Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Literature Review
Quality of Service With Patient Satisfaction in Hospital : Literature Review
Abstract
Latar belakang: Mutu pelayanan rumah sakit dapat dijadikan penilaian dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya.
Tujuan: Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review, dengan melakukan analisis pada jurnal, tesis, dan skripsi yang berkaitan dengan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien.
Hasil: Dari 7 artikel, 2 skripai dan 1 tesis yang dianalisis, terdapat beberapa indikator mutu pelayanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat inap di RS, diantaranya keberadaan, ketanggapan, kenyamanan, dan ketepatan waktu.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit.
References
Undang Undang Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Jakarta; 2014.
Lestari S. FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMKITAL DR. KOMANG MAKES BELAWAN. J Kesehat Glob. 2019;2(3):158–64.
Kementerian Kesehatan RI. UU no. 44 Tahun 2009 Tentang RS. Vol. 1, Undang-Undang Republik Indonesia. 2009. p. 41.
Suryawati C. Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis Dan Penerapannya Pada Penelitian). JMPK (Jurnal Manaj Pelayanan Kesehatan). 2004;7(4):189–240.
Matondang MR, Madjid TA, Chotimah I. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promot J Mhs Kesehat Masy. 2019;2(4):276.
Nasution SL, Purwanti D, Girsang E. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Pasien Diinstalasi Farmasi RSUD Rantauprapat. KESKOM. 2021;7(November):341–6.
Azwar. Pengantar Administrasi Kesehatan. ketiga. Jakarta: Bina Rupa Aksara; 2009.
Anwary AZ. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. J Kebidanan Dan Keperawatan. 2020;11(1):397–409.
Rombon LAnY, Podung BJ, Mamuaja PP. PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PAPAKELAN Lingkan. J Kesehat Masy UNIMA. 2021;02(02):2–7.
Ginting EIB, Sudiro, Moriza T. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan PAsien di Poly Obgyn RSUD.DR.RM.Djoelham Kota Binjai Tahun 2019. J Manaj Dan Adm Rumah SAkit Indones. 2021;5(1):6.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT. 2008.
Sobirin Y. Komunikasi Antara Perawat Dengan Keluarga Pasien Rawat Inap (studi Di Rumah Sakit Cahaya Ujung Tanjung). Universitas Islam Riau; 2019.
Nugraha Y, Wianti A. Konsep Dasar Keperawatan. Wati AR, editor. Cirebon: LovRinz Publishing; 2021.
Indartie AE. KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI QUOTE TB LIGHT DI PUSKESMAS KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2021. Universitas Siliwangi Tasikmalaya; 2021.
Maarif I, Haeruddin H, Sumiati S. Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. J Muslim Community Heal. 2023;4(2):79–88.
Simbolon J, Sipayung SD. Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS J Ilm Kesehat Masy. 2022;1(4):591–9.
Mongdong WEE, Kolibu FK, Maramis FRR. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kakaskasen Kota Tomohon. Kesmas. 2021;10(6):72–81.
Hastuti SKW, Mudayana AA, Nurdhila AP, Hadiyatama D. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Kes Mas J Fak Kesehat Masy. 2017;11(2):161–8.
Natassa J, Dwijayanti SS. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di unit rawat inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Heal Care J Kesehat. 2019;8(2):29–42.
Machmud AN. Kepuasan Pasien : Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. J Voice Midwifery. 2020;10(2):940–54.
Purnamasari W. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Antang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin; 2020.
Ariyanti S, Rahmat, Surtikanti, Wahyuni T. Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang IGD. Junal Keperawatan Aisyiyah. 2022;9(2):155–62.
Handayani T, Hamdani M, Pantawis S. Analisis Pengaruh Timeliness, Apology, Redress, Facilitation, Credibility Dan Attentiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Bpjs Kesehatan Di Kabupaten Batang). Sains J Manaj dan Bisnis. 2019;11(2):254.
Hermawan H, Brahmanto E, Hamzah F. Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajemen; 2018.
Riandi R, Yuliawati R. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.