Pemberdayaan Remaja Peduli Stunting Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Suplementasi Tablet Fe di SMKN 12 Malang
Adolescent Girls Empowerment as Stunting Prevention on The Knowledge and Attitudes Towards Iron Tablets Supplementation at SMKN 12 Malang
Abstract
Latar belakang: Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh yang dapat diakibatkan dari kondisi ibu dengan anemia sejak remaja. Beberapa remaja putri di SMKN 12 Malang ditemukan tidak mengkonsumsi tablet Fe, sehingga perlu diberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap akan kesehatan.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan pengetahuan, adanya dukungan teman sebaya, adanya dukungan orang tua dan guru, ketersediaan sumber informasi kesehatan, serta pengaruh pemberdayaan Remaja Peduli Stunting terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri terhadap suplementasi tablet Fe di SMKN 12 Malang.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest-postest design dengan sampel sebanyak 31. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap remaja tentang suplementasi tablet Fe. Analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. Seluruh responden telah mendapatkan informasi kesehatan melalui petugas puskesmas, sosial media, koran serta majalah. Hasil analisis adanya dukungan teman sebaya, guru serta orang tua, dapat memicu sikap remaja putri untuk mengkonsumsi tablet Fe.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan nilai rerata pengetahuan dan sikap responden setelah dilakukan intervensi berupa pemberian edukasi melalui pemberdayaan remaja. Hasil rerata pengetahuan tentang suplementasi tablet Fe (pre-test=69,9 dan post-test=90,8) dan rerata sikap (pre-test=54 dan posttest=77). Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang suplementasi tablet Fe dengan p-value=0,000 0<0,05, dan sikap tentang suplementasi tablet Fe dengan p-value=0,000<0,05. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah dilakukan intervensi.
Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan sikap sebagai pengaruh pemberdayaan remaja peduli stunting terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam suplementasi tablet Fe.
References
Apriluana, G., & Fikawati, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Risiko terhadap Kejadian Stunting pada Balita (0-59 Bulan) di Negara Berkembang dan Asia Tenggara. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 28(4), 247–256. https://doi.org/10.22435/mpk.v28i4.472
Aryastami, N. K. (2017). Kajian Kebijakan dan Penanggulangan Masalah Gizi Stunting di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(4), 233–240. https://doi.org/10.22435/bpk.v45i4.7465.233-240
Berawi, K. N., Sowiyah, -, Fiana, D. N., Perdani, R. R. W., & Puspaningrum, D. A. (2021). Pemberdayaan Remaja Putri Melalui Komsi (Komunitas Milenial Sadar Nutrisi) di Desa Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Jurnal Sinergi, 2(1), 94–99. https://doi.org/10.23960/jsi.v2i1.28
Dewi, S. R., Dewi, S. R., Lestari, D. P. O., Armerinayanti, Ni Wayan, & Suwarna, I. W. (2019). PEMBERDAYAAN KELOMPOK SEBAYA DAN KONSELING DI SMP WIDYA SAKTI UNTUK MENINGKATKAN GERAKAN SEHAT REPRODUKSI REMAJA. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32795/jsb.v3i1.514
Handayani, N., Indraswari, R., Shaluhiyah, Z., & Kusumawati, A. (2022). Pemberdayaan Kader Remaja SANTUN (Sehat Anti Stunting) di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. 5.
Herwandar, F. R., & Soviyati, E. (2020). PERBANDINGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA PREMENARCHE DAN POSTMENARCHE DI DESA RAGAWACANA KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2018. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 11(1), 71–82. https://doi.org/10.34305/jikbh.v11i1.154
Kasjono, H. S., & Suryani, E. (2020). Pengaruh Aplikasi Pencegahan Stunting “Gasing” Terhadap Perilaku Pencegahan Stunting Pada Siswi SMA Di Wilayah Kecamatan Kalibawang Kulon Progo. JURNAL NUTRISIA, 22(1), 16–22. https://doi.org/10.29238/jnutri.v22i1.200
Lestari, M. A., & Santoso, M. B. (2020). PENGUATAN KARAKTER PADA REMAJA BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA). Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 297. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.23026
Mandagi, I. V., Salham, M., & Yusuf, H. (2020). Pengetahuan Remaja Putri tentang Manfaat Tablet FE dalam Upaya Pencegahan Anemia di SMAN 6 Model Sigi. 03, 4.
Munawaroh, H., Syakur, M., Fitriana, N., & Muntaqo, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan Stunting Sejak Dini di Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 20(2), 231. https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.6654
Nasruddin, H., Faisal Syamsu, R., & Permatasari, D. (2021). Angka Kejadian Anemia Pada Remaja di Indonesia. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(4), 357–364. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i4.66
Ningtyias, F. W., Quraini, D. F., & Rohmawati, N. (2020). Perilaku Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Remaja Putri di Jember, Indonesia. Jurnal PROMKES, 8(2), 154. https://doi.org/10.20473/jpk.V8.I2.2020.154-162
Nirmalasari, N. O. (2020). STUNTING PADA ANAK: PENYEBAB DAN FAKTOR RISIKO STUNTING DI INDONESIA. 14, 10. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2372
Rahayu, A., Km, S., Ph, M., Yulidasari, F., Km, S., Ph, M., Putri, A. O., Km, S., Kes, M., Anggraini, L., & Km, S. (2018). STUDY GUIDE – STUNTING DAN UPAYA PENCEGAHANNYA BAGI MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT. 140.
Siswati, T., Olfah, Y., Widyawati, H. E., Rahmawati, A., & Prayogi, A. S. (2021). POSYANDU PRAKONSEPSI: PEMBERDAYAAN REMAJA DALAM MENCEGAH STUNTING SEJAK DINI. 4.
Sunarti, A. (2022). Penyuluhan tentang Dampak Anemia pada Remaja di SMKN 6 Palu. 8.
Yulianti, D. (2017). PROGRAM GENERASI BERENCANA (GenRe) DALAM RANGKA PEMBANGUNAN MANUSIA MENUJU PEMBANGUNAN NASIONAL BERKUALITAS. 1(2), 16.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.