Analisis Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan : Literature Review
The Factor Analysis of Waiting Time for Out Patient Services : Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan rawat jalan merupakan salah satu unit penyumbang pasien terbesar dan merupakan citra terdepan rumah sakit dalam system pelayanan kesehatan sehingga harus dikelola dengan managemen mutu pelayanan yang baik. Sistem antrian di rumah sakit menjadi permasalahan yang masih terjadi. Hal ini dikarenakan waktu tunggu pasien sejak mendaftar sampai ruang pemeriksaan lebih lama dari tindakan pelayanan yang diterima.
Tujuan: Untuk mengetahui peningkatan pelayanan rawat jalan adalah dengan memperbaiki waktu tunggu sebagai bentuk pelayan prima yang diberikan oleh Rumah Sakit. Factor yang memepengaruhi waktu tunggu pelayanan rawat jalan adalah pelayanna administrasi, sumber daya manusia yang terampil dan sarana prasarana yang mendukung pelayanan.
Metode: Jurnal yang digunakan dalam literature review berjumlah 20 jurnal. Penulusuran jurnal dilakukan melalui tiga database yaitu EBSCO, ProQuest, dan Google Scholar.
Hasil: Berdasarkan kasus yang ada dan pengumpulan jurnal terhadap analisis factor waktu tunggu pelayanan rawat jalan menunjukan data yang bervariasi.
Kesimpulkan: Faktor proses administrasi pendaftaran, sumber daya manusia dan sarana pra sarana adalah faktor yang berhubungan dengan lama waktu tunggu pasien di unit rawat jalan.
References
Departemen Kesehatan. 2009. Undang – Undang No. 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah sakit.
Permenkes RI No.3 Thn 2020 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. (2020). (3), 1–80.
Kiki, A. (2018). Hubungan Sarana Pra Sarana Dan Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Ruang Rawat Inap Rsud Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Darlis. 2016. “Tinjauan Waktu Tunggu Pelayanan Rekam Medis Di Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Yuliddin Away Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Tahun.” 2012 10(9):32.
Aburayya, A., Alshurideh, M., Albqaeen, A., Alawadhi, D., & Al A’yadeh, I. (2020). An investigation of factors affecting patients waiting time in primary health care centers: An assessment study in Dubai. Management Science Letters, 10(6), 1265–1276. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.11.031
Alkuwaiti, A., Maruthamuthu, T., & Akgun, S. (2020). Factors associated with the quality of outpatient service: The application of factor analysis–A case study. International Journal of Healthcare Management, 13(S1), 88–93. https://doi.org/10.1080/20479700.2017.1422910
Amalia, M., & Pratiwi, E. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Luwuk Banggai pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(1), 76–84.
Sumayku, M.I., Pendelaki, K., Kandau, D.G., Wahongan, G.P., & Nelwan, E.J. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pelayanan di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Sentra Medika Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal kesehatan E-Clinik.
Sholihah, N., & Parinduri, K. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Islam Bogor Tahun 2019. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat.
Mahadewi, P.E., Yatmi, A.,.& Ayuba,K.Y. (2019). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Paru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang. Journal of Public Health.
Walakandaou, R.J.R. Ratage, E.A.G., & Korompis, C.E.,(2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Waktu Tunggu Pasien dalam Masa Pandemik Covid 19 di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine.
Jannah, M., Rizany, I., Setiawan, H. (2020). Perbandingan Waktu Tunggu Dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rsud Ratu Zalecha Martapura. Jurnal Perawat Indonesia.
Nofriadi., Delima, M.,& Sara, Y. (2019). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis.
Dwi, D.L., Khodijah, S., Parinduri., & Fatimah, R.(2020). Hubungan Waktu Tunggu Pelayana Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam Rsud Kota Bogor. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat.
Rizany, I., Setiawan, H., & Musafaah. (2021). The Relationship between Waiting Time and Patient Satisfaction in The Outpatient of Public Hospital in Banjarbaru. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices).
Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2020). Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 175–184. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1137.
Fajrin, K., Haeruddin, & Ahri, R. A. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di RSUD Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 2(3), 1214–1222. https://doi.org/10.33096/woph.v2i3.242.
Insani, I.R., Sriatmi, A., & Fatmasari. Y.E.b (2020). Aspek-Aspek Dimensi Waktu Tunggu Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Poliklinik Mata RSU William Booth Semarang. Jurnal ilmiah mahasiswa Vol.10.
Purwoko, P.,& Nurwahyuni, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia..
Silitonga, M.T. (2018). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Lama Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Tahun 2016.
Al-Harajin, S.R., Al-Subaie. A.S., & Elzubair, G.A. (2019). The association between waiting time and patient satisfaction in outpatient clinics: Findings from a tertiary care hospital in Saudi Arabia.
Tetty, V., & Bone, A. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Bpjs Di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(1), 29–35. https://doi.org/10.52841/jkd.v2i1.134.
Sulisna, A., Fitria, D., & Tarigan, M.A. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Spesialistik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kabupaten Aceh Tamiang. Indonesian Journal of Public Health.
Laeliyah, N & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Nasional Vol. 1., No. 2. 102-112
Esti, A., Puspitasari, Y. & Rusmawati, A., 2015. Pengaruh Waktu Tunggu dan Waktu sentuh Pasien Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Poli Umum.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.