Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Pencapaian Indikataor Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan di Puskesmas Kabupaten Kolaka

  • Amir Syam Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya Kendari
  • Ratna Umi Nurlila Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya Kendari
  • Sartini Risky Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya Kendari
Keywords: Pengetahuan; Kemampuan; Pendidikan; Sikap; Motivasi; Reward dan Kapitasi Berbasis Komitmen

Abstract

Latar Belakang: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dilaksanakan sejak 2014, dan Kapitasi berbasis komitmen pelayanan telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Sampai saat ini belum semua Puskesmas yang sudah memenuhi ketiga indikator komitmen pelayanan yang ditetapkan antara lain belum mempengaruhi angka kontak, rasio rujukan kasus non spesialistik, dan rasio prolanis, sehingga bisa diketahui efektifitas dari kebijakan implementasi Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Untuk mewujudkan komitmen konstitusi, pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak 1 Januari 2014, dan termasuk Kabupaten Kolaka yang selama ini belum pernah mencapai target capaian 100%.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Faktor Faktor yang berhubungan dengan Pencapaian Indikataor Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan di Puskesmas Kabupaten Kolaka.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain Cross Sectional Study. Penelitian ini dilaksanakan di seluruh Puskesmas Kabupaten Kolaka terdiri dari puskesmas Iwoimendaa, Wolo, Samaturu, Latambaga, Kolakaasi, Kolaka, Wundulako, Baula, Kukuito, Pomalaa, Tangketada, Polinggona, Watubangga dan Toari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai maret tahun 2023. Sampel penelitian ini yaitu 70 Responden dengan Metode pengambilan sampel Cluster Random sampling.
Hasil: Penelitian diketahui ada hubungan sedang antara pengetahuan dengan Capaian Kapitasi Berbasis Komitmen, ada hubungan lemah antara kemampuan dengan Capaian Kapitasi Berbasis Komitmen, ada hubungan lemah antara pendidikan dengan Capaian Kapitasi Berbasis Komitmen, ada hubungan sedang antara sikap dengan Capaian Kapitasi Berbasis Komitmen, ada hubungan lemah antara motivasi dengan Capaian Kapitasi Berbasis Komitmen, ada hubungan sedang antara reward dengan Capaian Kapitasi Berbasis Komitmen.
Kesimpulan: Penelitian menyimpulkan bahwa ada hubungan sedang antara pengetahuan dengan capaian kapitasi berbasis komitmen. Ada hubungan lemah antara kemampuan dengan capaian kapitasi berbasis komitmen. Ada hubungan lemah antara pendidikan dengan capaian kapitasi berbasis komitmen. Ada hubungan sedang antara sikap dengan capaian kapitasi berbasis komitmen. Ada hubungan lemah antara motivasi dengan capaian kapitasi berbasis komitmen.

References

1. Valentina, Mita Sari, Sandika TW. Tinjauan Penolakan Pada Klaim Pasien BPJS Kesehatan di RSUD Tanjung Pura. J Ilm Perekam dan Inf Kesehat Imelda. 2022;7(1):65–72.
2. Peraturan Menteri Kesehatan RI. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 75 TAHUN 2014. Vol. 55, Tetrahedron Letters. 2014. p. 3909.
3. Pohan M, Halim R. Analisis Ketersediaan Infrastruktur Kesehatan Dan Aksebilitas Terhadap Pembangunan Kesehatan Penduduk Di Provinsi Sumatera Utara. Media Neliti. 2015;1(2002):77–91.
4. Darmawan A, K E, E RN, W S, Realita E. KAJIAN CAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN (KBK) BPJS DI FKTP KOTA JAMBI. JMJ. 2020;8(1):75–83.
5. Arifa AFC. Influence of Prolanis Information and Time Conformity to Prolanis Use in Unair. J Adm Kesehat Indones. 2018;6(2):95–102.
6. BPJS Kesehatan. Kaleidoskop BPJS Kesehatan 2021 : Menutup Tahun dengan Kinerja Gemilang. BPJS Kesehatan. 2021;9.
7. Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018]. 2nd ed. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2019. 207 p.
8. Kementrian PPN/Bappenas. Bedah Anggaran Kesehatan. 2020. 1–88 p.
9. Ramdhani A. (PDF) Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. https://www.researchgate.net/publication/313842407_Konsep_Umum_Pelaksanaan_Kebijakan_Publik. 2017;11:12.
10. Adventus MRL, Jaya IMM, Mahendra D. Buku Ajar Promosi Kesehatan. 1st ed. 1, editor. Universitas Kristen Indonesia. Jakarta: UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA; 2020. 1–107 p.
11. Widyawati. Buku Ajar Promosi Kesehatan untuk Mahasiswa Keperawatan. 2020. 153 p.
12. Dewi DP, Harjoyo. Manajemen Sumber Daya Manusia. Umpam Press. 2019. 184 p.
13. Darmawan AS, Hamid D, Mukzam MD. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang). J Lentera Bisnis. 2019;8(1):1–9.
14. Ulfa HM. Analisis Unsur Manajemen dalam Pengolahan Rekam Medis di Rumah Sakit TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin. KESMARS J Kesehat Masyarakat, Manaj dan Adm Rumah Sakit. 2018;1(1):20–5.
15. Suwartini S. Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. J Pendidik Ke-SD-an. 2017;4(1):222.
16. Hiryanto. PEDAGOGI, ANDRAGOGI DAN HEUTAGOGI SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Din Pendidik. 2017;22:65–71.
17. Tahir A. Buku Ajar Perilaku Organisasi. 2014. 141 p.
18. Robbins SP. Perilaku organisasi. 2003;
19. Fahmil S, Dachi RA, Ginting D, Lina F. ANALISIS IMPLEMENTASI KAPITASI BERBASIS PEMENUHAN KOMITMEN PELAYANAN DI PUSKESMAS KABUPATEN LANGKAT. PREPOTIF J Kesehat Masy. 2022;6(April):24–41.
20. Manurung J. ANALISA CAPAIAN INDIKATOR KAPITASI BERBASIS KOMITMEN (KBK) PELAYANAN TERHADAP PEMBAYARAN DANA KAPITASI DI PUSKESMAS HUTABAGINDA KECAMATAN TARUTUNG KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2019. YAYASAN AKRAB PEKANBARU. 2021;6(2):189–200.
21. Pramesti MW. Motivasi : Pengertian, Proses dan Arti Penting dalam Organisasi. J Fak Ekon dan Ilmu Sos Univ Sultan Fatah Demak. 2017;19–38.
22. Pratama T. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Morowali Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. e J Katalogis. 2016;4 Nomor 8(1993):54–61.
23. Akbar S. Faktor yang mempengaruhi kinerja anggota organisasi. Jiaganis. 2018;3(2):1–17.
24. Khoeriyah GA, Mardiah I, Hidayati M. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Di Puskesmas Cikancung Dinas Kabupaten Bandung. J Ilm Indones. 2021;1(8):954–9.
25. Widaty D. Indikator Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Surabaya. J Adm Kesehat Indones. 2017;5(2):111–6.
26. Pratama IW, Sukarno G. Analisis Penilaian Kinerja , Reward , dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. J STEI Ekon. 2021;30(02):20–32.
27. Saprilliani, Ginting R, Girsang E. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Rujukan Pasien Peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Puskesmas Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai Tahun 2018. J Kesehat Masy dan Lingkung Hidup. 2018;1(1):1–15.
28. Kristijono A. Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan pada Puskesmas di Kota Semarang. J Rekam Medis dan Inf Kesehat. 2020;3(1):1–6.
Published
2023-06-08
How to Cite
Syam, A., Ratna Umi Nurlila, & Sartini Risky. (2023). Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Pencapaian Indikataor Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan di Puskesmas Kabupaten Kolaka. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(6), 1213-1226. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i7.3558