Kepuasan Pengguna SIMRS di RS X Kota Mataram dengan Metode EUCS

User Satisfaction of SIMRS at X Hospital Mataram Using the EUCS Method

  • Nurul Khatimah Ismatullah Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Medica Farma Husda Mataram
Keywords: SIMRS, EUCS, PLS, Rumah Sakit

Abstract

Latar belakang: Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang memiliki karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh adanya perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Setiap rumah sakit wajib meyelengarakan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS). Rumah Sakit X Kota Mataram menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) sejak tahun 2014 untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan evaluasi kepuasan pengguna sistem informasi rumah sakit dengan menggunakan model evaluasi end user computing satisfaction (EUCS).

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Sistem Informasi Rumah Sakit. Sampel berjumlah 70 orang petugas instalasi rekam medis yang dipilih menggunakan total sampling. Data di kumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan Partial Least Square (PLS).

Hasil: Hasil uji menunjukan nilai t-statistik dari masing-masing variabel yaitu isi (content) 0,295, keakuratan (accuracy) 0,320, kemudahan penggunaan (easy to use) 2,240,  tampilan (format) 2,279 dan waktu (timeliness) 0,409.

Kesimpulan: Variabel yang berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan petugas rekam medis adalah variabel kemudahan penggunaan (easy to use) dan tampilan (format). Variabel yang tidak berpengaruh dan signifikan adalah variabel isi (content), keakuratan data (accuracy), waktu (timeliness).

References

Depkes RI. Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 2016;

Kemenkes RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit [Internet]. 2009. Available from: https://www.komisiinformasi.go.id/uploads/documents/UU_44_Tahun_2009.pdf

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1171/Menkes/Per/VI/2011 Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit [Internet]. 2011. Available from: http://manajemenrumahsakit.net/wp-content/uploads/2012/09/bn378-2011.pdf

Kemenkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor?: HK.01.07/Menkes/312/2020 tentang Standar Profesi Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan. 2020;3. Available from: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis. 2008.

Papilaya RAD and FS. Analisis Kepuasan Penerimaan Pengguna Akhir Sistem Branch Delivery System (Bds) Pada Layanan Teller Cash Recycler (TCR) Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) Dan Iso/Iec 12207: 2008 Pada Perusahaan Bank Di Indonesia. 2018;

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit [Internet]. 2013. Available from: https://www.kemhan.go.id/itjen/wp-content/uploads/2017/03/bn87-2014.pdf

Putra AD. Evaluasi Sistem Informasi manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Dengan Metode Hot Fit Di Rsud Andi Makkasau Kota Parepare. J Ilm Mns dan Kesehat [Internet]. 2020;1(1):61–8. Available from: http://umpar.ac.id/jurnal/index.php/makes/article/view/294

Doll WJ, Torkzadeh G. Doll, W. J. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly..pdf. MIS Quarterly. 1988.

Notoatmodjo S. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2005.

Arikunto S. Manajemen penelitian. 2005;

Sarstedt M, Ringle CM, Hair JF. “Partial least squares structural equation modeling.” Handbook of market research. Handbook of Market Research. 2017.

Chin W, Marcolin B, Newsted P. a Partial Least Squares Latent Variable Modeling Approach for Measuring Interaction Effects?: Results From a Monte Carlo Simulation Study and Voice Mail Emotion / Adoption Study. Int Conf Inf Syst. 1996;

Damayanti AS, Mursityo YT, Herlambang AD. Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS ( End User Computing Satisfaction ). 2018;2(11):4833–9.

Fitriansyah A, Harris I. Penerapan Dimensi EUCS ( End User Computing Satisfaction ) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web. 2018;6:8–9.

Suprapta K. Analisis kepuasan mahasiswa terhadap sistem pemilihan konsentrasi dengan menggunakan metode EUCS. J Sist Dan Inform [Internet]. 2018;13(1):6–11. Available from: https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/186

Sabon SE, Susanti S. Analisis Keberhasilan Kinerja Aplikasi Sipp Menggunakan Metode EUCS Pada PT. Gunung Amal Solution International. POTENSI (eProsiding Sist Informasi) [Internet]. 2020;1(1):145–51. Available from: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/203

Prasetya TA, Harjanto CT, Setiyawan A. Analysis of student satisfaction of e-learning using the end-user computing satisfaction method during the Covid-19 pandemic. J Phys Conf Ser. 2020;1700(1).

Darwi AR, Efrizon E. Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Tek Elektron dan Inform. 2019;7(1):25.

Kurniawan D, Zusrony E, Kusumajaya RA. Analisa Persepsi Pengguna Layanan Payment Gateway Pada Financial Technology Dengan Metode Eucs. J Inf Politek Indonusa Surakarta. 2018;4(3):1–5.

Nurdiansyah Y, Wulandari EPA, Wulandari DAR. Analisis Faktor Kepuasan Pengguna Layanan Website SKCK Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). INFORMAL Informatics J. 2020;5(2):72.

Published
2023-08-16
How to Cite
Nurul Khatimah Ismatullah. (2023). Kepuasan Pengguna SIMRS di RS X Kota Mataram dengan Metode EUCS: User Satisfaction of SIMRS at X Hospital Mataram Using the EUCS Method. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1687-1694. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.4012