Efektivitas Layanan dan Karakteristik Responden yang dapat Meningkatkan Kepuasan Pengguna Telemedicin : Literature Review

The Effectiveness of Respondents' Services and Characteristics that can Improve Telemedicine User Satisfaction : Literature Review

  • Nadiya Arawinda Andar Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Yuliani Setyaningsih Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
  • Luky Dwiantoro Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro
Keywords: Efektivitas Layanan, Karakteristik Responden, Kepuasan, Telemedicine

Abstract

Latar Belakang: Masyarakat sebagai pengguna pelayanan kesehatan masih mengeluhkan ketidakpuasan pelayanan yang telah diterimanya. Padahal kepuasan pasien merupakan aspek utama yang dapat menjadi faktor pertumbuhan akselerasi pada bidang Kesehatan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efektivitas layanan dan karakteristik responden layanan terhadap kepuasan pasien pengguna telemedicine.

Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan studi literatur dengan kata kunci pencarian, yaitu: layanan, pasien, kepuasan, dan telemedicine. Artikel didapatkan dari berbagai macam sumber literatur seperti Google Scholar dan ScienceDirect.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 (delapan belas) literatur yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi determinan kepuasan pasien telemedicine dalam efektivitas pelayanan, antara lain: kemampuan pelayanan (50%), kesesuaian spesifikasi (16,6%), kinerja (16,6%), fitur tambahan (11,1%), perceived quality (5,5%), dan reliability (11,1%).

Kesimpulan: Faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pengguna telemedicine adalah faktor kesesuaian spesifikasi dan keistimewaan tambahan yang masing-masing mendapatkan presentase 16,6%.

References

Addin Q, Marchaban M, Sumarni S. Analisis GAP Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Menggunakan Metode SERVQUAL. Maj Farm. 2021;17(2):217–24.

Arifin M, Sumitri, Lestari Y. Kolmogorov Sminorv. J Ilm Kesehat. 2013;V(2).

Baskoro RR, Arvianto A, Rinawati DI. Ungaran. 2016;

Widuri A, Noor HZ. Upaya peningkatan layanan konsultasi kesehatan dengan telemedicine. 2021;5(2):1194–201.

Wicaksono AS, Setianto B. Layanan Telemedicine Rumah Sakit Islam Surabaya sebagai Upaya dalam Menurunkan Kasus Covid 19. 2022;5(2):292–301.

Siboro MD, Surjoputro A, Budiyanto RT. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pulau Jawa. 2021;9(September):613–20.

Syed F, Hassan M, Shehzad A, Shafi S, Ali M, Susan R, et al. Clinical eHealth The establishment of a telemedicine center during the COVID-19 pandemic at a tertiary care hospital in Pakistan. Clin eHealth. 2022;4(2021):50–3.

Rose M, Borg D, Camilleri L, Schembri A, Agius E, Buhagiar K, et al. International Journal of Infectious Diseases A novel use of telemedicine during the COVID-19 pandemic. Int J Infect Dis. 2021;103:182–7.

Nogueira J, Grasa C, Ots C, Alonso L, Falces-romero I, Calvo C, et al. Telemedicine follow-ups for COVID-19 : Experience in a tertiary hospital ଠ, à¬à¬. 2021;95:336–44.

Lengkong SG, Bawono B, Masyarakat K, Indonesia U. Optimalisasi Telemedicine untuk Menegakkan Diagnosis sebagai Inovasi Pelayanan Rumah Sakit selama Pandemi COVID ‑ 19 : Tinjauan Sistematis Optimizing Telemedicine to Establish Diagnosis as an Innovation for Hospital Services during the COVID ‑ 19 Pandemic. 2022;7(2):111–8.

Hanna GM, Fishman I, Edwards DA, Shen S, Gilligan C. PRIMARY CARE & HEALTH SERVICES SECTION Brief Research Report Development and Patient Satisfaction of a New Telemedicine Service for Pain Management at Massachusetts General Hospital to the Island of Martha ’ s Vineyard. 2016;1658–63.

Wang X, Zhang Z, Zhao J, Shi Y. Impact of Telemedicine on Healthcare Service System Considering Patients ’ Choice. 2019;2019.

Maia MR, Castela E, Pires A, Lapão LV. How to develop a sustainable telemedicine service ? A Pediatric Telecardiology Service 20 years on - an exploratory study. 2019;5:1–16.

Putri CA, Yahya ES, Kania R, Kunci K. Sikap dan Niat Perilaku Generasi Milenial dalam Adopsi Platform Telemedicine untuk Layanan Konsultasi Kesehatan Mental. 2021;4–5.

Fananni RAN, Wigati PA, Nandini N. Analisis Aspek Konteks , Input , Proses , Produk Pelayanan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : Rumah Sakit Ortopedi. 2022;10(April).

Lubis ZI. Analisis Kualitatif Penggunaan Telemedicine sebagai Solusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia pada Masa Pandemik. 2020;

Nuroctaviani A, Satia EP, Sonia D, Ganesha PP. Analisis penggunaan telemedicine pada pendaftaran rekam medis klinik pratama medika antapani. 2021;1(269):910–6.

Asyari DP. Tren Penggunaan Telemedicine Sebagai Solusi Awal Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. 2022;1(1).

Surya NT, Nurul S. BISNIS KESEHATAN BERBASIS DIGITAL : PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL TELEMEDICINE Digital-Based Health Buisness : Perceived Usefulness of intention to Use digital Telemedicine Applications. J Ilm Mns dan Kesehat. 2022;5(2).

Dan L, Selama T. Perbedaan tingkat kepuasan ibu hamil pendampingan langsung dan telemedicine selama pandemi covid-19. 2021;10(04):191–6.

Yulaikah N, Artanti Y. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Telemedicine saat Pandemi COVID-19. Bus Innov Entrep J. 2022;4(1):1–11.

Published
2023-01-13
How to Cite
Nadiya Arawinda Andar, Yuliani Setyaningsih, & Luky Dwiantoro. (2023). Efektivitas Layanan dan Karakteristik Responden yang dapat Meningkatkan Kepuasan Pengguna Telemedicin : Literature Review: The Effectiveness of Respondents’ Services and Characteristics that can Improve Telemedicine User Satisfaction : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 37-42. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i2.3043