Pengaruh Pelaksanaan Edukasi Gizi Seimbang Melalui Sosial Media bagi Remaja : Literature Review
The Effect of Education About Balanced Nutrition Through Social Media on Balanced for Adolescents : Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Masa remaja merupakan fase dimana remaja cenderung memerhatikan penampilan tubuh atau citra tubuh namun hal ini dapat berdampak negatif terhadap status gizi yaitu berpotensi menimbulkan masalah gizi kurang. Untuk mencapai tujuan tersebut remaja melakukan diet yang tidak sesuai dengan anjuran gizi seimbang. Informasi mengenai diet “instan†bisa didapatkan dari sosial media sehingga diperlukan sajian konten media sosial tentang gizi seimbang untuk memberikan edukasi kepada remaja.
Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui sosial media terhadap pengetahuan gizi seimbang.
Metode: Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik mengumpulkan data mencari jurnal menggunakan kata kunci : “pengetahuan giziâ€, “remajaâ€, “gizi seimbangâ€, “media edukasi gizi†pada google scholar dengan database SINTA (Science and Technology Index).
Hasil: Edukasi gizi seimbang melalui twitter, website, dan instagram secara siginifikan meningkat Tingkat efektivitas media sosial sebagai media informasi gizi seimbang dapat diketahui dari daya tarik remaja untuk mendapatkan informasi gizi seimbang.
Kesimpulan: Sosial media dapat dimanfaatkan sebagai wadah edukasi sudah dibuktikan dalam seluruh penelitian dalam kajian literatur review ini. Edukasi gizi seimbang yang dilakukan melalui twitter, instagram, website, dan whatsapp menunjukkan hasil yang baik terhadap skor median pengetahuan gizi seimbang. Dapat diketahui pengaruh edukasi melalui sosial media efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi seimbang remaja.
References
Intantiyana M, Widajanti L, Rahfiludin M. Z. Hubungan Citra Tubuh, Aktivitas Fisik Dan Pengetahuan Gizi Seimbang Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Putri Gizi Lebih Di SMA Negeri 9 Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(5):404–12.
Merita M, Hamzah N, Djayusmantoko D. Persepsi Citra Tubuh, Kecenderungan Gangguan Makan Dan Status Gizi Pada Remaja Putri Di Kota Jambi. J Nutr Coll. 2020;9(2):81–6.
Wati DK, Sumarmi S. Citra Tubuh Pada Remaja Perempuan Gemuk Dan Tidak Gemuk : Studi Cross Sectional Body Image Among Overweight and Non overweight Adolescent Girls : A Cross Sectional Study. 2017;044:398–405.
Oktaviani I. Keputusan Diet dan Pengaruh Media Sosial Menggunakan Pendekatan Critical Medical Anthropology. J Kaji Ruang Sos. 2019;3(2):4–13.
Kemenkes RI KRI. Pedoman Gizi Seimbang. Stikes Perintis; 2019.
Krisdiani AF, Sufyan DL, Ilmi IMB, Syah MNH. Pengaruh Edukasi Melalui Twitter Thread Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Remaja di SMP Harjamukti Depok. Ikesma. 2020;16(2):95.
Yani A. PERMAINAN EDUKASI MONOPOLI TUBERKOLOSIS. 2017;
Rusdi FY, Helmizar H, Rahmy HA. Pengaruh edukasi gizi menggunakan instagram terhadap perubahan perilaku gizi seimbang untuk pencegahan anemia pada remaja putri di SMAN 2 Padang. J Nutr Coll. 2021;10(1):31–8.
Edukasi P, Melalui G, Bertema I, Pilar E, Seimbang G, Pengetahuan T, et al. PONTIANAK NUTRITION JOURNAL http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/PNJ/index Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Instagram Bertema Empat Pilar Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Remaja Putra. 2022;5(September):211–5.
SIREGAR MH, KOERNIAWATI RD. Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada Siswa Madrasah Aliyah Di Kabupaten Bogor. COMMUNITY J Pengabdi Kpd Masy. 2021;1(1):16–9.
Ainiyah N. Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. J Pendidik Islam Indones. 2018;2(2):221–36.
Yani A. HAZARDS OF DRUGS THROUGH THE SOCIAL MEDIA. http://www.ahmad-yani.com/2017/12/23/kampanyekan-bahaya-narkoba-melalui-media-sosial/. 2017;
Siregar H. Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila J Keindonesiaan. 2022;(1):71–82.
Kurniawan RN, Wijaya I, Yani A. Konstruksi Sosial Remaja Pecandu Game Online di Kota Makassar. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2021;4(1):110–5.
Khoirunnisa S, Kurniasari R, Sefrina LR, Gizi PS, Kesehatan FI, Barat J. PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN THREAD TWITTER TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SAAT PANDEMI COVID-19 THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEOS . AND THREADS OF TWITTER THREADS ON NUTRITION KNOWLEDGE DURING COVID- 19 PANDEMIC. 2022;18(4).
Perdana F, Madanijah S, Ekayanti I. Pengembangan media edukasi gizi berbasis android dan website serta pengaruhnya terhadap perilaku tentang gizi seimbang siswa sekolah dasar. J Gizi dan Pangan. 2017;12(3):169–78.
Lathifa S, Mahmudiono T. Pengaruh Media Edukasi Gizi Berbasis Web Terhadap Perilaku Makan Gizi Seimbang Remaja Sma Surabaya the Effect of Web-Based …. Mgk J. 2019;4(August):4–9.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.