Implementasi Penggunaan Sosial Media dalam Program Promosi Kesehatan di Puskesmas Kota Enrekang

Implementation of the Use of Social Media in the Health Promotion Program at the City Health Center of Enrekang

  • Devy Febrianti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Zulkarnain Sulaiman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Mardhatillah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Sunandar Said Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Khaeriyah Adri Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Pratiwi Ramlan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Implementasi, Sosial Media, Promosi Kesehatan

Abstract

Latar belakang: Puskesmas merupakan peranan penting dalam mencapai program Indonesia Sehat. Peningkatan pelayanan puskesmas sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui kegiatan program promosi kesehatan erat kaitannya dengan media yang digunakan salah satuya adalah sosial media pada program promosi kesehatan.

Tujuan: Untuk mengetahui implementasi penggunaan sosial media di Puskesmas Kota Enrekang.

Metode: Penelitian kualitatif dilakukan dengan pendekatan studi kasus, Teknik yang digunakan dalam penentuan informan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam.

Hasil: Pada input, program promosi kesehatan menggunakan media sosial dianggap cukup efektif , pada process, pelaksanaan program promosi kesehatan terlaksana sesuai dengan perencanaannya  jika dilakukan diawal tahun namun terdapat beberapa perencanaan yang sudah ditetapkan sering tidak sesuai di lapangan, dan tidak semua SDM terlibat dalam program promosi kesehatan. Pada output, program berjalan sesuai tujuan yang direncanakan tetapi belum ada indicator capaian sehingga belum bisa terlaksananya evaluasi secara optimal.

Kesimpulan: Diharapkkan kepala puskesmas lebih memahami mengenai manajemen puskesmas dan koordinasi dalam menentukan suatu perencanaan serta tenaga promosi kesehatan lebih serius dalam peningkatan pelayanan promosi kesehatan terkhusus pada program berbasis sosial media.

References

Giuseppe F. Social Media and Health Promotion. Ethical Approaches to Marketing: Positive Contributions to Society. 2021;167–88.

Levin-Zamir D, Bertschi I. Media health literacy, Ehealth literacy, and the role of the social environment in context. Int J Environ Res Public Health. 2018;15(8):1–12.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. 2014.

Brennan Linda, Annika Molenaar, Anouk Sherman, Shinyi Chin, Mike Reid HT& TM. It Takes a Village: Co-creation and Co-design for Social Media Health Promotion.

Fitriani, Sinta. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2011. 87 p.

Setyawati R, Suriana I, Balikpapan N, Balikpapan PN, Balikpapan N. PELATIHAN PEMBUATAN. 2019;01.

Chen J, Wang Y. Social media use for health purposes: Systematic review. Journal of Medical Internet Research. 2021;23(5):1–16.

Harrison D, Wilding J, Bowman A, Fuller A, Nicholls SG, Pound CM, et al. Using YouTube to Disseminate Effective Vaccination Pain Treatment for Babies. Hejtmancik JF, editor. PLoS One. 2016 Oct 3;11(10):e0164123.

Jin Y, Austin L, Vijaykumar S, Jun H, Nowak G. Communicating about infectious disease threats: Insights from public health information officers. Public Relations Review. 2019 Mar;45(1):167–77.

Yang Q. Are Social Networking Sites Making Health Behavior Change Interventions More Effective? A Meta-Analytic Review. Journal of Health Communication. 2017 Mar 4;22(3):223–33.

Shaw RJ, Johnson CM. Health Information Seeking and Social Media Use on the Internet among People with Diabetes. Online Journal of Public Health Informatics. 2011 Jun 22;3(1).

Anggriani I, Ermy Wijaya ) ;, Suwarni ) ;, Soleh A, Nurzam ) ; Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Pada Warga Pulai Payung Kelurahan Surabaya Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu). Vol. 1, Jurnal Dehasen Untuk Negeri. 2022.

Notoatmodjo, Soekidjo. Promosi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2012.

Bacigalupe G. Is there a role for social technologies in collaborative healthcare? Families, Systems, & Health. 2016 Mar;29(1):1–14.

Skinner HA, Maley O, Norman CD. Developing Internet-Based eHealth Promotion Programs: The Spiral Technology Action Research (STAR) Model. Health Promotion Practice. 2016 Oct 21;7(4):406–17.

Melzner J, Heinze J, Fritsch T. Mobile Health Applications in Workplace Health Promotion: An Integrated Conceptual Adoption Framework. Procedia Technology. 2017;16:1374–82.

W. E , Maibach & J.A F. The Role Of Media Across Four Levels Of Health Promotion Intervention. 2020;10:181–201.

Evers KE et. al. The Use of the Internet for Health Promotion. The Art of Health Promotion. eHealth Promotion. 2016;

Korda H, Itani Z. Harnessing Social Media for Health Promotion and Behavior Change. Health Promotion Practice. 2018 Jan 10;14(1):15–23.

Brusse C et. al. Social Media and Mobile Apps for Health Promotion in Australian Indigenous Populations: Scoping Review. J Med Internet Res. 2019;16(12):1.

Zhou, Lina Et al. Harnessing social media for health information management. Electronic Commerce Research and Applications. 2018;27:139–51.

Published
2023-04-03
How to Cite
Devy Febrianti, Sulaiman, Z., Mardhatillah, Sunandar Said, Khaeriyah Adri, & Pratiwi Ramlan. (2023). Implementasi Penggunaan Sosial Media dalam Program Promosi Kesehatan di Puskesmas Kota Enrekang : Implementation of the Use of Social Media in the Health Promotion Program at the City Health Center of Enrekang. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 621-626. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3030