Penggunaan Aplikasi WhatsApp untuk Meningkatkan Pengetahuan 1000 HPK Ibu Hamil pada Masa Pandemi COVID-19 di Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor
The Use of WhatsApp Application to Increase the Knowledge of the first 1000 Early Days of Life for Pregnant Women during the COVID-19 Pandemic at Ciomas District, Bogor Regency
Abstract
Latar belakang: Pengetahuan ibu hamil perlu ditingkatkan untuk mengoptimalkan intervensi gizi pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan yang merupakan masa kritis dalam daur kehidupan manusia.
Tujuan: Penelitian bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya peran gizi dalam proses tumbuh kembang anak pada periode 1000 HPK melalui promosi gizi.
Metode: Desain Penelitian pre-eksperimental menggunakan penyuluhan secara daring dengan melihat peningkatan pengetahuan ibu melalui pre-test dan post-test. Sampel penelitian sebanyak 10 orang.
Hasil: Peningkatan pengetahuan ibu hamil secara bermakna sebesar 49,28 poin, dengan rerata nilai ibu pada saat pre-test adalah 37,86 dan rerata nilai post-test adalah 87,14 poin.
Kesimpulan: Promosi gizi 1000 HPK melalui aplikasi WhatsApp meningkatkan pengetahun ibu hamil secara bermakna dan menjadi alternatif penyuluhan pada masa pandemi COVID-19.
References
Achadi, E. L. (2016). Investasi Gizi 1000 HPK dan Produktivitas Generasi Indonesia. Disampaikan pada: Lokakarya dan Seminar Ilmiah “Peran Profesi Dalam Upaya Peningkatan Status Kesehatan dan Gizi Pada Periode 1000 HPK” 12-13 November 2016. Jakarta.
https://thousanddays.org/wp-content/uploads/1000Days-Nutrition_Brief_Brain-Think_Babies_FINAL.pdf
UNICEF. 2017. https://www.unicef.org/southafrica/media/551/file/ZAF-First-1000-days-brief-2017.pdf
Mardalena, 2017, Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan : Ilmu Gizi, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusai Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Damayanti D., Pritasari dan Lestari NT., 2017, Bahan Ajar Gizi : Gizi Dalam Daur Kehidupan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusai Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Rahayu, A., Rahman, F., & Marlinae, L. (2018). Buku Ajar 1000 HPK.
Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. (2013). Kerangka Kebijakan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dalam Rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan (Gerakan 1000 HPK). 71.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Perbaikan Gizi
WHO. 2014. https://www.who.int/publications/i/item/WHO-NMH-NHD-14.2
BAPPENAS, 2018. Cegah Stunting di 1000 HPK.
WHO, 2016. Health Promotion. https://www.who.int/news-room/q-a-detail/health-promotion 2016
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
BPS Kabupaten Bogor. 2020. Kecamatan Ciomas dalam Angka. Diakses dari https://bogorkab.bps.go.id/publication/2020/09/28/46546b14ba05832b6fe9d259/kecamatan-ciomas-dalam-angka-2020.html
Aulia, Vika. 2019. Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Dan Status Gizi Batita Di Posyandu Rw 08 Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat Tahun 2019 (Electronic Thesis or Dissertation). https://perpus.poltekkesjkt2.ac.id/respoy/index.php?p=show_detail&id=2172&keywords=
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Provinsi Jawa Barat, Riskesdas 2018. In Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
SDKI. (2018). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Mubasyiroh, L., & Aya, Z. C. (2018). Hubungan Perilaku Ibu Dalam Pemenuhan Gizi Pada Anak 1000 Hari Pertama Kehidupan/ Golden Period Dengan Status Gizi Balita di Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes Tahun 2018. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 9(1), 18–27. https://doi.org/10.34305/jikbh.v9i1.58
Rahmawati, W., Wirawan, N. N., Wilujeng, C. S., Nugroho, F. A., Habibie, I. Y., Fahmi, I., & Ventyaningsih, D. I. (2016). Gambaran Masalah Gizi pada 1000 HPK di Kota dan Kabupaten Malang, Indonesia. Indonesian Journal of Human Nutrition, 3(1), 20–31.
Subarkah, T., Nursalam, & Rachmawati, P. D. (2016). Pola pemberian makan terhadap peningkatan status gizi pada anak usia 1 – 3 tahun. Jurnal INJEC, 1(2), 146–154. https://doi.org/10.24990/injec.v1i2.120
Amelia, Sewaka, 2017. Yuk, Mengenal MPASI 'Khas' dari 5 Negara. https://www.haibunda.com/parenting/20170820173133-59-6905/yuk-mengenal-mpasi-khas-dari-5-negara
Fikawati, Sandra. Manajemen laktasi. Open Course Ware Universitas Indonesia. 05 ?July ?2021, ??01:26:09
Dahliansyah, D., Hanim, D., & Salimo, H. (2018). Hubungan Pemberian ASI Eksklusif, Status Gizi, dan Kejadian Diare dengan Perkembangan Motorik pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Sari Pediatri, 20(2), 70. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.70-8
Luthfi Haikal, 2021. https://www.haibunda.com/menyusui/20210111084902-57-184904/pijat-laktasi-x-pijat-oksitosin-berguna-untuk-proses-asi
Copyright (c) 2023 Ricka Ayu Virga Ningrum, Trini Sudiarti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.