Pengaruh Edukasi Gizi melalui Media KIE Gizi terhadap Pengetahuan Hipertensi pada Penderita Hipertensi : Literature Review

The Effect of Nutrition Education through KIE Nutrition Media on Hypertension Knowledge in Hypertension Sufferers : Literature Review

  • Syifa Nur Azizah S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rini Harianti S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Hipertensi, Media KIE, Penderita Hipertensi, Pengetahuan

Abstract

Latar belakang: Penderita hipertensi di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data terakhir Riskesdas tahun 2018,  menjadi 34,1% dibandingkan tahun 2013 sebesar 25,8%. Peningkatan Prevalensi Hipertensi tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan mengenai hipertensi. Dampak dari kurangnya pengetahuan tentang hipertensi adalah sebagian besar penderita tidak mengetahui apa itu hipertensi, apa penyebabnya, atau seperti apa pola makan yang sehat bagi penderita hipertensi. Banyak pasien yag tidak menyadari terjadinya komplikasi hipertensi. Upaya peningkatan pengetahuan pada penderita hipertensi diperlukan dengan melakukan pendidikan gizi melalui Media KIE Gizi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui media KIE gizi terhadap pengetahuan hipertensi pada penderita hipertensi.

Metode: Artikel ini disajikan dalam bentuk literature review dengan dilakukan melalui pencarian jurnal pada database Google Scholar mengenai literatur yang berkaitan dengan judul kajian ini dan melakukan pencarian di Sinta untuk mengetahui akreditasi jurnal. Kajian secara naratif dilakukan terhadap beberapa artikel penelitian asli yang terbit  dalam  kurun  waktu  sepuluh  tahun  terakhir  pada  jurnal  nasional  dan  dapat  diakses  secara  terbuka (Open Access).

Hasil: Hasil Kajian  menunjukkan bahwa  terdapat  pengaruh  edukasi  gizi  melalui  media  KIE Gizi terhadap pengetahuan hipertensi pada penderita hipertensi. Media KIE Gizi menyajikan gambar, suara, tulisan yang jelas yang dikemas dengan menarik sehingga materi lebih mudah dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi melalui media KIE gizi efektif memberikan pengaruh peningkatan pengetahuan hipertensi pada penderita hipertensi.

References

Sundari, L., & Bangsawan, M. (2015). Faktor-faktor yang kejadian hipertensi berhubungan dengan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. 11(2), 216–223.

WHO. 2018. Global Healt Estimates 2016: Deaths by Cause, Age, Sex, by Country and by Region, 2000-2016. Geneva: World Health Organization

Kemenkes, R. I. Hasil utama RISKESDAS 2018. Online. 2018.

Pratiwi, 2010. Pengaruh Penyuluhan Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Penderita Hipertensi. http://digilib.unimus.ac.id/

Dewi M, 2010. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Jakarta: Nuha Medika

Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwati, R., Bidjuni, H., & Babakal, A. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Klien Hipertensi Di Puskesmas Bahu Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 108004.

Mahmudah U, Sari SP. Pengaruh Penggunaan Media Cakram Gizi Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Konsumsi Buah dan Sayur. Ilmu Gizi Indonesia. 2020; 3(2):155-162.

Angela, N., & Kurniasari, R. (2021). Efektivitas Media Poster Dan Podcast Terhadap Penderita Hipertensi. Jurnal GIZIDO, 13(1), 7–14.

Novrianti, E., Ikhsan, & Rahmawati, S. (2022). Pengaruh Edukasi melalui Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Hipertensi di Puskesmas Sambirejo. Jurnal Mitra Raflesia. 14 (2)

Priyanto, S., Abdillah, A., & Zaitun, T. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Hipertensi Menggunakan Media Poster Dan Audiovisual Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan. 12 (3), 105-116

Firmawati, E. 2015. Pengaruh blog edukatif tentang hipertensi terhadap pengetahuan tentang hipertensi dan perilaku diet hipertensi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta.IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices) 1(2): 99-108

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Zakiyatul, U., 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster Pengetahuan Manajemen Hipertensi pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan (online). Universitas Jenderal Soedirman.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008)

Setiawan, G. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Tumut Sumbersari Moyudan Sleman. Respiratory Unjaya.

Fernalia dkk. (2019). Efektivitas Metode Edukasi Audioisual Terhadap Self Management Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari 3 (1):221-233.

Kustandi, Cecep & Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Bonini, T. (2015). The Second Age of Podcasting: Reframing Podcasting as a New Digital Mass Medium. Quaderns Del CAC 41 18(July): 21–30

Fauzi, R., & Harfan, I. A. (2020). Implikasi Podcast di Era New Media. Communicative : Jurnal Komunikasi Dan Dakwah, 1(2), 72.

Published
2023-05-08
How to Cite
Azizah, S. N., Ratih Kurniasari, & Rini Harianti. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi melalui Media KIE Gizi terhadap Pengetahuan Hipertensi pada Penderita Hipertensi : Literature Review : The Effect of Nutrition Education through KIE Nutrition Media on Hypertension Knowledge in Hypertension Sufferers : Literature Review . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 807-813. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3158