Hubungan Motivasi dengan Self-Efficacy Mahasiswa pada Kuliah Praktek Lapangan di Masa Pandemi Covid-19
The Relationship between Motivation and Student Self-Efficacy in Field Practice Lectures during the Covid-19 Pandemic
Abstract
Latar belakang: Self-efficacy akademik merupakan keyakinan mahasiswa terhadap kemampuan yang dimiliki dalam menghadapi berbagai situasi dalam proses perkuliahan.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi dengan self-efficacy mahasiswa pada kuliah praktek lapangan di masa pandemi Covid-19.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross-sectional. Penelitian ini melibatkan 119 mahasiswa semester VI Akademi Keperawatan di Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan total population sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni – Desember 2021. Analisa data dilakukan dengan software statistik SPSS untuk analisa univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi dengan self-efficacy mahasiswa pada kuliah praktek lapangan di masa pandemi Covid-19 dengan p-value = 0.001 < α 0.05.
Kesimpulan: Motivasi merupakan dorongan yang timbul dari dalam diri untuk membentuk efikasi diri seseorang. Rekomendasi dari penelitian ini adalah institusi pendidikan dapat menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan yang menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa, khususnya di profesi keperawatan, agar apapun kondisi atau pandemi yang dihadapi, mahasiswa tetap memiliki motivasi dalam belajar di lahan praktik keperawatan.
References
United Nations Educational S and CO. Education in a post-COVID world: Nine ideas for public action International [Internet]. France; 7, 2020. p. 1–26. Available from: http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan semangat Merdeka Belajar. Indonesia; 2020. p. 1–28.
Hidayati SRN, Savira SI. Hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial sebagai moderator pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. 2021;08(03):1–11.
Ahmad A, Safaria T. Effects of self-efficacy on students’ academic performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology. 2013;2(1).
Filgona J, Sakiyo J, Gwany DM, Okoronka AU. Motivation in learning. Asian Journal of Education and Social Studies. 2020 Sep 9;10(4):16–37.
Nyamwata J, Donald K, Sanga PK. Prevalence of depression and related socio demographic factors among nurses working at Moi Teaching and Referral Hospital, Uasin Gishu County, Eldoret. Journal of Psychiatry and Mental Disorder. 2017;2(1):2–6.
Hernández R, Monsiváis MG, Rivera S, Oviedo A. Factors influencing the missed nursing care in patients from a private hospital. Rev Lat Am Enfermagem [Internet]. 2017;25(0). Available from: http://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0104-11692017000100354&lng=en&tlng=en
Thulth AS, Sayej S. Selected organizational factors affecting performance of professional nurses in Northwest Bank Governmental Hospitals. Journal of Education and Practice. 2015;6(7):100–10.
Rusnawati NR. Relasi Gender dalam Tugas-Tugas Keperawatan di Rumah Sakit Puri Husada Sleman Yogyakarta. Vol. 66, Skripsi. 2012.
Drama SM, S Y, Muliyadi. Hubungan self-efficacy dengan perilaku caring perawat di ruang rawat inap. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan. 2019;13(1):40–7.
Supriatin E. Perilaku caring perawat berdasarkan faktor individu dan organisasi. Jurnal Keperawatan Indonesia. 2015 Nov 1;18(3):2354–9203.
Bansal RN, Malhotra M. A Case Study of Motivational Levels among Personnel Working in a Government Teaching Hospital of Punjab. Biomedical and Pharmacology Journal. 2016;9(2):585–91.
Marquis BL, Huston CJ. Leadership roles and management functions in nursing: Theory and application. Eight Edit. China: Wolters Kluwer Health, Lippincott Williams & Willkins; 2015.
Batson VD, Yoder LH. Managerial coaching: A concept analysis. 2012.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta; 2020.
Fauzi M. Strategi pembelajaran masa pandemi Covid-19. Strategi Pembelajaran. 2020 Dec 1;2(2):120–45.
Muhammad M. Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal. 2016;4(2):87–97.
Florina S, Zagoto L. Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 2019 Dec 1;2(2):386–91.
Astuti R, Gunawan W. Sumber-sumber efikasi diri karier remaja S. Jurnal Psikogenesis. 2016 Dec 1;4(2):141–51.
Tschannen-Moran M, Mcmaster P. Sources of self-efficacy: Four professional development formats and their relationship to self-efficacy and implementation of a new teaching strategy. Elementary School Journal. 2009 Dec;110(2):228–45.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.