Sistem Pendaftaran Online sebagai suatu Strategi Peningkatan Layanan Rumah Sakit : Literature Review
Online Registration System as Hospital’s Service Improvement Strategy : Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Di era digitalisasi Rumah Sakit, saat ini sedang berkembang sistem pendaftaran online khususnya di Instalasi Rawat Jalan,. Sistem pendaftaran online merupakan salah satu strategi pelayanan Rumah Sakit, diharapkan dapat mengetahui kebutuhan pasien, mereduksi waktu tunggu, meningkatkan kepuasan pasien dan efektivitas pelayanan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat sistem pendaftaran online sebagai strategi peningkatan pelayanan Rumah Sakit.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode tinjauan literatur, yaitu dengan melakukan kajian dan studi terhadap artikel jurnal ilmiah berdasarkan penelusuran dari 4 basis data Scopus, ProQuest, Springer link, dan Google Scholar. Kriteria inklusi dibuat berdasarkan PICO (population, intervention, comparasion, outcome). Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan layanan rawat jalan sebagai luaran dari penerapan sistem pendaftaran online.
Hasil: Dari hasil penelusuran diperoleh tujuh artikel mengenai sistem pendaftaran online. Pelayanan rawat jalan menggunakan sistem registrasi online memiliki manfaat positif yang signifikan sebagai strategi peningkatan pelayanan, dengan mengetahui kebutuhan pasien, mereduksi waktu tunggu, meningkatkan kepuasan pasien, dan efektivitas pelayanan. Sistem pendaftaran online merupakan suatu potensi yang dimiliki Rumah Sakit sebagai suatu strategi peningkatan pelayanan serta kunjungan pasien. Bahkan pada beberapa negara, sistem pendaftaran online telah dikembangkan menjadi sistem perjanjian online.
Kesimpulan: Penerapan sistem pendaftaran online dapat dilakukan sebagai suatu strategi peningkatan pelayanan Rumah Sakit.
References
Junaidi A. Internet of Things, Sejarah, Teknologi dan Penerapannya : Review. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 2015;I(3).
Jannah M, Rizany I, Setiawan H. Perbandingan Waktu Tunggu Dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rsud Ratu Zalecha Martapura. Jurnal Perawat Indonesia. 2020;4(2):402–12.
Rizany I. Efektifitas pendaftaran online terhadap waktu tunggu dan kepuasaan pasien di rawat jalan rsud ulin dan rsdi banjarbaru. PSIK FK Univ Lam Mangkurat. 2019;53(9):1689–99.
Kotler P, Armstrong G. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga; 2008. 64 p.
Cao W, Wan Y, Tu H, Shang F, Liu D, Tan Z, et al. A web-based appointment system to reduce waiting for outpatients: A retrospective study. BMC Health Serv Res. 2011;11.
Yang PC, Chu FY, Liu HY, Shih MJ, Chen TJ, Chou LF, et al. Features of online hospital appointment systems in Taiwan: A nationwide survey. Int J Environ Res Public Health. 2019;16(2).
Xie W, Yang X, Cao X, Liu P. Effects of a comprehensive reservation service for non-emergency registration on appointment registration rate, patient waiting time, patient satisfaction and outpatient volume in a tertiary hospital in China. BMC Health Serv Res. 2019 Nov 1;19(1).
Sa’idah N. Analisis Penggunaan Sistem Pendaftaran Online (E-Health) Berdasarkan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2017;5(1):72–81.
Küçük A, Demirci M, Kerman G, Soner Özsoy V. Evaluating of hospital appointment systems in Turkey: Challenges and opportunities. Health Policy Technol. 2021 Mar 1;10(1):69–74.
Septian E. Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan. 2021;5(1):53–64.
Pradana Dykson Rizky. Development Of Mobile Based Application For Medical Service Reservation At Pku Muhammadiyah Kutoarjo Publikasi Ilmiah. [Surakarta]; 2018.
Yulianti Farida, Lamsah, Periyadi. BUKU MANAJEMEN PEMASARAN. Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish Publisher; 2019.
Kumar Sharma S, Singh Chowhan S. Patient Waiting Time: It’s Impact on Hospital Outpatient Department. Article in International Journal of Scientific Research [Internet]. 2013; Available from: https://www.researchgate.net/publication/314834626
Wulandari D, Permana Wicaksono A, Deharja A, Kesehatan J, Negeri Jember P. Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Berkas Rekam Medis Rj Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan. 2020;1(3):1–8.
Zhao P, Yoo I, Lavoie J, Lavoie BJ, Simoes E. Web-Based Medical Appointment Systems: A Systematic Review. J Med Internet Res. 2017;19(4):1–28.
Davis FD. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. 1989;13(5):319–39.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.