Efektivitas Layanan dan Karakteristik Responden yang dapat Meningkatkan Kepuasan Pengguna Telemedicin : Literature Review
The Effectiveness of Respondents' Services and Characteristics that can Improve Telemedicine User Satisfaction : Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Masyarakat sebagai pengguna pelayanan kesehatan masih mengeluhkan ketidakpuasan pelayanan yang telah diterimanya. Padahal kepuasan pasien merupakan aspek utama yang dapat menjadi faktor pertumbuhan akselerasi pada bidang Kesehatan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efektivitas layanan dan karakteristik responden layanan terhadap kepuasan pasien pengguna telemedicine.
Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan studi literatur dengan kata kunci pencarian, yaitu: layanan, pasien, kepuasan, dan telemedicine. Artikel didapatkan dari berbagai macam sumber literatur seperti Google Scholar dan ScienceDirect.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 18 (delapan belas) literatur yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi determinan kepuasan pasien telemedicine dalam efektivitas pelayanan, antara lain: kemampuan pelayanan (50%), kesesuaian spesifikasi (16,6%), kinerja (16,6%), fitur tambahan (11,1%), perceived quality (5,5%), dan reliability (11,1%).
Kesimpulan: Faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pengguna telemedicine adalah faktor kesesuaian spesifikasi dan keistimewaan tambahan yang masing-masing mendapatkan presentase 16,6%.
References
Addin Q, Marchaban M, Sumarni S. Analisis GAP Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Menggunakan Metode SERVQUAL. Maj Farm. 2021;17(2):217–24.
Arifin M, Sumitri, Lestari Y. Kolmogorov Sminorv. J Ilm Kesehat. 2013;V(2).
Baskoro RR, Arvianto A, Rinawati DI. Ungaran. 2016;
Widuri A, Noor HZ. Upaya peningkatan layanan konsultasi kesehatan dengan telemedicine. 2021;5(2):1194–201.
Wicaksono AS, Setianto B. Layanan Telemedicine Rumah Sakit Islam Surabaya sebagai Upaya dalam Menurunkan Kasus Covid 19. 2022;5(2):292–301.
Siboro MD, Surjoputro A, Budiyanto RT. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pulau Jawa. 2021;9(September):613–20.
Syed F, Hassan M, Shehzad A, Shafi S, Ali M, Susan R, et al. Clinical eHealth The establishment of a telemedicine center during the COVID-19 pandemic at a tertiary care hospital in Pakistan. Clin eHealth. 2022;4(2021):50–3.
Rose M, Borg D, Camilleri L, Schembri A, Agius E, Buhagiar K, et al. International Journal of Infectious Diseases A novel use of telemedicine during the COVID-19 pandemic. Int J Infect Dis. 2021;103:182–7.
Nogueira J, Grasa C, Ots C, Alonso L, Falces-romero I, Calvo C, et al. Telemedicine follow-ups for COVID-19 : Experience in a tertiary hospital ଠ, à¬à¬. 2021;95:336–44.
Lengkong SG, Bawono B, Masyarakat K, Indonesia U. Optimalisasi Telemedicine untuk Menegakkan Diagnosis sebagai Inovasi Pelayanan Rumah Sakit selama Pandemi COVID ‑ 19 : Tinjauan Sistematis Optimizing Telemedicine to Establish Diagnosis as an Innovation for Hospital Services during the COVID ‑ 19 Pandemic. 2022;7(2):111–8.
Hanna GM, Fishman I, Edwards DA, Shen S, Gilligan C. PRIMARY CARE & HEALTH SERVICES SECTION Brief Research Report Development and Patient Satisfaction of a New Telemedicine Service for Pain Management at Massachusetts General Hospital to the Island of Martha ’ s Vineyard. 2016;1658–63.
Wang X, Zhang Z, Zhao J, Shi Y. Impact of Telemedicine on Healthcare Service System Considering Patients ’ Choice. 2019;2019.
Maia MR, Castela E, Pires A, Lapão LV. How to develop a sustainable telemedicine service ? A Pediatric Telecardiology Service 20 years on - an exploratory study. 2019;5:1–16.
Putri CA, Yahya ES, Kania R, Kunci K. Sikap dan Niat Perilaku Generasi Milenial dalam Adopsi Platform Telemedicine untuk Layanan Konsultasi Kesehatan Mental. 2021;4–5.
Fananni RAN, Wigati PA, Nandini N. Analisis Aspek Konteks , Input , Proses , Produk Pelayanan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus : Rumah Sakit Ortopedi. 2022;10(April).
Lubis ZI. Analisis Kualitatif Penggunaan Telemedicine sebagai Solusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia pada Masa Pandemik. 2020;
Nuroctaviani A, Satia EP, Sonia D, Ganesha PP. Analisis penggunaan telemedicine pada pendaftaran rekam medis klinik pratama medika antapani. 2021;1(269):910–6.
Asyari DP. Tren Penggunaan Telemedicine Sebagai Solusi Awal Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. 2022;1(1).
Surya NT, Nurul S. BISNIS KESEHATAN BERBASIS DIGITAL : PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL TELEMEDICINE Digital-Based Health Buisness : Perceived Usefulness of intention to Use digital Telemedicine Applications. J Ilm Mns dan Kesehat. 2022;5(2).
Dan L, Selama T. Perbedaan tingkat kepuasan ibu hamil pendampingan langsung dan telemedicine selama pandemi covid-19. 2021;10(04):191–6.
Yulaikah N, Artanti Y. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Telemedicine saat Pandemi COVID-19. Bus Innov Entrep J. 2022;4(1):1–11.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.