Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi terhadap Penggunaan Obat Influenza dan Batuk di Islamic Boarding School Ma’had Daarul Muhsin Man 2 Kota Palu

Level of Knowledge of Patients in the Use of Antibiotic Drugs at the Aafiyah Apitaik Pharmacy, East Lombok

  • Ririen Hardani Program Studi Farmasi, Universitas Tadulako Palu
  • Amelia Rumi Program Studi Farmasi, Universitas Tadulako Palu
  • Fikriani Program Studi Farmasi, Universitas Tadulako Palu
Keywords: Swamedikasi, Influenza dan Batuk, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Latar belakang: Swamedikasi adalah proses penyembuhan yang dilakukan secara mandiri terhadap penyakit ringan seperti batuk, influenza, demam, sakit kepala, sakit maag. Influenza dan batuk merupakan penyakit serta gejala pada saluran pernafasan dengan penularan melalui droplet sehingga sangat mudah tertular jika tidak ditangani dengan baik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden, tingkat pengetahuan dan perilaku swamedikasi influenza dan batuk terhadap Islamic Boarding Ma’had Daarul Muhsin MAN 2 Kota Palu serta hubungan antara kedua variabel tersebut

Metode: Desain penelitian ini yaitu observasional (noneksperimen) yang bersifat cross-sectional dengan teknik pengambilan data yaitu total sampling dengan memberikan kuesioner kepada responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Kuesioner terdiri dari 2 variabel yaitu pengetahuan yang terdiri dari definisi swamedikasi, jenis batuk, pentalaksana, penyebab, gejala dan pencegahan, sedangkan variabel perilaku meliputi swamedikasi, penatalaksana dan pencegahan terhadap swamedikasi influenza dan batuk di Islamic Boarding Ma’had Daarul Muhsin MAN 2 Kota Palu

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan responden dominan berumur 15 tahun (41%) yang berada pada kelas X dengan persentase 44%. Pada karakteristik jenis kelamin dominan responden adalah perempuan dengan persentase 66%. Sebagian besar responden paling banyak berasal dari Kota Palu dengan persentase 28. Responden sudah pernah mendapatkan infromasi mengenai penyakit influenza dan batuk dengan persentase 64%. Siswa Islamic Boarding Ma’had Daarul Muhsin MAN 2 Kota Palu didominasi tingkat pengetahuan baik (80%) dan didominasi perilaku baik (69%) terhadap swamedikasi influenza dan batuk. Sehingga didapatkan nilai Sig. (2- tailed) 0,002 dan nilai koefisien korelasi 0,238.

Kesimpulan: Maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif searah antar kedua variabel.

 

 

 

 

 

References

Sarmin, Hijrawati, Pertiwi. R., N. , Ningsi. C., Wulandari. W., and Tosepu. R., “Hubungan Iklim dengan Penyakit Influenza ,†Jurnal Kesehatan Lingkungan , vol. 17, no. 1, pp. 27–32, Jan. 2020.

WHO, “Influenza ,†Diperoleh dari website World Healt Organization : https://www/who/int/new-room/fact-sheet/detail/influenza-(seasonal), Aug. 17, 2022.

W. Sesari. T., “Ketetapan Swamedikasi Batuk Pada Pelajaran Sekolah Menengah Atas Non Kesehatan di Kecematan Pontianak ,†Jurnal publikasi, 2019.

F. Nuur, P. , T. Karesa, N. Helfionita, R. Ulina, and R. , A. Fitriana, “Analisis Perbandingan Tingkat Pengetahuan Swamedikasi pada Siswa SMK Kesehatan dengan SMA Non Kesehatan ,†Jurnal Farmasi Muhammadiyah Kuningan, vol. 7, no. 1, pp. 26–30, 2022.

H. Rachmawati, “Pengaruh Iklan Obat Flu di Televisi Terhadap Pemilihan Obat Secara Swamedikasi Pada Masyarakat di Malang,†2019.

S. Anwar, I. Salsabila, R. Sofyan, and Z. Amma, “Laki-laki atau Perempuan, Siapa yang Lebih Cerdas dalam Proses Belajar? Sebuah Bukti dari Pendekatan Anlisis Survival,†Jurnal Psikologi, vol. 18, no. 2, pp. 281–296, 2019.

Sutedi and Dedi, Mengenal Linguistik Kognitif. Bandung: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan, 2016.

L. A. Triani, H. Ih, and S. Rizkifani, “Analisis Hubungan Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku Swamedikasi Batuk selama Masa Pandemi Covid-19,†Journal Syifa Sciences and Clinical Research, vol. 4, 2022, doi: 10.37311/jsscr.v4i3.15669.

F. Nugrahaeni and M. Rahmawati, “Tingkat Pengetahua Terhadap Perilaku Swamedikasi Batuk Pada SMA Muhammadiyah 23 Jakarta,†Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal , vol. 4, no. 2, 2019.

Y. Mariella Delavega, L. Pratiwi, and S. Rizkifani, “Analisis Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Farmasi terhadap Swamedikasi Influenza,†Journal Syifa Sciences and Clinical Research, vol. 4, no. 2, pp. 263–274, Apr. 2022, doi: 10.37311/jsscr.v4i2.14024.

E. Efayanti, T. Susilowati, and I. , N. Imamah, “Hubungan Motivasi Dengan Perilaku Swamedikasi,†Jurnal Penelitian Perawat Profesional, vol. 1, no. 1, 2019.

R. Prabandaru, L. Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Gedung O-, and J. Lidah Wetan Sby Kode Pos, “Hubungan kompetensi dengan Kinerja Pamong Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SKB Gresik,†J+PLUS: JurnalMahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, vol. 11, no. 2, p. 105, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / , 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2014.

Published
2023-07-01
How to Cite
Ririen Hardani, Amelia Rumi, & Fikriani. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi terhadap Penggunaan Obat Influenza dan Batuk di Islamic Boarding School Ma’had Daarul Muhsin Man 2 Kota Palu : Level of Knowledge of Patients in the Use of Antibiotic Drugs at the Aafiyah Apitaik Pharmacy, East Lombok. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(7), 1332-1337. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i7.3276