Efektivitas Pemasaran melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien di Rumah Sakit : Literature Review

Marketing Effectiveness through Social Media in Increasing Patient Visits at Hospitals : Literature Review

  • Reynaldi Fattah Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Depok 16424, Indonesia
  • Mardiati Nadjib Departemen Administrasi Kebijakan Kesehatan, Universitas Indonesia, Depok 16424, Indonesia
Keywords: Media Sosial, Marketing, Rumah Sakit

Abstract

Latar Belakang: Wabah virus COVID-19 menyebabkan penurunan kunjungan pasien rawat jalan maupun rawat inap dan mengakibatkan penurunan tingkat okupansi rumah sakit. Hal ini membuat rumah sakit kesulitan menutupi biaya operasional rumah sakit. Penyusunan strategi yang tepat untuk memulihkan kondisi rumah sakit perlu dilakukan. Salah satunya dengan mendorong sarana promosi kreatif dengan media sosial. Di masa pandemi media sosial semakin diminati dan menjadi sarana masyarakat untuk mencari informasi seputar kesehatan. Media sosial sangat efektif dalam mempromosikan segala sesuatu karena mudah dioperasikan, gratis, dan memiliki pangsa pasar yang besar. Bagi fasilitas pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit, kehadiran media sosial berpotensi memperluas jangkauan organisasi, mendukung permintaan pasien dalam membuat janji temu kunjungan, serta meningkatkan citra dan reputasi rumah sakit.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemasaran melalui media sosial dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien di rumah sakit semasa pandemi COVID-19 yaitu tahun 2019 – 2022.

Metode: Kajian sistematis ini menggunakan metode PRISMA mengkaji artikel yang dipublikasi pada tahun 2019 hingga 2022 melalui database pencarian Google Scholar dan PubMed. Sumber artikel penelitian didapatkan menggunakan kata kunci “social media account†dikombinasikan dengan kata kunci “hospital†dan “patient visitâ€.

Hasil: Sebanyak 7 artikel dipilih untuk kajian sistematis. Hasilnya diklasifikasikan dan dilaporkan berdasarkan dua kategori, yaitu jenis platform dan efektivitasnya dalam meningkatkan kunjungan pasien. Jenis platform yang paling sering digunakan adalah Facebook kemudian diikuti dengan Instagram dan Twitter. Sedangkan manfaat terpenting adalah meningkatkan kepekaan merek (brand awareness) dan mempengaruhi minat kunjungan pasien.

Kesimpulan: Media sosial memungkinkan pasien untuk berkontribusi dalam pengetahuan, pengalaman pribadi, dan umpan balik tentang operasional rumah sakit. Kepuasan pasien akan menyebar ke kolega mereka dan efek ini tidak dapat dilakukan melalui iklan.

References

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Data Sebaran Indonesia [internet]. 2022 [cited 2022 Dec 4] available from: https://covid19.go.id/.

Ariyani, A. Kajian Kemandirian Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Bidang Kesehatan Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Online Internasional & Nasional [internet]. 2022;7(1):311–322. Available at: http://jist.publikasiindonesia.id/index.php/ji st/article/view/108.

Zeho, F. H., Setyowati, E. and Hermawan, R. The Impact of Pandemic Covid-19 on The Performance of Regional Public Hospital Based Approach to Balanced Scorecard In RSUD “ X â€. Jurnal Sosial dan Humaniora. 2020;23(3):194–199.

Synhorst, D.C., Bettenhausen, J.L., Hall, M., Thurm, C., Shah, S.S., Auger, K.A., Williams, D.J., Morse, R. and Berry, J.G. Healthcare Encounter and Financial Impact of COVID-19 on Children's Hospitals. Journal of Hospital Medicine [internet]. 2021;16(4):223-226. Available from: https://doi.org/10.12788/jhm.3572

DataReportal. Digital 2022: Indonesia [internet]. 2022 [cited 2022 Dec 4], availeble from: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Aniza, N. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Agung Manggarai. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Jakarta; 2015.

Griffis HM, Kilaru AS, Werner RM, Asch DA, Hershey JC, Hill S, Ha YP, Sellers A, Mahoney K, Merchant RM. Use of Social Media Across US Hospitals: Descriptive Analysis of Adoption and Utilization. Journal of Medical Internet Research [internet]. 2014;16(11):264. Available from: http://www.jmir.org/2014/11/e264/.

Alshaalan HS, AlTamimi LA, Alshayie RA, Alsuhaibani AH. The Impact of Social Media Accounts on Periocular Cosmetic Surgeries. Saudi Journal of Ophthalmology: Official Journal of The Saudi Ophthalmological Society [internet]. 2021;35(3):251–256. Available from: https://doi.org/10.4103/SJOPT.SJOPT_14_21

Sihombing BI, Fachrodji A. The influence of social media promotion activities and e-WOM on treatment decision meditating by brand awareness of EMC Tangerang Hospital. International Journal of Research and Review. 2021; 8(2): 492-504.

Putri BY, Syah TY, Hilmy M. How A Social Media and Word Of Mouth Escalating The Brands: Case Study at Cipondoh Healthy Pregnancy Clinic. Journal of Multidisciplinary Academic [internet]. 2021; 5(3);272-279. Available from: http://www.kemalapublisher.com/index.php/JoMA/article/download/596/583

Al Sarkhy A. Social Media Usage Pattern and Its Influencing Factors Among Celiac Patients and Their Families. Saudi Journal of Gastroenterology: Official Journal of The Saudi Gastroenterology Association [internet]. 2020;26(2):99-104. Available from: https://doi.org/10.4103/sjg.SJG_495_19

Dorfman RG, et al. Google Ranking of Plastic Surgeons Values Social Media Presence Over Academic Pedigree and Experience. Aesthetic Surgery Journal [internet]. 2019;39(4):447–451. Available from: https://doi.org/10.1093/asj/sjy285

Yulhasmida, Yacob S, dan Lubis TA. Patients Visiting Intention: A Perspective of Internal and Social Media Marketing in Kambang Jambi Hospital. Journal of Business Studies and Management Review (JBSMR) [internet]. 2019;2(2):143-153. Available from: https://doi.org/10.22437/jbsmr.v2i2.7226

Heskiano, Yanuar T, Hilmy MR. Social Media Marketing Relations, Brand Awareness to Brand Loyalty Through The Brand Image. Journal of Multidisciplinary Academic [internet]. 2020;4(4):208-214. Available from: https://www.kemalapublisher.com/index.php/JoMA/article/view/472

Siswanto T. Optimalisasi Sosial Media sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. J Liq [Internet]. 2013;2(1):80–86. Available from: http://www.ojs.itb-ad.ac.id/index.php/LQ/article/view/134

Published
2023-04-03
How to Cite
Fattah, R., & Nadjib, M. (2023). Efektivitas Pemasaran melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien di Rumah Sakit : Literature Review: Marketing Effectiveness through Social Media in Increasing Patient Visits at Hospitals : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 545-552. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3173