, Palopo City. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(10), 2081-2085. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i10.4322