Penerapan Alur Pelayanan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) di Puskesmas Kota Parepare pada masa pandemi Covid

Implementation of the Individual Health Effort Service (UKP) flow at the Parepare City Health Center during the Covid Pandemic

  • Rasidah Wahyuni Sari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Ilham Willem Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Herlina Muin Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurlinda Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rahmat Zarkasyi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Puskesmas, Alur Pelayanan, UKP, Covid 19

Abstract

Latar belakang: Alur pelayanan di puskesmas selama pandemi di seluruh Puskesmas di kota parepare  mengalami  perubahanan  pada mekanisme pelayanan terhadap pasien yang datang ke fasilitas kesehatan (faskes). Upaya  kesehatan perorangan (UKP) pada kegiatan pelayanan kesehatan di tingkatkan  secara optimal untuk memutus tali rantai penularan virus covid 19, untuk mengatur pelayanan selama pandemi puskesmas merujuk pada petunjuk tehknis Kementrian Kesehatan pada pengaturan alur pelayanan.

Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui penerapan alur Pelayanan Puskesmas Madising  na Mario dan Puskesmas Lapadde  di kota parepare.

Metode: penelitian kualitatif melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah alur Pelayanan Kesehatan Perorangan (UKP) di puskesmas selama pandemi Covid-19 mencakup Pelayanan di dalam Gedung, Pelayanan di Luar gedung , Pelayanan Farmasi,Pelayanan laboratorium, dan sistem rujukan sesuai petunjuk teknis pelayanan kesehatan Kemenkes RI.

Hasil: penelitian terhadap 2 (dua)  Puskesmas di kota parepare yaitu Puskesmas Lapadde dan Puskesmas Madising na Mario di dapatkan  Bahwa penerapan Pelayanan yang mengacu pada petunjuk teknis pelayanan kesehatan belum sepenuhnya mengikuti  Juknis Kemenkes Ri ini di pengaruhi oleh beberapa faktor penghabat yaitu Sumber Daya Manusia,kesadaran masyarakat serta sarana dan prasarana. meskipun demikian  jadwal pelayanan di modifikasi berdasarkan sasaran program.  pelayanan mengacu pada Standar Operasional pelayanan (SOP) selama pandemi, pelayanan dengan menerapakan prinsip Triase Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan physical Distancing.

Kesimpulan: Puskesmas lapadde dan puskesmas Madising Na Mario dalam memberikan pelayanan UKP mengacu pada Standar Operasional pelayanan (SOP), pelayanan dengan menerapakan prinsip Triase Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan physical Distancing sesuai dengan petunjuk tekhnis kementrian kesehatan republic Indonesia.

References

World Health Organization. No Title. 2020. p. 2.

Kemenkes RI. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19 [Internet]. kemenkes RI. 2020. 1–65 p. Available from: https://covid19.kemkes.go.id/protokol-covid-19/petunjuk-teknis-pelayanan-puskesmas-pada-masa-pandemi-covid-19/#.X6z9Be77TIU

Ulandari S, Yudawati S. Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana Dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Pasien. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2019;7(2):39.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peratur Menteri Kesehat RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. 2019;Nomor 65(879):2004–6.

Stefanny J. Pangoempia, Grace E. Korompis A a. R. Analisis Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Ranotana Weru Dan Puskesmas Teling Atas Kota Manado. Kesmas. 2021;10(1):40–9.

Menap M. Telaah Fungsi Upaya Kesehatan Perorangan ( UKP ) Puskesmas Menurut Persfektif Manajemen Keselamatan Pasien. 2021;2(1):49–54.

Nugraha IN, Suciani I, Sonia D. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pelayanan Kesehatan Bagian Rekam Medis di Rumah Sakit XX Cimahi. Cerdika J Ilm Indones. 2021;1(8):997–1003.

Kartawidjaja J. Kebutuhan Tenaga Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Pada Era Covid-19. Orphanet J Rare Dis. 2020;21(1):1–9.

Muhammad Ahsan Ridhoi. Tantangan Puskesmas dalam Perang Melawan Pandemi - Analisis Data Katadata" ,. Katadata.co.id. 2021;

SIMANJUNTAK M. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. J Bhs Indones Prima. 2020;2(2):103–12.

Komarudin K, Puspita L. Optimalisasi Video Edukasi: Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan Di Era New Normal. Kaibon Abhinaya J Pengabdi Masy. 2022;4(1):18–25.

Yuliana A. Gambaran Tingkat Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid. 2022;4(3):259–69. Available from: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pengamas/article/view/3129

Syelviani M. Pentingnya Sarana dan Prasarana Terhadap Efisiensi Kerja Pegawai Puskesmas Teluk Pinang. J Anal Manaj. 2019;5(2):19–32.

Santosa. KESIAPSIAGAAN WILAYAH PADA PUSKESMAS SEBAGAI FASYANKES TINGKAT PERTAMA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN INDIKATOR SDM DAN SARANA PRASARANA. J Chem Inf Model. 2020;21(1):1–9.

Zubaidah S. Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir. JISIP J Ilmu Sos dan Ilmu Polit. 2021;10(3):202–8.

Published
2022-10-10
How to Cite
Rasidah Wahyuni Sari, Ilham Willem, Herlina Muin, Nurlinda, & Rahmat Zarkasyi. (2022). Penerapan Alur Pelayanan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) di Puskesmas Kota Parepare pada masa pandemi Covid : Implementation of the Individual Health Effort Service (UKP) flow at the Parepare City Health Center during the Covid Pandemic . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(10), 1308-1312. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i10.2744