Mekanisme Koping dan Intensitas Nyeri Haid pada Remaja Putri di SMKN 1 Lumut
Coping Mechanisms and Intensity of Menstrual Pain in Young Girls at SMKN 1 Lumut
Abstract
Latar belakang: Angka kejadian nyeri dismenore di dunia sangat besar. Rata-rata lebih dari 50% perempuan di setiap Negara mengalami nyeri menstruasi. Upaya penanganan nyeri haid yang dilakukan dengan berbagai macam, yang digolongkan pada kategori adaptif dan mal adaptif yang dapat berdampak pada aktifitas penderita.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk mekanisme koping dan intensitas nyeri haid pada remaja.di SMK N 1 Lumut tahun 2022.
Metode: Penelitian dilakukan menggunakan desain crossectional yang melibatkan 67 remaja. Lokasi penelitian di SMK N 1 Lumut, Tapanuli Tengah. Uji statistik menggunakan Fisher exact test..
Hasil: Hasil penelitian diperoleh mekanisme koping remaja mayoritas Adaptif sebesar 59.7% dan intensitas nyeri haid mayoritas ringan sebesar 62,7%. Hasil uji statistik menyatakan ada hubungan mekanisme koping dengan intensitas nyeri haid pada remaja di SMK N 1 Lumut tahun 2022, dengan nilai p-value 0.00.
Kesimpulan: Mekanisme koping yang dilakukan remaja sejalan dengan intensitas nyeri yang dialami oleh remaja, dimana pada penelitian ini menunjukkan bahwa remaja kebanyakan pada tingkatan nyeri ringan sehingga remaja masih dapat beraktifitas seperti biasa dan melakukan penanganan yang terencana dan berpikir positif mengenai sakit yang dirasakan.
References
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya. Jakarta; 2010.
Dewi. Memahami Perkembangan Fisik Remaja. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2012.
Janiwarty B dan PHZ. Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya. Yogyakarta: Rapha Publishing; 2013.
Kumbhar SK et. al. Prevalence of dysmenorrrhea among adolenscent Girls ( 14-19Yrs ) Of Kadapa District and Its Impact On Quality Of Life : A Cross Sectional Study. National Journal Of Community Medicine. 2011;2:265–8.
Fritz and Speroff. Clinical Gynecologic Endrocrinology and Infertility. Lippincott Williams & Wilkins. 2011;5:79–83.
Syafriani S. Hubungan Status Gizi dan Umur Menarche dengan Kejadian Dismenore pada Remaja Putri di SMAN 2 Bangkinang Kota tahun 2020. Jurnal Ners. 2021;5(1):32–7.
Andriyani A. Panduan Kesehatan Wanita. Surakarta: As-salam Publisher; 2013.
Ogunfowokan AA& BOA. Management of primary dysmenorrhea by school adolescentsin ile-ife, nigeria. The Journal ofSchool Nursing Onlinefirst. 2010;
Yuniarti.T . Rejo dan Handayani.T. Hubungan TingkatPengetahuan Mahasiswa Semester I Tentang Menstruasi denganPenanganan Dismenore. JKeM-U. 2012;4(12):18–25.
Stuart GW. Buku Saku Keperawatan Jiwa. . 5th ed. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2013.
Lestari Hesti, MJane, dan SDY. Gambaran Dismenorea pada Remaja Putri Sekolah Menengah Pertama di Manado. 2010;12(1):8–15.
Nani D, IC, & GK. Hubungan Mekanisme Koping dengan Dismenore pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan FKIK Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Kesmas Indonesia. 2017;3(1):34–46.
Potter P. Fundamental Of Nursing: Consep, Proses and Practice. 7th ed. Vol. 3. Jakarta: EGC; 2010.
Manuaba. Buku ajar penuntun kuliah ginekologi. Jakarta: CV Trans Info Media; 2010.
Natalia. Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Intensitas Nyeri Menstruasi (Dysmenorrhea) Pada Siswi Kelas X Di Smk Ypib Majalengka Kabupaten Majalengka Tahun 2018. Jurnal Kampus STIKes YPIB Majalengka. 2019;7(1):27–37.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.