Transformasi Digital Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literature Review

Digital Transformation as Part of Hospital Marketing Strategy: Literature Review

  • Siti Nur Ainun Nadiyah Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga
  • Diansanto Prayoga Program Studi Kesehatan Masyarakat, Deaprtemen Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam, Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyrakat, Universitas Airlangga. Center of Excellence for Patient Safety and Quality, Universitas Airlangga, Indonesia
Keywords: Pemasaran, Pemasaran Jasa, Rumah Sakit

Abstract

Latar belakang: Pertumbuhan pengguna gawai terus meningkat, memicu sebagian besar strategi pemasaran memanfaatkan berbagai platform internet dan media sosial. Media digital sebagai salah satu komunikasi pemasaran sudah diterapkan oleh perusahaan produksi barang, dan juga dibidang jasa kesehatan yaitu rumah sakit. Transformasi digital dalam bidang pelayanan kesehatan diterapkan melalui pendekatan berbasis teknologi demi meningkatkan pelayanan kesehatan yang terpusat pada pasien.

Tujuan: Tujuan dari literature review ini yaitu memaparkan transformasi digital sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Metode: Artikel ini menggunakan metode literature review untuk meninjau referensi yang dipublikasikan dalam Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia. Pencarian literatur menggunakan database yaitu Pubmed, ProQuest, ScieneDirect, dan Google Scholar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang artinya bukan dari pengamatan langsung, melainkan diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.

Hasil: . Rumah sakit perlu melakukan transformasi digital seperti digital marketing yang efektif, untuk mempromosikan layanan perawatan medis dalam memperluas bisnis dengan tetap memberikan layanan perawatan kesehatan berkualitas dan menjamin kepuasan pasien. Media sosial merupakan platform digital marketing yang banyak digunakan fasilitas kesehatan.

Kesimpulan: Pemanfaatan transformasi digital dapat dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit.

References

Ummasyroh, U., Firdaus, Y., & Andriyani, T. (2020). Penerapan Marketing 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Kegiatan Promosi Pemasaran Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 4(1), 96-104.

Wardono, H. R. I., Susanti, R., Wijayanti, Y., & Cahyati, W. H. (2023, June). Tantangan Transformasi Digital pada Masa Pandemi Covid–19 Pendidikan Tinggi Vokasi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 341-345).

Mangesti, Y. A. (2019). Konstruksi Hukum Transformasi Digital Telemedicine di Bidang Industri Kesehatan Berbasis Nilai Pancasila. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Hukum dan Industri.

Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224-232.

Julianti, V. S., Sjaaf, A. C., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 218-223.

Harmi, O. (2023). Transformasi Digital di Bidang Kesehatan: Analisis Dampak Inovasi Digital di Puskesmas Kabupaten Bogor Tahun 2022. BINA: JURNAL PEMBANGUNAN DAERAH, 1(2), 220-234.

Hadiono, K., & Santi, R. C. N. (2020). Menyongsong Transformasi Digital.

Laksono, S. (2022). Kesehatan Digital dan Disrupsi Digital pada Layanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 11(1).

Budiyatno, K. C. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SILOAM PALANGKA RAYA TAHUN 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2), 66-73.

Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184.

Muhajir, M., Akib, H., & Niswaty, R. (2023). Transformasi Digital Pada Rumah Sakit Umum Daerah Prof. dr. HM Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 129-139.

Puryono, D. A., & Handayani, D. (2021). Sistem Informasi Pelacakan dan Pemantauan Covid-19 Berbasis Internet Of Things (IoT). INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 6(2), 306-315.

Tuljannah, I. A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Rumah Sakit Sari Asih Serang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Graciella, R. I. (2021). Bagaimana Digital Business Model Dapat Membantu Platform Layanan Informasi Kesehatan Cerdas di Era Transformasi Digital (No. bk9ez). Center for Open Science.

Ariyo, R. V. B., & Achadi, A. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), 775-780.

Firdaus, M. (2021). Administrasi rumah sakit. The Journal Publishing, 2(10), 1-155.

Iyanna, Shilpa, Puneet, Kaur., Peter, Ractham e., Shalini, Talwarf., Najmul, Islam. (2022). Digital transformation of healthcare sector. What is impeding adoption and continued usage of technology-driven innovations by end-users?. JOURNAL OF BUSINESS RESEARCH. 153, 150–161.

Radu G, Solomon M, Gheorghe CM, Hostiuc M, Bulescu IA, Purcarea VL (2018). The adaptation of health care marketing to the digital era. Journal of Medicine and Life. Vol. 10, Issue 1.

Rosalia, Rodney., Khaled, Wahba., Neda, Milevska-Kostova. (2021). How digital transformation can help achieve value-based healthcare: Balkans as a case in point. The Lancet Regional Health. 2666-7762.

Zhi-Wang, QIAN., Guang-Sheng, WAN., Xiao-Lei, DU., Yu-Feng, SHI., Gang, HUANG. (2018). PERFORMANCE EVALUATION OF DIGITAL MARKETING IN HEALTH CARE INDUSTRY WITH THE APPLICATION OF DATA ENVELOPMENT ANALYSIS. Expert Projects Publishing House. vol. 60, pp. 39-50.

Kelly, Jaimon, dkk. (2020). The Internet of Things: Impact and Implications for Health Care Delivery. JOURNAL OF MEDICAL INTERNET RESEARCH. Vol. 22

Sihombing, Y. A., Septiyani, T., Putri, K. M., Widia, C., Yunike, Y., & Kusumaningrum, A. E. (2022). DIGITALISASI DALAM PERAWATAN KESEHATAN.

Merrynda, Y. S., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Media Sosial dalam Pemasaran Digital Rumah Sakit: Literature Review. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(9), 5078-5088.

Rusnawati, R. D., & Hariyati, R. T. S. (2022). Implementasi internet of things pada layanan kesehatan (literature review). Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 569-574.

Fadilla, N. M. (2021). Sistem informasi manajemen rumah sakit dalam meningkatkan efisiensi: mini literature review. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(1), 357-374.

Innotata, T., Bachtiar, A., Oktamianti, P., & Joung, O. W. (2023). Apakah Kualitas Pelayanan, Budaya Kerja, dan Digital Transformation Mempengaruhi Keunggulan Bersaing? Study Empiris Pada Rumah Sakit Santo Antonio. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(7), 1393-1400.

Wasi, A. A., & Prayoga, D. (2022). Literatur review: Analisis Customer Relationship Marketing Dan Strategi Pendukung Dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien RS Serta Kaitannya Dengan Pandemi Covid-19. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 21(2).

Yani, A. (2018). Pemanfaatan teknologi dalam bidang kesehatan masyarakat. Jurnal kesehatan masyarakat, 8(1), 97-102.

Santosa, M., & Vanel, Z. (2022). Strategi Digital Marketing MG Setos Hotel Semarang dalam Meningkatkan Revenue di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 6(2).

Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1).

Published
2024-02-04
How to Cite
Siti Nur Ainun Nadiyah, & Diansanto Prayoga. (2024). Transformasi Digital Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literature Review: Digital Transformation as Part of Hospital Marketing Strategy: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 265-272. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4283