Pengaruh Edukasi Gizi melalui Media KIE Gizi terhadap Pengetahuan Hipertensi pada Penderita Hipertensi : Literature Review
The Effect of Nutrition Education through KIE Nutrition Media on Hypertension Knowledge in Hypertension Sufferers : Literature Review
Abstract
Latar belakang: Penderita hipertensi di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data terakhir Riskesdas tahun 2018, menjadi 34,1% dibandingkan tahun 2013 sebesar 25,8%. Peningkatan Prevalensi Hipertensi tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan mengenai hipertensi. Dampak dari kurangnya pengetahuan tentang hipertensi adalah sebagian besar penderita tidak mengetahui apa itu hipertensi, apa penyebabnya, atau seperti apa pola makan yang sehat bagi penderita hipertensi. Banyak pasien yag tidak menyadari terjadinya komplikasi hipertensi. Upaya peningkatan pengetahuan pada penderita hipertensi diperlukan dengan melakukan pendidikan gizi melalui Media KIE Gizi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui media KIE gizi terhadap pengetahuan hipertensi pada penderita hipertensi.
Metode: Artikel ini disajikan dalam bentuk literature review dengan dilakukan melalui pencarian jurnal pada database Google Scholar mengenai literatur yang berkaitan dengan judul kajian ini dan melakukan pencarian di Sinta untuk mengetahui akreditasi jurnal. Kajian secara naratif dilakukan terhadap beberapa artikel penelitian asli yang terbit dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir pada jurnal nasional dan dapat diakses secara terbuka (Open Access).
Hasil: Hasil Kajian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi gizi melalui media KIE Gizi terhadap pengetahuan hipertensi pada penderita hipertensi. Media KIE Gizi menyajikan gambar, suara, tulisan yang jelas yang dikemas dengan menarik sehingga materi lebih mudah dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi melalui media KIE gizi efektif memberikan pengaruh peningkatan pengetahuan hipertensi pada penderita hipertensi.
References
Sundari, L., & Bangsawan, M. (2015). Faktor-faktor yang kejadian hipertensi berhubungan dengan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik. 11(2), 216–223.
WHO. 2018. Global Healt Estimates 2016: Deaths by Cause, Age, Sex, by Country and by Region, 2000-2016. Geneva: World Health Organization
Kemenkes, R. I. Hasil utama RISKESDAS 2018. Online. 2018.
Pratiwi, 2010. Pengaruh Penyuluhan Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Penderita Hipertensi. http://digilib.unimus.ac.id/
Dewi M, 2010. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Jakarta: Nuha Medika
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwati, R., Bidjuni, H., & Babakal, A. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Klien Hipertensi Di Puskesmas Bahu Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 108004.
Mahmudah U, Sari SP. Pengaruh Penggunaan Media Cakram Gizi Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Konsumsi Buah dan Sayur. Ilmu Gizi Indonesia. 2020; 3(2):155-162.
Angela, N., & Kurniasari, R. (2021). Efektivitas Media Poster Dan Podcast Terhadap Penderita Hipertensi. Jurnal GIZIDO, 13(1), 7–14.
Novrianti, E., Ikhsan, & Rahmawati, S. (2022). Pengaruh Edukasi melalui Media Audiovisual terhadap Pengetahuan Pasien Hipertensi di Puskesmas Sambirejo. Jurnal Mitra Raflesia. 14 (2)
Priyanto, S., Abdillah, A., & Zaitun, T. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadap Tingkat Pengetahuan Hipertensi Menggunakan Media Poster Dan Audiovisual Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan. 12 (3), 105-116
Firmawati, E. 2015. Pengaruh blog edukatif tentang hipertensi terhadap pengetahuan tentang hipertensi dan perilaku diet hipertensi pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta.IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices) 1(2): 99-108
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Zakiyatul, U., 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Poster Pengetahuan Manajemen Hipertensi pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan (online). Universitas Jenderal Soedirman.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media Group, 2008)
Setiawan, G. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Tumut Sumbersari Moyudan Sleman. Respiratory Unjaya.
Fernalia dkk. (2019). Efektivitas Metode Edukasi Audioisual Terhadap Self Management Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari 3 (1):221-233.
Kustandi, Cecep & Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Bonini, T. (2015). The Second Age of Podcasting: Reframing Podcasting as a New Digital Mass Medium. Quaderns Del CAC 41 18(July): 21–30
Fauzi, R., & Harfan, I. A. (2020). Implikasi Podcast di Era New Media. Communicative : Jurnal Komunikasi Dan Dakwah, 1(2), 72.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.