Resistensi Sosial terhadap Vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Jeneponto

Social Resistance Against Covid 19 Vaccination in Jeneponto Regency

  • Hardianto Haris Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti Makassar
  • Rama Nur Kurniawan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti Makassar
  • Ivan Wijaya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Resistensi Sosial, Vaksinasi, Covid19, James Scott

Abstract

Latar Belakang: Kabupaten Jeneponto dalam penerimaan vaksinasi covid 19 telah mengalami kegagalan capaian, yang dimana pemerintah telah menargetkan vaksinasi 90% namun capaian vaksinasi 68,07% per Januari 2022, kegagalan capaian vaksinasi di Kabupaten Jeneponto dikarenakan dua faktor yakni faktor struktural maupun kultural. Faktor kultural meliputi rendahnya kepatuhan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan, serta upaya pembangkangan terhadap peraturan-peraturan. Sedangkan faktor struktural antara lain disebabkan kekurang sigapan pemerintah dalam upaya merespon penyebaran covid-19.

Masih ada masyarakat yang menolak divaksin dengan berbagai alasan seperti ragu terhadap efektivitas vaksin, ketidakpercayaan terhadap vaksin, kekhawatiran adanya efek samping hingga alasan keagamaan atau kehalalan vaksin. Bentuk resistensi masyarakat terhadap vaksin tersebut tidak hanya beredar pada bisik-bisik antar warga dan ranah pribadi lainnya, tetapi juga beredar melalui media sosial dan juga whatsapp group

Tujuan: Mendiskripsikan bentuk resistensi sosial terhadap vaksinasi covid 19 di Kabupaten Jeneponto dengan menggunakan teori James Scott.

Metode: Metode kualitatif dengan tahapan pertama yakni melakukan identifikasi sasaran pada beberapa orang yang belum melakukan vaksinasi covid 19 di kabupaten Jeneponto. Tahapan kedua peneliti melakukan segmentasi usia pada kelompok yang belum melakukan vaksinasi covid 19. Tahapan ketiga adalah melakukan pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipasi dan diskusi kelompok terarah pada beberapa informan yang telah terjaring dan dianggap representative untuk 6 jumlah Kecamatan di Kabupaten Jeneponto. Jumlah informan diperkirakan sekitar 15-20 orang dengan karakteristik Pendidikan SMA/sederajat dan dari Diploma atau Sarjana.

Hasil: Faktor penyebab terjadinya resistensi sosial terhadap vaksinasi covid 19 di Jeneponto Kurangnya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat di Kabupaten Jeneponto tentang vaksinasi covid 19 menyebabkan masyarakat minim pengetahuan tentang manfaat vaksinasi covid 19. Pemerintah hanya banyak melakukan himbauan dalam bentuk pemberitaan di berbagai media media online. Pemerintah berharap dengan adanya pemberitaan di media media online masyarakat akan mengikuti program vaksinasi covid 19 dan tidak perlu lagi mensosialisasikannya secara langsung kepada masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak membaca arahan arahan pemerintah yang dilakukan lewat media media online sehingga tidak mempedulikan pesan yang disampaikan oleh pemerintah tersebut.

Kesimpulan: Terdapat dua jenis resistensi sosial terhadap vaksinasi covid 19 di Kabupaten Jeneponto, resistensi secara tertutp dan resistensi secara terbuka, resistensi secara terbuka telah dilakukan oleh orang orang yang telah berpendidikan strata dua dan strata satu, hal ini terjadi dikarenakan tidak percaya terhadap keberadaan covid 19 sehingga tidak percaya pula pada vaksinasi covid 19, sementara resistensi sosial secara tertutup di dominasi oleh masyarakat yang tamatan SMA dengan cara engganan dalam mendukung  program vaksinasi covid 19, ketidakikutsertaan dalam kegiatan vaksinasi covid 19, dan berlambat-lambat dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid 19.

References

Rachma Ida, Kinashi, Edukasi Sebagai Upaya Mengurangi Resistensi Terhadap Vaksinasi Covid 19, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, (2021)

Azizah, Armoyu, The Public Resistance, Anachronism, and the Role of Religious Elite: Mitigation Spread of Covid-19 in Pesantren, Proceedings of the 5th International Conference on Islamic Studies (ICONIS) 2021

Algahtani, Fahad DMohamed Ali Alzain, Najoua Haouas, Khadijah Angawi, Bandar Alsaif, Adel Kadri, Mohamed A. Dkhil, Mejdi Snoussi, and Rafat Zrieq. “Coping during Covid-19 Pandemic in Saudi Community: Religious Attitudes, Practices and Associated Factors.†International Journal of Environmental Research and Public Health, 2021. https://doi.org/10.3390/ijerph18168651

García LF. Immune Response, Inflammation, and the Clinical Spectrum of COVID-19. Front Immunol. 2020;11 (June):4–8.

Komorina, Utami, 2017. Resistensi Masyarakat Kelurahan Gunung Anyar Kecamatan Gunung Anyar Surabaya Tentang Rencana Pembangunan Apartemen Dan Mall, Paradigma. Volume 05 Nomer 01 Tahun 2017.

Projab 2021, Resistensi Vaksin Tetap Ada Meskipun Ada Pesan Projab, Universitas AMIKOM Purwakerto.

Suryaningrat 2021, Capaian Vaksinasi Jeneponto Terendah di Sulawesi Selatan, Satgas Covid.go.id Jeneponto. Jeneponto

Darmawan 2022, Pencapaian Vaksinasi Dosis 2 Terendah Menurut Kabupaten Terpilih di Sulawesi Selatan. Diakses melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/12/vaksinasi-dosis-2-di-kabupaten-jeneponto-menjadi-yang-terendah-di-sulawesi-selatan

Reza Novriana, Hasrul, Maria Montessori, Suryanef, 2020 Resistensi Masyarakat terhadap Kebijakan Protokol Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di Nagari Lubuk Malako. ournal of Civic Education (ISSN: 2622-237X) Volume 5 No. 2 2022.

Scoot, James. 2000. Senjatanya Orang-orang yang Kalah; Bentuk-Bentuk Resistensi Sehari- hari Kaum Tani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. (hal. 173)

Alisjahbana. 2005. Sisi Gelap Perkembangan Kota. Yogyakarta: Laksbang Pressindo Susilowati, Resistensi Perempuan Dalam Kumpulan Cerita Tandak Karya Royyan Julian (Teori Resistensi-James C. Scott) JBSI FBS Universitas Negeri Surabaya

Budiarti, Yuyun Octaviani. 2014. “Resistensi dari Objektifikasi Terhadap Perempuan Dalam Novel The Sinden Karya Halimah Munawirâ€. (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi -online/article/view/6534) diakses pada 30 November 2018.

A Kurniawan Hamzah, 2013 Skripsi Tentang Persistensi Dan Resistensi Masyarakat Terhadap Eksistensi Pertambangan Emas Di Desa Bonto Katute Kabupaten Sinjai.Unhas;Makassaar hlm 92

Aida NR. 2021 Update Virus Corona 19 Januari 2022: Jokowi Ingatkan Jangan ke Luar Negeri, Kompas.com (https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/19/090500865/update- virus-corona-19-januari-2022--jokowi-ingatkan-jangan-ke-luar-negeri-?page=all)

Donovan, R. & Henley, N. Principles and Practice of Social Marketing An International Perspective. (Cambridge University Press, 2010).

Todo dan Widyantari, 2021 Rekonstruksi Kebijakan Vaksinasi Warga Binaan Permasyarakatan Di Masa Pandemi: Keadilan Hukum Dan Hak Asasi Manusia Bagi Masyarakat Rentan, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Indonesia, NO. 4 VOL. 6 Oktober 2021: 815-832 Renaissan

Cresswell, J. W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih di antara Lima pendekatan Indonesia. (Pustaka pelajar., 2013)

Published
2023-03-03
How to Cite
Haris, H., Kurniawan, R. N., & Ivan Wijaya. (2023). Resistensi Sosial terhadap Vaksinasi Covid 19 di Kabupaten Jeneponto: Social Resistance Against Covid 19 Vaccination in Jeneponto Regency. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(3), 445-450. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i3.2912