Persepsi Remaja Putri terkait Stunting di Kawasan Pesisir Kabupaten Pinrang

Perception of Adolescent Girls Regarding Stunting in the Coastal Area of Pinrang Regency

  • Sukmawati Thasim Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rini Anggraeny Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Persepsi, Stunting, Remaja Putri

Abstract

Latar belakang: Stunting menjadi isu penting yang tidak berhenti dibicarakan hingga saat ini mengingat dampak jangka pendek yang diakibatkan berupa tingginya risiko morbiditas dan mortalitas hingga risiko jangka panjang berupa rendahnya kualitas sumber daya manusia yang akan berdampak pada tingkat kemajuan bangsa. Kesehatan remaja putri sebagai faktor penentu kesehatan ibu hamil dan balita kelak menjadikannya salah satu target perbaikan gizi untuk pencegahan stunting, maka perlu diketahui persepsi remaja putri terkait stunting sehingga mereka bisa turut berperan aktif dalam upaya perbaikan gizi generasi yang akan datang.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gambaran persepsi remaja putri terkait masalah stunting di daerah pesisir Kabupaten Pinrang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 88 orang siswi kelas XII dari dua sekolah menengah atas yang berada di kawasan pesisir Kecamatan Suppa, Kapupaten Pinrang.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,5% responden memiliki persepsi yang negatif terhadap stunting. Persepsi mereka masih kurang terkait pernikahan, kehamilan, anemia di usia remaja kaitannya dengan stunting, efek jangka panjang dari stunting, dan juga kesadaran pentingnya kelompok usia remaja untuk memahami stunting.

Kesimpulan: Kesimpulan dari hasil penelitian adalah masih banyak remaja putri yang memliki persepsi yang kurang terkait stunting. Mereka cenderung belum memahami kaitannya status kesehatan mereka sebagai remaja hubungannya dengan masa depan mereka sebagai calon ibu. Maka perlu upaya dari pihak-pihak terkait agar melakukan edukasi rutin terhadap kelompok remaja utamanya di kawasan pesisir agar mereka lebih menyadari pentingnya mereka menjaga status kesehatannya sedari dini.

References

Siswati, T. (2018) Stunting. Edited by H. Kusnanto and T. Sudargo. Yogyakarta: Husada Mandiri, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Riskesdas (2018a) Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Millati, N.A. and Dkk (2021) Cegah Stunting Sebelum Genting: Peran Remaja dalam Pencegahan Stunting. Edited by A. Dharmawan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Riskesdas (2018b) Laporan Provinsi Sulawesi Selatan Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 3(3),

Syahrir (2013). Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: PT Gramedia.

Pantaleon, Maria Goreti (2019) 'Hubungan Pengetahuan Gizi dan Kebiasaan Makan dengan Status Gizi Remaja Putri di SMA Negeri 2 Kota Kupang', 3(3), pp. 69-76.

Natanael, Sisilia. and dkk (2022) 'Persepsi tentang Stunting pada Remaja Putri di Kabupaten Gianyar Bali' 45(1), pp. 1-10.

Siswati, Tri. and Dkk (2022) 'Persepsi Remaja tentang Stunting dan Anemia: Studi Kualitatif di Daerah Lokus Stunting di Yogyakarta, Indonesia', 13(2), pp.

Alwi, M. Akbar and Dkk (2022) ' Determinan dan Faktor Risiko Stunting pada Remaja di Indonesia: Literature Review', 3(1), pp 7-12.

Lolitasari, Ade Welni. (2018) ' Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Pemikiran Remaja Di Gampong Lampeneurut Ujong Blang'. Skripsi.

Shafamada, Syifa. and Dkk (2021) 'Hubungan Kehamilan Pada Masa Usia Remaja Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Umur 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Patuk I Kabupaten Gunung Kidul'. Thesis.

Susanti, Susi. and Dkk (2023) 'Hubungan Anemia, Stunting dengan Tingkat Kecerdasan pada Remaja Putri Usia 13-15 Tahun di Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar'. Thesis.

Published
2023-11-04
How to Cite
Thasim, S., & Rini Anggraeny. (2023). Persepsi Remaja Putri terkait Stunting di Kawasan Pesisir Kabupaten Pinrang: Perception of Adolescent Girls Regarding Stunting in the Coastal Area of Pinrang Regency. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(11), 2232-2238. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i11.4027