Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit
Patient Satisfaction with the Services of Outpatient Registration Officers at Hospital
Abstract
Latar belakang: Kepuasan pasien adalah suatu standar penilaian kualitas pelayanan baik barang maupun jasa yang menjadi tolak ukur dan harus diperhatikan oleh suatu instansi dalam memberikan pelayanan. Di rumah sakit sangat perlu dilakukan survey kepuasan pasien, hal ini menjadi penting dan perlu dilakukan bersama dengan pengukuran dimensi mutu pelayanan kesehatan.
Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengetahui penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelusuran sumber data pada Narrative Literature Review terhadap sepuluh rujukan yang terindeks pada database Google Scholar, Garuda, dan Sinta dengan rentang terbit dari 2017 hingga 2023.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit pada database Google Scholar, Garuda, dan Sinta merupakan penelitian yang banyak diteliti di berbagai metode. Sesuai tema/topik penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit. Adapun analisis metode penelitian, kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di rumah sakit banyak diteliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Sepuluh rujukan yang dianalisis memiliki hasil yang beragam sesuai metode penelitian dan teori yang digunakan.
Kesimpulan: Semua hasil penelitian pada sepuluh rujukan menyatakan bahwa kepuasan pasien di rumah sakit kebanyakan sudah memenuhi standar capaian yang ada, akan tetapi masih ada hal yang tetap perlu diperhatikan bahkan diperbaiki.
References
Undang-Undang RI NO 44 Tahun 2009. J Hum Dev [Internet]. 2009;6(1):1–22. Available from: http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/development/the-world-economy_9789264022621-en#.WQjA_1Xyu70%23page3%0Ahttp://www.sciencemag.org/cgi/doi/10.1126/science.1191273%0Ahttps://greatergood.berkeley.edu/images/application_uploads/Diener-Subje
Herlambang S. Manajemen pelayanan kesehatan rumah sakit. Cetakan I. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2016. 189 p.
Kemenkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008. Vol. ? 49, Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. 2008. p. 69–73.
Maulidah T. Mutu Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan. 2019;3(4):601–11.
Octaviasuni S, Wulan RW. Kualitas Pelayanan Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Provinsi Jawa Barat: Literature Review. J Kesehat. 2022;20(2):656–64.
Nurcahyanti E. Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2017;3(1):8.
Pohan, Imbalo S. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan?: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2010.
Matsubara C, Green J, Astorga LT, Daya EL, Jervoso HC, Gonzaga EM, et al. Reliability tests and validation tests of the client satisfaction questionnaire (CSQ-8) as an index of satisfaction with childbirth-related care among Filipino women. BMC Pregnancy Childbirth. 2013;13:1–9.
Iman AT. Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Jakarta: Kemenkes RI; 2017.
Anfal A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. 2018;
Astari dewanti widya, Noviantani A, Simanjuntak R. Artikel Penelitian Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. 2021;03:34–8.
Fiani EO, Pujihastuti A, Karanganyar PT. Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran di TPPRJ Description of Influencing Factors Waiting Time for Registration at TPPRJ Prodi D3 RMIK STIKes Mitra Husada Karanganyar ( TPPRJ ) atau yang sering disebut loket dalam pelayanan ke. Indones J Heal Inf Manag ( IJHIM ). 2021;1(2).
Tominanto, Maryati W. SISTEM INFORMASI BERBASIS FINGERPRINT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN. 2013;3(2):12–24.
SUHARDI SA. Analisis Pengolahan Mutu Pelayanan Administrasi Loket Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kab.Sinjai Tahun 2021. 2022;
Dewi AR, Adnan M. Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Puskesmas Aikmel Tahun 2022 The. Nusadaya J Multidiciplinary Stud. 2022;1(2):7–12.
Rahayu ayu hendrati, Antika wiwin tri. Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Bagian Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Tni Au Dr. M. Salamun Bandung. 2022;16(1).
Ford E. Tell me your story: Narrative inquiry in LIS research. Coll Res Libr. 2020;81(2):235–47.
Frandsen TF, Sørensen KM, Anne AML. Library stories: a systematic review of narrative aspects within and around libraries. J Doc. 2021;77(5):1128–41.
Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. 2017;2(1).
Damayanti W. Kualitas pelayanan rawat jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun 2020. 2020;
Nursalam. Manajemen Keperawatan. Edisi IV. Jakarta Selatan: Salemba Medika; 2018.
Setia Wiguna N, Gunawan E. Analisa Tingkat Kepuasan Pasien di Tempat Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Siti Aisyah Lubuklinggau. Cerdika J Ilm Indones. 2022;2(2):275–80.
Nahrisah P, Fahmi M. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dan Sikap Petugas Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur. 2019;6(1):5–10.
Ratnasari D, Misnaniarti, Windusari Y. Analisis Kualitas Layanan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Mandiri di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Sekayu Tahun 2019. 2020;5(2).
Irawatia AD, Fannya P, Indawati L, Rumana NA. Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhakti Kartini Tahun 2021. J Ilm Kedokt Dan Kesehat [Internet]. 2022;1(1):36–41. Available from: http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/klinik/article/view/163
Limisran. Hubungan Mutu Pelayanan Bagian Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Palembang. 2019;XI(1):39–45.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet; 2016.
Ningsih AP, Rudiansyah. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Di Bagian Tempat Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan (TPPRJ) di RSUD Rubini Mempawah. Jupermik. 2020;3:10–3.
Suliantoro, Fatchurahim D. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSKIA PKU Muhammadiyah KotaGede Yogyakarta. 2022;15(1):64–73. Available from: http://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/albama
Purba E. Tinjauan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Upt Rumah Sakit Khusus Mata Medan Tahun 2019. J Ilm Perekam dan Inf Kesehat Imelda. 2019;4(1):573–80.
Primastuti afifah novia, Sugiarsi S, Mulyono S. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Jati Husada Karanganyar. Indones J Heal Inf Manag. 2022;2(2):1.
Indriyani V, Herfiyanti L. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan RSU Bina Sehat. Cerdika J Ilm Indones. 2021;1(7):882–92.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.