Korelasi Antara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Diare pada Anak di Desa Ulee Buket Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara

Correlation Between Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) Against Diarrhea in Children in Ulee Buket Village, Tanah Luas District, North Aceh Regency

  • Nurliah Program Studi DIV Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darussalam Lhokseumawe Aceh
Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, (PHBS), Diare pada Anak

Abstract

Latar belakang: Derajat kesehatan masyarakat sangat ditentukan oleh berbagai faktor yang saling mendukung satu sama lain. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. Penyakit yang timbul akibat rendahnya PHBS dapat mengakibatkan rendahnya derajat kesehatan Indonesia dan rendahnya kualitas hidup sumber daya manusia.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi Korelasi antara Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) terhadap diare pada anak  Desa Ulee Buket Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara Tahun 2021.

Metode: Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan desain penelitian adalah cross sectional. Penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 52 orang dengan kriteria berusia 10-12 tahun, bisa membaca dan menulis, responden ada saat penelitian dilakukan, dan bersedia menjadi reponden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariar menggunakan chi-square.

Hasil: Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan hasil bahwa untuk variabel PHBS dengan kejadian diare pada anak Desa Ulee Buket Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara banyak memiliki penerapan PHBS yang baik, dengan di peroleh nilai (p = 0,000) yang menunjukkan angka < a = 0,05, sehingga dapat disimpulkan hipotesa kerja diterima, menunjukkan ada PHBS dengan kejadian diare pada anak Desa Ulee Buket Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara Tahun 2021.

Kesimpulan: Ada Korelasi antara Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) terhadap diare pada anak  di Desa Ulee Buket Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara Tahun 2021. Selain itu, saran yang diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan lebih lanjut penelitian tentang korelasi antara PHBS terhadap kejadian diare, sehingga berguna untuk melakukan penelitian di masa yang akan datang.

References

Hidayat AA. Metode penelitian kesehatan paradigma kuantitatif. Health Books Publishing; 2015.

Nursalam D. Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika; 2014.

Depkes RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014. Jakarta. 2016.

DepKes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2010. http. 2015.

Taufik. Macam-Macam Infeksi. Jakarta Bina Rupa Aksara. 2011;

Depkes RI. Profil kesehatan indonesia. Jakarta Depertemen Republik Indones. 2009;

Wojtanowski J, Zygmunt M, Kopczyński K, Muzal M, Knysak P, Młodzianko A. Optical stand-off detection of biological and chemical hazards—Prospects and concerns. In: 2018 Baltic URSI Symposium (URSI). IEEE; 2018. p. 100–5.

Depkes RI. Depkes RI,. In 2018.

Apriani L, Gazali N. Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. J Keolahragaan. 2018;6(1):20–8.

Notoatmodjo S, Krianto T, Hassan A, Mamdy Z. Promosi kesehatan global. 2013;

Depkes RI. Profil kesehatan Indonesia tahun 2013. Jakarta Depkes RI. 2014;

Adams D. Der Elektrische Mönch: Dirk Gently’s Holistische Detektei Roman. Vol. 1. Heyne Verlag; 2015.

Brunner S. Textbook of medical surgical nursing. Edisi ke-1. USA: Lippincott; 2010.

Published
2023-01-13
How to Cite
Nurliah. (2023). Korelasi Antara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Diare pada Anak di Desa Ulee Buket Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara: Correlation Between Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) Against Diarrhea in Children in Ulee Buket Village, Tanah Luas District, North Aceh Regency. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 83-88. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i1.2913