Kendala Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan pada Penderita Hipertensi di Puskesmas : Literature Review

Obstacles to Implementation of Minimum Service Standards in the Health Sector for Hypertension Sufferers at Health Centers : Literature Review

  • Suci Ramadhani Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Dwi Sutiningsih Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Cahya Tri Purnami Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Keywords: Kendala, Hipertensi, Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, Puskesmas

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hipertensi merupakan pemicu utama penyakit kardiovaskular. SPM Bidang Kesehatan adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap WNI secara minimal. Untuk menjamin kualitas pelayanan dasar pada masyarakat, maka Puskesmas wajib mengimplementasikan standar pelayanan minimal bidang kesehatan. Namun, capaian SPM-BK pada penderita hipertensi di Puskesmas masih rendah.

Tujuan: Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan SPM-BK pada penderita hipertensi di Puskesmas.

Metode: Proses pencarian artikel dilakukan menggunaakan database Google Scholar dan Research Gate. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah literatur berupa original article yang terbit dalam waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2018-2022, artikel sesuai dengan topik literature review ini, artikel penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan berbagai pendekatan, free full text, open access, dan fokus pada kendala pelaksanaan SPM-BK pada penderita hipertensi di Puskesmas.

Hasil: Kendala dalam pelaksanaan SPM-BK pada penderita hipertensi di Puskesmas yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai, tenaga kesehatan yang kurang terlatih, pencatatan dan pengawasan tidak dilakukan secara berkala, kurangnya koordinasi antara lintas program dan lintas sektoral, jumlah SDM yang kurang, penjaringan sasaran belum optimal, dan faktor eksternal yaitu kesadaran masyarakat yang masih kurang.

Kesimpulan: Adanya kendala-kendala tersebut maka untuk mencapai target 100% berdasarkan Permenkes No.4 Tahun 2019 pada pelayanan dasar pada penderita hipertensi masih sulit untuk dicapai. Belum tercapainya SPM juga menjadi indikasi bahwa mutu pelayanan kesehatan pada penderita hipertensi di Puskesmas masih terbilang rendah.

 

References

WHO. Global Health Estimates 2016: Deaths by Cause, Age, Sex, by Country and by Region, 2000- 2016. Geneva: World Health Organization. 2018.

Bloch, M. J. Worldwide prevalence of hypertension exceeds 1.3 billion. Journal of the American Society of Hypertension: JASH. 2016;10(10), 753-754.

Riskesdas. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018.

Kementrian Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Indonesia; 2019.

Subekti, A. Analisis Faktor-Faktor Kendala di Dalam Penyelanggaraan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di UPT Puskesmas Palengaan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 2021;9(2).

Mursyid, F., Ahri, R. A., & Suharni, S. Sistem Pelaksanaan Layanan Penderita Hipertensi Dan Diabetes Mellitus Terhadap Peningkatan Capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Puskesmas: Service Implementation System for Patients with Hypertension and Diabetes Mellitus to Improve Minimum Service Standards (SPM) in Primary Health Care (Puskesmas). Journal of Muslim Community Health. 2022;3(1), 1-10.

Yanti, I. D. Implementasi Peraturan Pemerintah Tentang Standar Pelayanan Minimal di Puskesmas Panglayungan Kota Tasikmalaya. Actual Research Science Academic. 2020;5(1), 210-220.

Maula, I. N. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal pada Penderita Hipertensi. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 4). 2020;799-811.

Fitri, A. S., Sriatmi, A., & Nandini, N. Penataksanaan Hipertensi Pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru. LINK, 17(2). 2021;105-112.

Zudi, M., Suryoputro, A., & Arso, S. P. Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. 2021;8(2), 165-179.

Juita, I., & Elfindri, E. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) Oleh Penderita Hipertensi di Puskesmas Agam Barat Kabupaten Agam Tahun 2022. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan. 2022;2(2), 1-9

Herlina, H., & Yosephi, V. Perancangan Sistem Informasi Puskel Unit Layanan Puskesmas Binanga Mamuju Berbasis Web. Journal Peqguruang, 1(1). 2019;16-20.

Anindya, P. A., Jati, S. P., & Nandini, N. Upaya Menerapkan Standar Pelayanan Minimal di Bidang Kesehatan Berdasarkan Indikator Pelayanan Kesehatan Hipertensi di Puskesmas Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2020;10(2), 30-33.

Indriono, A. Implementasi Standar Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Minimal Kesehatan di Kota Pekalongan. Pena Justisia: Media Komunikasi dan Kajian Hukum. 2020;19(1).

Rahmadani, A. N., Surjoputro, A., & Budiyanti, R. T. Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Penderita Diabetes Mellitus Di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip). 2021;9(2), 149-156.

Nurfikri, A., Supriadi, S., & Al Aufa, B. Evaluasi Pelayanan Posbindu Penyakit Tidak Menular di Wilayah Kerja Puskesmas Jagasatru Kota Cirebon Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. 2020;3(1).

Utami, G. E., Dwimawati, E., & Pujiati, S. Evaluasi Pelaksanaan Program Penyakit hipertensi Di Puskesmas Bogor Utara Kota Bogor Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. PROMOTOR. 2021;4(2), 134-144.

Asri, A. C., & Budiono, I. Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development). 2019;3(4), 556-567.

Habibi, Nurdiyanah, Surahmawati, & Chaerunnisa, N. Gambaran Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Fungsi Manajemen Pada Program Pengendalian Penyakit Menular Di Puskesmas Tamangapa Makassar Tahun 2016. Al-Shihah : Public Health Science Journal. 2016;43-54.

Virdasari, E., A, S. P., & F, E. Y. Analisis Kegiatan Pendataan Keluarga Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Kota Semarang (Studi Kasus pada Puskesmas Mijen). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 2018;5-6.

Rahmah, L., & Parinduri, S. K. Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Pengendalian Diabetes Melitus Di Puskesmas Bogor Utara Kota Bogor Tahun 2019. PROMOTOR. 2020;3(3), 269-281.

Published
2023-04-03
How to Cite
Suci Ramadhani, Dwi Sutiningsih, & Cahya Tri Purnami. (2023). Kendala Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan pada Penderita Hipertensi di Puskesmas : Literature Review: Obstacles to Implementation of Minimum Service Standards in the Health Sector for Hypertension Sufferers at Health Centers : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 553-560. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3209