Aplikasi Metode Pendidikan Kesehatan Demonstrasi dengan Media Short Education Movie (Sem) terhadap Pengetahuan Perawatan Luka pada Anak di Sdn Mojorejo 2 Sragen
Application of Health Education Demonstration Method with Short Education Movie (SEM) Media on Knowledge of Wound Care in Children at SDN Mojorejo 2 Sragen
Abstract
Latar belakang: Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Interaksi dalam bermain kadang-kadang membawa risiko cedera bagi anak-anak sekolah dasar. Pengetahuan anak usia sekolah dasar masih kurang mengenai perawatan luka, usia tersebut rentan mengalami cidera yang dapat menyebabkan luka dan berpotensi infeksi. Kejadian kecelakaan yang terjadi di lingkungan sekolah sangat beragam misalnya karena terpeleset, adanya luka memar, luka bakar, ataupun luka lecet akibat trauma benda tumpul. Prevalensi kejadian cedera tertinggi pada status anak sekolah yaitu sebesar 13% dan pada rentang usia 5-14 tahun. Salah satu cara untuk melakukan pertolongan pertama cedera pada anak adalah dengan pendidikan kesehatan demonstrasi dengan media Short Education Movie (SEM).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pendidikan kesehatan demonstrasi dengan media Short Education Movie (SEM) terhadap pengetahuan perawatan luka pada anak di SDN Mojorejo 2 Sragen
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimental study one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling sejumlah 77 responden yang dilakukan selama bulan Juli 2023. Responden mengisi kuesioner yang berisi 17 pernyataan tentang perawatan luka ringan.
Hasil: Hasil analisis Wilcoxon test menunjukkan nilai signifikan ? = 0,000 < dari taraf nyata yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pendidikan kesehatan demonstrasi dengan media Short Education Movie (SEM) terhadap pengetahuan perawatan luka pada anak di SDN Mojorejo 2 Sragen. Tingkat pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi mengalami peningkatan sebesar 83,34% dan masuk ke kategori tingkat pengetahuan baik.
Kesimpulan: Pemberian pendidikan kesehatan demonstrasi dengan media Short Education Movie (SEM) dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang perawatan luka ringan
References
Utami MPS. Pengenalan Safety Injury Untuk Anak Sekolah Dasar. J Pelayanan dan Pengabdi Masy. 2020;4(2):65–71.
Oktaviani E, Feri J, Susmini. Pelatihan pertolongan pertama kasus kegawatdaruratan di Sekolah dengan Metode Simulasi. J Character Educ Soc. 2020;3(2):403–13.
Susanti E, Putri P. Pelatihan Bagi Siswa Palang Merah Remaja Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka. ABDIKEMAS J Pengabdi Kpd Masy. 2021;3(2):193–8.
Dewi S, Siregar. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Membalut Luka pada Siswa di SMP Swasta Dharma Kecamatan Beringin. J Keperawatan Flora [Internet]. 2018;11(2):43–8. Available from: https://www.ojs.stikesflora-medan.ac.id/index.php/jkpf/article/view/132
Widiastuti NKP, Adiputra IMS. Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Atas. J Akad Baiturrahim Jambi. 2022;11(1):23.
Nurul A. Peningkatan Pengetahuan Mengenai Pertolongan Pertama pada Perdarahan Akibat Luka Cidera pada Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan. URECOL (University Res Colloquium) 2020. 2020;232–6. Available from: http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/973/943
N RO, Oktavia AR, Susanti D. Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Pertolongan Pertama Kejadian Luka Bakar Pada Anak. J Pengabdi Mandiri. 2023;2(3):969–78.
Sari DP, Suciana F. Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. J Holist Nurs Sci. 2019;6(2):44–51.
Musa Ghufron. The Influence of Health Education. 2020;2(01):22–30.
Saputra W, Krisnana I, Kurnia iqlima dwi, Kusumuanigrum T. Metode Role play Meningkatkan Pengetahuan dan Tindakan Pertolongan. Pediamoternal Nurs J. 2019;5(1).
Herlina S, Apriliana V, Lestari BD, Astuti W, Zalwa I, Farikhah F, et al. Edukasi dan Simulasi Penanganan Luka Bakar di Lingkungan Sekolah. Literasi J Pengabdi Masy dan Inov. 2023;3(1):170–80.
Alfikrie F, Hidayat UR, Wahyuningtyas EP. Edukasi Metode Demonstrasi Dan Role Play Terhadap Pengetahuan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas. Khatulistiwa Nurs J. 2019;1(2):1–6.
Kusumaningrum BR, Kartika AW, Ulya I, Choiriyah M, Ningsih DK, Kartikasari E. Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School Malang. Int J Community Serv Learn. 2018;2(4):309–14.
Erlin, F., Putra, I. D., & Hendra, D. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Pencegahan Penularan Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). Vol. 4, No. 4, September 2020, Hal. 663-669.
Rosuliana NE, Februanti S, Mariani D, Cahyati A. Abdimas Galuh Optimizing The Improvement Of Knowledge And Skills Of Elementary School Children About First Aid In Accidents ( P3k ) Based On Audiovisual Media. 2023;5:585–93.
Herlianita R, Ruhyanudin F, Wahyuningsih I, Husna CH Al, Ubaidillah Z, Theovany AT, et al. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dan praktik pada pertolongan pertama penanganan luka bakar. Holistik J Kesehat. 2020;14(2):163–9.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.