Upaya Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Bahaya Narkoba dan Pencegahannya pada Calon Duta Pelajar Anti Narkoba (DPAN)
Efforts to Increase Knowledge About the Dangers of Drugs and Their Prevention in Anti-Drug Student Ambassador Candidates (DPAN)
Abstract
Latar belakang: Kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya terutama pada remaja. Penyebarluasan informasi tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba merupakan salah satu cara yang dianggap strategis untuk memberantasnya. Duta Pelajar Anti Narkoba (DPAN) Sumatera Utara merupakan salah satu wadah yang dapat dijadikan sebagai pendekatan untuk melakukan sosialisasi kepada rekan sebaya mengenai bahaya dan pencegahan narkoba, untuk itu DPAN nantinya dituntut untuk memiliki keterampilan komunikasi serta pemahaman yang baik mengenai narkoba. Dalam upaya meningkatkan pengetahuan calon DPAN 2022 maka dilakukanlah intervensi berupa pemberian materi terkait narkoba dan pencegahannya
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi yang dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan calon DPAN Sumatera Utara 2022 sebagai role model bagi rekan sebayanya.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental menggunakan pre-posttest design.
Hasil: Sebelum dilakukan intervensi didapatkan rerata sebesar 69,01 dan 79,4 setelah dilakukan intervensi. Artinya terdapat peningkatan rerata sebesar 10,39
Kesimpulan: Ada pengaruh intervensi yaitu pemberian materi terkait narkoba dan pencegahannya terhadap peningkatan pengetahuan calon DPAN 2022.
References
Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. Jakarta : UMM Pres.
Pusat Penelitian, Data, dan I., & Indonesia BNNR (2022). Survei Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2021 [Internet]. Jurnal Latihan. 2022. Available from: http://www.jurnal.stan.ac.id/index.php/JL/article/view/557
Humas BNN, 2021, Data Statistik Kasus Narkoba, dalam https://puslitdatin.bnn.go.id/portfolio/data-statistik-kasus-narkoba/
Humas BNN, 2019, Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat, dalam https://bnn.go.id/pengertian-narkoba-danbahaya-narkoba-bagi-kesehatan/
Apandi, Yusuf. 2010. Katakan Tidak pada NARKOBA. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Adamchak, S. E. (2006). Youth Peer Education in Reproductive Health and HIV/AIDS: Progress, Process, and Programming for the Future, Youth Issues Paper 7. Arlington, VA: Family Health International.
Santrock, J. W. (2008). Motor, sensory, and perceptual development. A topical approach to life-span development. McGraw-Hill Higher Education, Boston, 172-205.
FHI. (2002). FAQs: Peer Education. Retrieved 15 Februari, 2012, from http:// www.fhi360.org/en/youth/youthnet/faqs/ faqspeered.htm
Afrima, A. 2011. Akseptabilitas dan Pemanfaatan Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) pada siswa SMU Di Kota Bima NTB. Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.
Engkus E, Hikmat H, Saminnurahmat K. Perilaku Narsis pada Media Sosial di Kalangan Remaja dan Upaya Penanggulangannya. J Penelit Komun. 2017;20(2):121–34.
Sari DM. Peran Kader Anti Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Pelajar Oleh Badan Narkotika Nasional Surabaya. J PROMKES. 2018;5(2):128.
Sampurno MBT, Kusumandyoko TC, Islam MA. Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i. 2020;7(5).
Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Wibowo M, Gustina E, Widi Hastuti SK. Upaya Meningkatkan Pengetahuan Pendidik Sebaya Pusat Informasi Konseling Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. JPPM (Jurnal Pengabdi dan Pemberdaya Masyarakat). 2020;4(2):187.
Solehati, T., Rahmat, A., & Kosasih, C. E. (2019). Hubungan media dengan sikap dan perilaku TRIAD kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(1), 40–53.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Lisa Tenriesa M. 2009. Pengetahuan dan Sikap Siswa Siswi MAN Model Kota Makassar Terhadap Penyalahgunaan Narkoba
Hutauruk AJB. Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Sepren. 2020;2(1):45.
Armina, S., & Wulandari, F. (2021). Perbandingan Media Pembelajaran Daring Beserta Kendala di Dunia Perkuliahan. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 5(1), 2829 - 2838. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/367
Bambang. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Narkoba Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Narkoba Di Sma Santa Carolus Medan. J Keperawatan Flora. 2016;IX(2):17–28.
Mohammad, A. dkk. (2007). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:Media Grafika
Darmiati (2008). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan tidakan terhadap penyalahgunaan narkoba.
Nurmala, Ira [et al.]. Promosi Kesehatan. 2018. Surabaya:Airlangga University Press
Khoradiyah, Hafiza, dkk. Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan Tentang Infeksi Menular Seksual Pada Wanita Pekerja Seks Tidak Langsung. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 5(1), Januari 2018, ISSN No 2355 5459
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.