Analisis Penggunaan Media Belajar Pendidikan Kesehatan Reproduksi Berbasis Aplikasi Android dan Website: Sistematic Review
Analysis the Use of Learning Media Reproductive Health Education Based on Android and Websites: Sistematic Review
Abstract
Latar belakang: Di Indonesia, pendidikan kesehatan reproduksi remaja terintegrasi dalam kurikulum yang ada, belum ada kebijakan terkait kurikulum kesehatan reproduksi di sekolah, adanya pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan aplikasi buatan terhadap peningkatan pengetahuan siswa mengenai kesehatan reproduksi
Metode: Analisa pada penelitian ini menggunakan metoda systematic review menggunakan 10 jurnal yang diseleksi menggunakan diagram alur PRISMA.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 100% penelitian menyatakan bahwa terdapat perubahan tingkat pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi menggunakan aplikasi.
Kesimpulan: Penggunaan media belajar berbasis aplikasi android dan website efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi remaja.
References
Setyawan, 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi (Studi Di SMA Muhammadiyah 2 Mojosari – Mojokerto)
Sari, 2019. Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pusvyta Sari Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan. Avalaible online at : http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index Volume 1, Nomor 1, Januari 2019
Safira, dkk. 2022. Penerapan Aplikasi Berbasis SMS, Game dan Android dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja: Literatur Review. Program Studi Pendidikan Profesi Ners, STIKes Mitra Keluarga. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia Vol. 10 No.1, Maret 2022 ISSN: 2337-6007 (online); 2337-585X (Printed); DOI : 10.33560/jmiki.v10i1.395
Lestari, Widya. 2015. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seks Pada Remaja. Naskah Publikasi Magister Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Masfiah, S., dkk. 2013. Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR) Dalam Kurikulum SMA Dan Pengetahuan & Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa. Magister Promosi Kesehatan Universitas Diponegoro. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 8 / No. 1 / Januari 2013
Novaeni, N., dkk. 2017. Pengembangan Aplikasi Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi Di SMA Pius Kabupaten Purworejo Tahun 2017. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 6, Nomor 1, Januari 2018 (ISSN: 2356-3346) Http://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkm
Jaya, Kumalasari. 2022. Penerapan Aplikasi Sehati terdahap Peningkatan Pengatahuan Keseahtan Reproduksi Remaja pada Siswa/i SMA NU Kota Palembang. Jurnal Kesehatan Komunitas, Keskom, Vol. 8, No. 3, 2022
Satriyandari, dkk. 2023. PKM “Si Muka Kasep” Aplikasi Game Edukasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi di PIK-R Man 2 Yogyakarta. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7 No. 3 Mei 2023
Hermawan, dkk. 2023. Efektifitas Aplikasi Edukasi Kesehatan Reproduksi Komprehensif Remaja Putri Di Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal Volume 13 Nomor 1, Januari 2023 e-ISSN 2549-8134; p-ISSN 2089-0834 http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM
Andika, 2018. Pengembangan Multimedia Berbasis Android Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. 7 Nomor 2 Tahun 2018
Purnamasari, dkk. Pengembangan Aplikasi “Kere Pare” Sebagai Media Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Berbasis Android. Jurnal Media Informasi, Volume 18, Nomor 2,2022
Mawardika, dkk. 2019. Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Melalui Pendidikan Kesehatan Berupa Aplikasi Layanan Keperawatan Kesehatan Reproduksi Remaja (Lawan Roma) Di Smp Wilayah Kerja Puskesmas Bawen Kabupaten Semarang. Cendekia Utama, Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, P-ISSN 2252-8865 E-ISSN 2598 – 4217 Vol. 8, No. 2 Oktober, 2019, htpp://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id
Dinengsih, Hakim. 2020. Pengaruh Metode Ceramah Dan Metode Aplikasi Berbasis Android Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Kebidanan Vol 6, No 4, Oktober 2020 : 515-522
Hatini, 2021. Edukasi Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Media Aplikasi Rumah Bidanku. Logista, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 5 No.1 Tahun 2021, ISSN: 2579-6283 E-ISSN: 2655-951X
Yusti, dkk. 2020. Efektivitas aplikasi android kesehatan reproduksi remaja terhadap perbaikan perilaku seksual pranikah di SMK X Yogyakarta. Journal Health of Studies Vol 4, No.1 Maret 2020, pp. 96-103, ISSN 2549-3353
Peraturan Presiden RI Nomor 62 Tahun 2010 tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
BPS, 2023. Angka Kelahiran Hasil Long Form SP2020 Menurut Kelompok Umur Ibu Tahun 2020. Jakarta: www.bps.go.id diakses pada 04 September 2023
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Anaks
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.