Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi, Tingkat Konsumsi Energi dan Protein antara Pendampingan Berbasis Whatsapp dengan Media E-booklet dan E-leaflet pada Ibu Hamil Kurang Energi Kronis (KEK) di Wilayah Kerja Puskesmas Arjowinangun Kota Malang

Differences in Nutritional Knowledge Levels, Energy and Protein Consumption Levels between Whatsapp-Based Assistance with E-booklet and E-leaflet Media in Chronically Lacking Energy Pregnant Women (KEK) in the Arjowinangun Health Center Work Area, Malang City

  • Anggi Dwi Yanti Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • I Nengah Tanu Komalyna Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Tapriadi Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
Keywords: Kekurangan Energi Kronis (KEK), Tingkat Pengetahuan Gizi, Tingkat Konsumsi Energi, Tingkat Konsumsi Protein, Pendampingan Ibu Hamil

Abstract

Latar belakang: Pengetahuan gizi yang kurang tentang gizi seimbang ibu hamil, kemudian pemilihan makanan yang baik, cara pengolahan makanan untuk mempertahankan kandungan gizi akan berpengaruh pada kurangnya konsumsi makanan yang mengandung energi dan protein, sehingga terjadi kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil. Melakukan edukasi terkait gizi seimbang ibu hamil dengan pendampingan diketahui mempunyai efektivitas yang tinggi untuk pencapaian penurunan angka KEK. Salah satu metode yang digunakan adalah melalui pendampingan berbasis whatsapp dengan media e-booklet dan e-leaflet.

Tujuan: untuk menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan gizi, tingkat konsumsi energi, dan protein antara pendampingan berbasis whatsapp dengan media e-booklet dan e-leaflet pada ibu hamil kurang energi kronis (KEK) di wilayah kerja Puskesmas Arjowinangun Kota Malang.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan desain PreExperimental dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling total sample yang diperoleh 40 ibu hamil dibagi menjadi 2 kelompok. Peningkatan pengetahuan, konsumsi energi dan protein sebelum dan sesudah diuji menggunakan Paired Sample T-Test karena data berdistribusi normal, sedangkan perbedaan tingkat pengetahuan, tingkat konsumsi energi dan protein antara kelompok e-booklet dengan e-leaflet menggunakan Independent Sample T-Test.

Hasil: hasil penelitian ini adalah ada pengaruh pendampingan gizi berbasis whatsapp terhadap tingkat pengetahuan gizi ibu hamil, tingkat konsumsi energi, dan protein (p<0,05). Rerata tingkat pengetahuan tertinggi pada kelompok e-booklet sebelum (63,50 ± 10,65) dan sesudah (75,25 ± 10,32) jika dibandingkan kelompok e-leaflet, Untuk rerata tingkat konsumsi energi juga tertinggi pada kelompok e-booklet yaitu sebelum pendampingan (59,45 ± 13,72) dan sesudah (77,90 ± 16,87) jika dibandingkan dengan kelompok e-leaflet. Sedangkan rerata tingkat konsumsi protein tertinggi kelompok e-booklet dibandingkan dengan kelompok e-leaflet sebelum pendampingan (61,50 ± 10,38) dan sesudah (79,89 ± 11,43). Selain itu, terdapat perbedaan pada tingkat pengetahuan gizi ibu hamil, tingkat konsumsi energi, dan protein antara pendampingan berbasis whatsapp dengan media e-booklet dan media e-leaflet (p<0,05).

Kesimpulan: kesimpulan dari penelitian ini adalah pendampingan gizi dengan media e-booklet lebih berpengaruh terhadap peningkatan tingkat pengetahuan, tingkat konsumsi energi dan protein daripada pendampingan dengan media e-leaflet.

 

 

 

References

Suryana S, Roudza R, Alfridsyah A. Konsumsi pangan dan skor pola pangan harapan (PPH) dengan prevalensi stunting di Provinsi Aceh (Data Susenas dan PSG tahun 2016). AcTion Aceh Nutr J. 2018;3(2):149–57.

ANGGUN FATHONA Y, Kamsiah K, Wahyu T, Suryani D, Kusdalinah K. Substitusi Tepung Ikan Teri (stolephorus commerrsoni) dan Tepung Mocaf (modified cassava flour) terhadap Daya Terima dan Kadar Protein Kue Bay Tat sebagai Alternatif Kudapan Ibu Hamil. Poltekkes Kemenkes Bengkulu; 2022.

Simbolon D, Rahmadi A, Jumiyati J. Pengaruh Pendampingan Gizi terhadap Perubahan Perilaku Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Kurang Energi Kronik (KEK). J Kesehat. 2019;10(2):269–75.

Bertalina B, Rahmadi A. PENDAMPINGAN IBU HAMIL DI DESA FOKUS STUNTING KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. GIZI Indones. 2021;44(1):97–108.

Yanuarti R, Sos S. Perbedaan Pendidikan Kesehatan Gizi dengan Media Booklet dan e-booklet terhadap Perubahan Pengetahuan Anemia pada Remaja Putri. 2017;

Aba L, Nirmala F, Saputri AI, Hasyim MS. Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Covid-19 di Kota Baubau. J Farm Galen (Galenika J Pharmacy)(e-Journal). 2020;6(2).

Hapsari CM. Efektivitas komunikasi media booklet “anak alami” sebagai media penyampai pesan gentle birthing service. J E-Komunikasi. 2013;1(3).

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan & ilmu perilaku. 2007;

Fikawati S, Syafiq A. Hubungan Pekerjaan Dan Pendidikan Ibu Dengan Pemberian Asi Ekslusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Hinai Kiri. Di akses di http//media neliti com> Publ (pada tanggal 13 Maret 2019 pukul 2321). 2012;

Conita DA. Perbedaan Pertumbuhan Bayi Usia 3-6 Bulan yang Diberi ASI Eksklusif dan yang Tidak Diberi ASI Eksklusif di Puskesmas Gang Sehat Kecamatan Pontianak Selatan. J Mhs PSPD FK Univ Tanjungpura. 2014;1(1).

Danil M. Pengaruh pendapatan terhadap tingkat konsumsi pada pegawai negeri sipil di kantor bupati kabupaten Bireuen. J Ekon Univ Almuslim Bireuen Aceh. 2013;4(7):9.

Team R. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap status gizi pada balita di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Maj Keperawatan Unpad. 2010;12(1).

Sulistyoningsih H. Gizi untuk kesehatan ibu dan anak. 2011;

Adawiyani R. Pengaruh pemberian booklet anemia terhadap pengetahuan, kepatuhan minum tablet tambah darah dan kadar hemoglobin ibu hamil. Calyptra. 2014;2(2):1–20.

Rahmiyati R, Widyasih H, Santi MY. Pengaruh E-booklet Tentang ASI Eksklusif Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta; 2019.

ASSIDHIQ MR. PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, PERILAKU MAKAN DAN BERAT BADAN TENTANG UPAYA PENCEGAHAN OBESITAS PADA REMAJA DI SMA NEGERI SEMARANG. 2019;

Maharibe CC. Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. eBiomedik. 2014;2(1).

Yuspitra TD. Hubungan pengetahuan gizi dan asupan zat gizi (besi, vitamin c, protein) dengan status anemia pada ibu hamil di Desa Nagarejo Kecamatan Galang, Deli Serdang. 2019;

Cyntia Putri R, Puspowati SD. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Tentang Asi Eksklusif Di Wilayah Binaan Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2019.

Published
2022-11-13
How to Cite
Anggi Dwi Yanti, I Nengah Tanu Komalyna, & Tapriadi. (2022). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi, Tingkat Konsumsi Energi dan Protein antara Pendampingan Berbasis Whatsapp dengan Media E-booklet dan E-leaflet pada Ibu Hamil Kurang Energi Kronis (KEK) di Wilayah Kerja Puskesmas Arjowinangun Kota Malang : Differences in Nutritional Knowledge Levels, Energy and Protein Consumption Levels between Whatsapp-Based Assistance with E-booklet and E-leaflet Media in Chronically Lacking Energy Pregnant Women (KEK) in the Arjowinangun Health Center Work Area, Malang City. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(11), 1363-1371. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i11.2737