Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Vaginal Hygiene dengan Kejadian Keputihan Phatologis pada Wanita Usia Subur di wilayah kerja Puskesmas Rum Kota Tidore Kepulauan

Knowledge, Attitudes and Behavior of Vaginal Hygiene with events Pathological vaginal discharge in women of childbearing age in the working area of the Rum Health Center City of Tidore Islands

  • Nurdiana Lante Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate
  • Nurkila Suaib Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate
  • Istiana Asrari Bansu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku WUS, Keputihan

Abstract

Latar belakang: Keputihan (Fluor Albus) pada wanita usia subur masih menjadi salah satu masalah terkait kesehatan reproduksi, Keputihan yang berlebihan dapat menjadi gejala penyakit menular seksual. Kurangnya pengetahuan, sikap dan perilaku vaginal hygiene dapat mempengaruhi kejadian keputihan pada Wanita usia subur (WUS). Banyak wanita menganggap keputihan sebagai hal yang biasa sehingga tidak ditangani dengan baik, padahal dapat menimbulkan risiko terjadinya kanker leher rahim.

Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku wanita usia subur dengan kejadian keputihan pathologis pada wanita usia subur (WUS) di Kelurahan Rum Kota Tidore Kepulauan.

Metode: Jenis penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif, instrumen yang digunakan adalah kuesioner, Tekhnik sample dengan menggunakan Purposive sampling dan besar sampel adalah 60 WUS. Analisis statistic menggunakan uji Coefficient Contingency.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar responden (95%) berpengetahuan baik, (98,3%) responden bersikap positif dan (73,3%) responden dengan perilaku baik.

Kesimpulan: Hasil analisis Coefficient Contingency Tidak terdapat hubungan pengetahuan dengan kejadian keputihan (0,035), terdapat hubungan sikap (0,211) dan juga perilaku (0,707) dengan kejadian keputihan pada Wanita Usia Subur di wilayah Kerja Puskesmas Rum Kota Tidore Kepulauan.

References

Ayuningtyas DN, Suryaatmaja L. Hubungan antara pengetahuan dan perilaku menjaga kebersihan genitalia eksterna dengan kejadian keputihan pada siswi SMA Negeri 4 Semarang. Faculty of Medicine; 2011.

Ilmiawati H, Kuntoro K. Pengetahuan personal hygiene remaja putri pada kasus keputihan. J Biometrika dan Kependud (Journal Biometrics Popul. 2016;5(1):43–51.

Notoatmodjo S. Ilmu perilaku kesehatan. 2010;

Pradnyandari IAC, Surya IGNHW, Aryana MBD. Gambaran pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang vaginal hygiene terhadap kejadian keputihan patologis pada siswi kelas 1 di SMA Negeri 1 Denpasar periode Juli 2018. Intisari Sains Medis. 2019;10(1).

Putri NA, Setianingsih A. Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap perilaku personal hygiene mentruasi. J Ilmu Kesehat Masy. 2016;5(1):15–23.

Wawan A, Teori DM, Pengetahuan P. Sikap Dan Perilaku Manusia: Yogyakarta. Nuha Med. 2011;

Wulandari P, Muhartati M. Hubungan Perilaku Vulva Hygiene Dengan Kejadian Keputihan Patologi Pada Siswi Kelas X di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta; 2016.

Published
2023-05-08
How to Cite
Nurdiana Lante, Nurkila Suaib, & Istiana Asrari Bansu. (2023). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Vaginal Hygiene dengan Kejadian Keputihan Phatologis pada Wanita Usia Subur di wilayah kerja Puskesmas Rum Kota Tidore Kepulauan : Knowledge, Attitudes and Behavior of Vaginal Hygiene with events Pathological vaginal discharge in women of childbearing age in the working area of the Rum Health Center City of Tidore Islands. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 949-955. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3372