Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pasien Rawat Jalan RSUD Salewangan
The Influence of Service Quality and Brand Trust on Loyalty through Satisfaction as an Intervening Variable in Outpatients at Salewangan Regional Hospital
Abstract
Latar belakang: Persaingan dalam industri pelayanan kesehatan rumah sakit di era perkembangan bisnis dan globalisasi dunia saat ini sangat ketat, hal ini dikarenakan jumlah klinik dan rumah sakit yang semakin bertambah banyak, Hasil wawacara tidak terstuktruk dengan manajemen tata usaha RSUD Salewangan Kabupaten Maros mengungkapkan bahwa terjadi penurunan kunjungan pasien rawat jalan dalam 3 bulan terakhir.
Tujuan: untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan brand trust terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pasien rawan jalan RSUD Salewangan Kabupaten Maros.
Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei yang bersifat kausal dengan pengambilan sampel yang sebanyak 96 orang akan digunakan teknik purposive random sampling,
Hasil: Ada pengaruh langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pada pasien dengan nilai nilai signifikansi p-sig sobel 0,02 < ? (0,05) atau dengan nilai Z sebesar 3,77 > Z table (1,96) dan ada pengaruh langsung brand trust terhadap loyalitas melalui kepuasan pada pasien dengan nilai signifikansi p-sig sobel 0,03 < ? (0,05) atau dengan nilai Z sebesar 3,77 > Z table (1,96).
Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan brand trust terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pasien rawan jalan RSUD Salewangan Kabupaten Maros
References
Amriani, Arifin A, Marzuku D. Analisis Segmentasi Pasar Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal. Wind Public Health J 2020;1:177–88. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/woph.v1i3.30.
Arismen, Sulistiadi W, Chalik A. Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). J Adm Rumah Sakit Indones 2019;5:97–103. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i2.3173.
Musa H. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Citra Utama Palembang. J Ilm Ilmu Pengetah Teknol Dan Seni 2022;1:9–21.
Widodo M, Prayoga D. Kepuasan dan Loyalitas Pasien terhadap Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Primer: Sebuah Tinjauan Literatur. JIIP - J Ilm Ilmu Pendidik 2022;5:568–72. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.458.
Wartiningsih M, Supriyanto S, Widati S, Ernawaty, Lestari R. Health promoting hospital?: A practical strategy to improve patient loyalty In Public Sector. J Public Health Res 2020;9:165–72.
Sesrianty V, Machmud R, Yeni F. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. J Kesehat Perintis (Perintis’s Heal Journal) 2019;6:116–26. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317.
Widya A, Noviantani A, Simanjuntak R. Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. J Hosp Accredit 2021;3:34–8.
Karaca A, Durna Z. Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nurs Open 2019;6:535–45. https://doi.org/10.1002/nop2.237.
Yanuarti R, Febriawati, Angraini W. Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Pandemi covid 19. J Kesmas Asclepius 2021;3:49–59. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jka.v3i2.3071 PERSEPSI.
Kakemam E, Chegini Z, Rouhi A, Ahmadi F, Majidi S. Burnout and its relationship to self-reported quality of patient care and adverse events during COVID-19: A cross-sectional online survey among nurses. J Nurs Manag 2021;29:1974–82. https://doi.org/10.1111/jonm.13359.
Pratama S, Rumengan G, Ulfa L, Rustandy J. Hubungan Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Kewajaran Harga, dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Rawat Inap RS Azra Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. J Manaj Dan Adm Rumah Sakit Indones 2022;6:182–8. https://doi.org/10.52643/marsi.v6i2.2582.
Mujab S, Astutik D, Ristanto H, Aditya G. Analisis Komparatif Tingkat Kepercayaan Masyarakat atas Pelayanan yang Diberikan oleh RSI Sultan Agung Semarang (Kajian Sebelum dan pada Saat Pandemi Covid-19). J Bingkai Ekon 2021;5:16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jbe.v7i1.225.
Goetz K, Jossen M, Rosemann T, Hess S, Brodowski M, Bezzola P. Is patient loyalty associated with quality of care? Results of a patient survey over primary care in Switzerland. Int J Qual Heal Care 2019;31:199–204. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzy142.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.