Penggunaan Meme Satir di Instagram sebagai Media Promosi Vaksinasi Booster Covid-19

Use of Satire Memes on Instagram as Media Promotion of Covid-19 Booster Vaccination

  • Happy Kusuma Mulya Departemen Epidemiologi, Biostatistika, Kependudukan, dan Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Indonesia
Keywords: Covid-19, Meme, Satir, Vaksin Booster

Abstract

Latar belakang: Salah satu pencegahan penularan Covid-19 adalah pemberian vaksinasi Covid-19 minimal 2 kali dosis wajib dan 1 dosis booster bagi masyarakat umum dan 2 dosis booster bagi tenaga kesehatan. Kebijakan ini menuai beragam reaksi dari masyarakat, di antaranya adalah sindiran terhadap regulasi baru tersebut. Keadaan ini dimanfaatkan oleh beberapa akun untuk menyampaikan edukasi terkait vaksinasi booster Covid-19 kepada khalayak umum, salah satunya adalah dengan meme satir. Meme satir merupakan konten audio visual yang khas dalam penggunaan gaya bahasa menyindir dan melibatkan humor.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas  dan penerimaan informasi dari meme satir sebagai sarana media promosi vaksinasi booster Covid-19.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling sebanyak 111 responden yang memenuhi kriteria dan mengisi kuesioner online. Penelitian dilakukan pada Juli – Agustus 2022. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik berdasarkan frekuensi dan persentase.

Hasil: Hasil penelitian menemukan sebanyak 75 responden (67,6%) setuju bahwa meme satir mempunyai probabilitas menjadi media promosi vaksinasi booster Covid-19 dan 70 responden (63,1%) setuju bahwa informasi terkait vaksinasi dalam meme satir dapat diterima dengan baik. Media sosial yang digunakan dalam keseharian responden untuk memperoleh informasi antara lain Instagram (88,3%), Whatsapp (82,0%), Twitter (59,5%), dan Tiktok (56,8%).

Kesimpulan: Meme satir dapat menjadi alternatif media baru dalam mempromosikan vaksinasi booster Covid-19 dengan penerimaan informasi yang baik. Penggunaan meme satir dapat digunakan tidak terbatas pada Instagram, tetapi juga media sosial lainnya.

 

References

World Health Organization. Coronavirus disease (COVID-19) [Internet]. 2021 [cited 2023 Jan 31]. Available from: https://who.int/health-topics/coronavirus

Wang X, Pasco RF, Du Z, Petty M, Fox SJ, Galvani AP, et al. Impact of Social DistancingMeasures on CoronavirusDisease Healthcare Demand,Central Texas, USA. Emerg Infect Dis. 2020;

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan COVID-19. 2020 Jun 19 [cited 2023 Jan 31]; Available from: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/KMK_No._HK.01.07-MENKES-382-2020_ttg_Protokol_Kesehatan_Bagi_Masyarakat_di_Tempat_dan_Fasilitas_Umum_Dalam_Rangka_Pencegahan_COVID-19.pdf

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Vaksin Dan Protokol Kesehatan Saling Melengkapi Sebagai Lapisan Proteksi [Internet]. 2021 [cited 2023 Jan 31]. Available from: https://covid19.go.id/p/berita/vaksin-dan-protokol-kesehatan-saling-melengkapi-sebagai-lapisan-proteksi

Centers of Disease Control and Prevention. COVID-19 Prevention Actions [Internet]. 2023 [cited 2023 Jan 31]. Available from: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Indonesia Launches First COVID-19 Vaccination Program. 2021.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization, United Nations Children’s Fund, World Health Organization. Survei Penerimaan Vaksin Covid-19 di Indonesia. 2020;

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Vaksinasi COVID-19 Nasional [Internet]. 2023 [cited 2023 Jan 31]. Available from: https://vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Tentang Vaksinasi COVID-19 [Internet]. 2023 [cited 2023 Jan 31]. Available from: https://covid19.go.id/tentang-vaksin-covid19

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum. 2023 Jan 20 [cited 2023 Jan 31]; Available from: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2023/01/SE-vaksinasi-booster.pdf

Tri Susdarwono E. The Effectiveness of Promotional Tools in Making Covid-19 Vaccination a Success:Hypothesis Testing Methods for Changing Cochran’s Version. Vol. 1, Jurnal Multidisiplin Indonesia. 2022.

Data Reportal. DIGITAL 2023: INDONESIA [Internet]. 2023 [cited 2023 Feb 12]. Available from: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Han X, Wang J, Zhang M, Wang X. Using social media to mine and analyze public opinion related to COVID-19 in China. Int J Environ Res Public Health. 2020 Apr 2;17(8).

Niknam F, Samadbeik M, Fatehi F, Shirdel M, Rezazadeh M, Bastani P. COVID-19 on Instagram: A content analysis of selected accounts. Heal Policy Technol. 2021 Mar 1;10(1):165–73.

Ulya F. Kapan Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat? Kemenkes: Selesaikan Dulu Booster Pertama. 2022 Aug 8 [cited 2023 Jan 31]; Available from: https://nasional.kompas.com/read/2022/08/08/23331931/kapan-vaksin-booster-kedua-untuk-masyarakat-kemenkes-selesaikan-dulu-booster

Kumar S, Preetha GS. Health promotion: An effective tool for global health. Indian J Community Med. 2012 Jan;37(1):5–12.

Muhsyanur M, Larisu Z, Sanulita H, Ertanti DW, Widada DM. Indonesian netizens expressions potentially satire with the COVID-19 pandemic on social media Facebook. Linguist Cult Rev. 2021 Dec 6;6(1):55–69.

Rumadi H, Rianda Saputra R. Satire Warganet on The Instagram Account Infia Fact [Internet]. Vol. 8, IJISET-International Journal of Innovative Science, Engineering & Technology. 2021. Available from: www.ijiset.com

Geniole SN, Bird BM, Witzel A, McEvoy JT, Proietti V. Preliminary evidence that brief exposure to vaccination-related internet memes may influence intentions to vaccinate against COVID-19. Comput Human Behav. 2022 Jun 1;131.

Hodson G, MacInnis CC. Derogating humor as a delegitimization strategy in intergroup contexts. Transl Issues Psychol Sci. 2016 Mar;2(1):63–74.

Jones JA. The masking effects of humor on audience perception of message organization. 2005.

Published
2023-07-01
How to Cite
Mulya, H. K. (2023). Penggunaan Meme Satir di Instagram sebagai Media Promosi Vaksinasi Booster Covid-19 : Use of Satire Memes on Instagram as Media Promotion of Covid-19 Booster Vaccination . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(7), 1315-1320. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i7.3369