Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Literature Review
Quality of Service With Patient Satisfaction in Hospital : Literature Review
Abstract
Latar belakang: Mutu pelayanan rumah sakit dapat dijadikan penilaian dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya.
Tujuan: Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review, dengan melakukan analisis pada jurnal, tesis, dan skripsi yang berkaitan dengan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien.
Hasil: Dari 7 artikel, 2 skripai dan 1 tesis yang dianalisis, terdapat beberapa indikator mutu pelayanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat inap di RS, diantaranya keberadaan, ketanggapan, kenyamanan, dan ketepatan waktu.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit.
References
Undang Undang Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Jakarta; 2014.
Lestari S. FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMKITAL DR. KOMANG MAKES BELAWAN. J Kesehat Glob. 2019;2(3):158–64.
Kementerian Kesehatan RI. UU no. 44 Tahun 2009 Tentang RS. Vol. 1, Undang-Undang Republik Indonesia. 2009. p. 41.
Suryawati C. Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis Dan Penerapannya Pada Penelitian). JMPK (Jurnal Manaj Pelayanan Kesehatan). 2004;7(4):189–240.
Matondang MR, Madjid TA, Chotimah I. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promot J Mhs Kesehat Masy. 2019;2(4):276.
Nasution SL, Purwanti D, Girsang E. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Pasien Diinstalasi Farmasi RSUD Rantauprapat. KESKOM. 2021;7(November):341–6.
Azwar. Pengantar Administrasi Kesehatan. ketiga. Jakarta: Bina Rupa Aksara; 2009.
Anwary AZ. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. J Kebidanan Dan Keperawatan. 2020;11(1):397–409.
Rombon LAnY, Podung BJ, Mamuaja PP. PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PAPAKELAN Lingkan. J Kesehat Masy UNIMA. 2021;02(02):2–7.
Ginting EIB, Sudiro, Moriza T. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan PAsien di Poly Obgyn RSUD.DR.RM.Djoelham Kota Binjai Tahun 2019. J Manaj Dan Adm Rumah SAkit Indones. 2021;5(1):6.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT. 2008.
Sobirin Y. Komunikasi Antara Perawat Dengan Keluarga Pasien Rawat Inap (studi Di Rumah Sakit Cahaya Ujung Tanjung). Universitas Islam Riau; 2019.
Nugraha Y, Wianti A. Konsep Dasar Keperawatan. Wati AR, editor. Cirebon: LovRinz Publishing; 2021.
Indartie AE. KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN DIMENSI QUOTE TB LIGHT DI PUSKESMAS KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2021. Universitas Siliwangi Tasikmalaya; 2021.
Maarif I, Haeruddin H, Sumiati S. Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. J Muslim Community Heal. 2023;4(2):79–88.
Simbolon J, Sipayung SD. Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS J Ilm Kesehat Masy. 2022;1(4):591–9.
Mongdong WEE, Kolibu FK, Maramis FRR. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kakaskasen Kota Tomohon. Kesmas. 2021;10(6):72–81.
Hastuti SKW, Mudayana AA, Nurdhila AP, Hadiyatama D. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Kes Mas J Fak Kesehat Masy. 2017;11(2):161–8.
Natassa J, Dwijayanti SS. Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di unit rawat inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Heal Care J Kesehat. 2019;8(2):29–42.
Machmud AN. Kepuasan Pasien : Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. J Voice Midwifery. 2020;10(2):940–54.
Purnamasari W. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Antang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin; 2020.
Ariyanti S, Rahmat, Surtikanti, Wahyuni T. Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang IGD. Junal Keperawatan Aisyiyah. 2022;9(2):155–62.
Handayani T, Hamdani M, Pantawis S. Analisis Pengaruh Timeliness, Apology, Redress, Facilitation, Credibility Dan Attentiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Bpjs Kesehatan Di Kabupaten Batang). Sains J Manaj dan Bisnis. 2019;11(2):254.
Hermawan H, Brahmanto E, Hamzah F. Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajemen; 2018.
Riandi R, Yuliawati R. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.