Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan Hipertensi Lansia di Posyandu Mawar VII Adiarsa Barat, Karawang Barat

The Effect of Health Education Using Poster Media on Increasing Knowledge of Elderly Hypertension at Posyandu Mawar VII west Adiarsa, west Karawang

  • Siti Nurhasanah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Linda Riski Sefrina Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rini Harianti Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Peningkatan Pengetahuan, Hipertensi, Poster

Abstract

Latar belakang: Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan utama dunia, penyelesaian terintegrasi dapat menjadi pilihan untuk menekan angka permasalahan hipertensi di Indonesia karena masalah gizi tidak hanya dapat diselesaikan oleh sektor kesehatan saja (intervensi spesifik) tetapi juga diselesaikan oleh sektor diluar kesehatan (intervensi sensitif). Faktor yang diyakini menjadi salah penyebab sulitnya menekan angka hipertensi adalah tingkat pengetahuan yang rendah. Banyak penelitian terkait determinan tingkat pengetahuan yang berpengaruh terhadap proses pengendalian hipertensi, namun tidak banyak penelitian ada penelitian yang mengidentifikasi pengaruh media poster dalam peningkatan pengetahuan lansia.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Hipertensi lansia di posyandu mawar VII di Adiarsa Barat, Karawang Barat.

Metode: Design penelitian yang digunakan adalah One Groups Pretest Postest dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Populasi yang digunakan adalah masyarakat berusia 30-80 tahun yang tercatat di posyandu mawar VII Adiarsa Barati. Terdapat 14 responden yang akan dijadikan sebagai sampel. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Paired Sample T-Test dan Uji Independent Sample T-Test menggunakan SPSS

Hasil: Hasil uji statistik diperoleh selisih rata –rata pengetahuan sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan dengan media poster pada kelompok kelompok kontrol adalah 3,35 dengan standar deviasi adalah 10,24 dan pada kelompok intervensi adalah 4,67 dengan standar deviasi 6,71. Hasil uji statistik paired samples T-tes didapatkan nilai p value =0,000 dimana nilai p value < 0,005 maka HA diterima.

Kesimpulan: Studi ini menyatakan bahwa Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dengan hasil uji statistik yang menunjukan hasil yang signifikan yaitu 0,000< 0,005.        

References

Yanti R, Harleni H, Regita LN. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN MANAJEMEN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DAN LANSIA WANITA USIA 55-64 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG KOTA SUNGAI PENUH. Ensiklopedia J. 2022;5(1):320–7.

Wahyuni A, Juwita L, Rahmiwati R, Oktorina R. Pendidikan kesehatan tentang hipertensi dan terapi komplementer. J Community Heal Dev. 2021;2(2):27–31.

Asih F, Ulya Z, Iskandar A. Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi. J Keperawatan Soedirman. 2017;12(1).

Hafid MA. Hubungan Riwayat Hipertensi Dengan Kejadian Stroke Di Rsup Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2012. J Kesehat. 2014;7(1).

Wijayanto W, Satyabakti P. Hubungan tingkat pengetahuan komplikasi hipertensi dengan keteraturan kunjungan penderita hipertensi usia 45 tahun ke atas. J Berk Epidemiol. 2014;2(1):24–33.

Sari IPTP. Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. J Pendidik Jasm Indones. 2013;9(2).

Yuwono GA, Ridwan M, Hanafi M. Pengaruh pendidikan kesehatan tentang hipertensi terhadap tingkat kecemasan pada penderita hipertensi di kabupaten magelang. J Keperawatan Soedirman. 2018;12(1):55–66.

Wongsawat S. Integrating Posters And Actual-Sized Fruit Models In Health Education On Fruit Diets For Elderly Patients. Int J Arts Sci. 2015;8(3):717.

Sumartono S, Astuti H. Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi J Ilm Ilmu Komun. 2018;15(1).

Panjaitan DJ, Firmansyah F. Pelatihan Pengolahan Data Statistik Dengan Menggunakan SPSS. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. 2018. p. 38–45.

Fadlia W, Sudirman S, Baculu EPH. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MABELOPURA KOTA PALU. J Kolaboratif Sains. 2019;2(1).

Pratami F, Dewi R, Musiana M. Perbedaan pengetahuan pasien penderita hipertensi sebelum dan sesudah diberikan konsultasi gizi. J Ilm Keperawatan Sai Betik. 2017;12(1):58–65.

JUARIAH AAN. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN HIPERTENSI PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIMANGGUNG KABUPATEN SUMEDANG. 2018;

Priyanto A, Abdillah A, Zaitun T. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIPERTENSI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN AUDIO VISUAL PADA PASIEN HIPERTENSI. Nurs Updat J Ilm Ilmu Keperawatan P-ISSN 2085-5931 e-ISSN 2623-2871. 2021;12(3):105–18.

Published
2023-08-02
How to Cite
Nurhasanah, S., Linda Riski Sefrina, & Rini Harianti. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan Hipertensi Lansia di Posyandu Mawar VII Adiarsa Barat, Karawang Barat : The Effect of Health Education Using Poster Media on Increasing Knowledge of Elderly Hypertension at Posyandu Mawar VII west Adiarsa, west Karawang. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1568-1572. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.3175