Analisis Faktor Status Gizi Anak dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit

Factor Analysis of Children's Nutritional Status with the Incidence of Low Birth Weight in Hospitals

  • Santalia Banne Tondok Poltekkes Kemenkes Jayapura, Indonesia
  • Siti Rukayah STIKes PeRumah Sakit ada Husada Indonesia, Indonesia
  • Restu Iriani Akper Berkala Widya Husada, Indonesia
  • Kurniati Nawangwulan Akper Berkala Widya Husada, Indonesia
  • Yunike Poltekkes Kemenkes Palembang, Indonesia
  • M.Khalid Fredy Saputra STIKes Baitul Hikmah Bandar Lamping, Indonesia
  • Rahmat Pannyiwi STIKes Amanah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Syafri STIKes Amanah Makassar, Indonesia
Keywords: Status Gizi, Sosial Ekonomi, Riwayat Anak, Rumah Sakit

Abstract

Latar belakang: Bayi yang lahir dengan berat badan rendah akan mendapatkan kemungkinan untuk meninggal pada masa neonatal sekitar 20-30 kali dari pada bayi yang lahir dengan berat badan lahir normal. Insiden berat badan lahir rendah lebih tinggi pada ibu dan golongan sosial rendah yang biasanya mempunyai status gizi kurang atau buruk dan ibu hamil yang melakukan kerja fisik cukup berat..

Tujuan : Untuk menganalisis factor yang berhubungan dengan terjadinya berat badan lahir rendah di Rumah Sakit.

Metode: penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan case control study, dimana faktor risiko dipelajari dengan menggunakan pendekatan retrospektif. Kasus merupakan subjek dengan krakteristik efek positif sedangkan kontrol adalah subjek dengan krakteristik efek negative..

Hasil: Uji statistic dengan Crosstab chi-square didapatkan nilai X2(hit) = 0.001 > 0.05  yang menunjukkan Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara Status Gizi dengan kejadian berat badan lahir rendah di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar.

Kesimpulan: Riwayat Persalinan merupakan factor berhubungan yang signifikan  dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar karena ibu yang memiliki riwayat persalinan Berat Badan Lahir Rendah sebelumnya akan memiliki risiko yang lebih besar melahirkan Berat Badan Lahir Rendah pada persalinan berikutnya. Ada Hubungan Yang Signifikan  Social Ekonomi dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar karena ibu yang hamil yang berasal dari social ekonomi rendah cenderung akan memiliki status gizi yang kurang. Ada hubungan yang signifikan  status gizi  dengan Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar karena Status gizi dapat menunjukkan keseimbangan kebutuhan dan penggunaan zat-zat gizi oleh tubuh seorang ibu hamil.

References

Kristiana N, Juliansyah E. Umur, pendidikan, pekerjaan dan pengetahuan dengan kejadian berat badan lahir rendah (BBLR). J Ilm Ilmu Kesehat Wawasan Kesehat. 2017;4(1):7–14.

Sehat B, Sakit B. BAYI BERAT LAHIR RENDAH.

Gofur S. BERAT BADAN PADA BAYI BERAT LAHIR REDAH. J Holist Tradit Med. 2018;2(04):214–8.

Sari KP. Asfiksia Neonatorum Pada Bayi Berat Lahir Rendah. J Medula. 2013;1(02):102–7.

Akmal AF, Theresia EM. Rasio Prevalensi Berat Badan Lahir Rendah Terhadap Ikterus Neonatorum Dini Di Rsud Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta; 2020.

Kusparlina EP. Hubungan antara umur dan status gizi ibu berdasarkan ukuran lingkar lengan atas dengan jenis BBLR. J Penelit Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal Heal Res Forikes Voice"). 2016;7(1).

Listyani E. Hubungan Berat Badan Lahir Rendah (Bblr) Dengan Kejadian Asfiksia Neonatorum Di Rsud Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. 2014;

Ildayanti I, Nurhasanah N. ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. M DAN BY. NY. M DENGAN BBLR DAN ASFIKSIA SEDANG DI KABUPATEN KUBU RAYA. Polytechnic of’Aisyiyah Pontianak; 2020.

Rifa’i A, Riesmiyatiningdyah R, Annisa F, Diana M. ASUHAN KEPERAWATAN PADA By. Ny. L DENGAN DIAGNOSA MEDIS BERAT BAYI LAHIR RENDAH DI RUANG PERISTI RSUD BANGIL. Akademi Keperawatan Kerta Cendekia Sidoarjo; 2019.

Published
2023-04-03
How to Cite
Santalia Banne Tondok, Siti Rukayah, Restu Iriani, Kurniati Nawangwulan, Yunike, M.Khalid Fredy Saputra, Rahmat Pannyiwi, & Muhammad Syafri. (2023). Analisis Faktor Status Gizi Anak dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah di Rumah Sakit : Factor Analysis of Children’s Nutritional Status with the Incidence of Low Birth Weight in Hospitals . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 688-692. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3331