Pengaruh Media Leaflet terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Rumah Tangga di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Talise

The Influence of Leaflet Media on the Knowledge of Health Cadres About Clean and Healthy Life Behavior in Household Arrangements at the Posyandu in the Working Area of the Talise Health Center

  • Firdaus J. Kunoli Politeknik Kesehatan Palu
  • Djadid Subchan Politeknik Kesehatan Palu
  • Abdul Latif Politeknik Kesehatan Palu
  • Amir Amir Politeknik Kesehatan Palu
Keywords: Media Leaflet, Pengetahuan Kader, PHBS

Abstract

Latar belakang: Program pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dicanangkan pemerintah sudah berjalan 15 tahun, tetapi keberhasilannya masih jauh dari harapan. Dari data yang diambil oleh peneliti dari salah satu petugas Promosi kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Talise mengatakan terdapat 18 posyandu balita dan 13 posyandu lansia dengan jumlah kader kesehatan 138 orang mengatakan bahwa Perilaku hidup bersih dan sehat pada tahun 2021 masih kurang.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh media Leaflet terhadap pengetahuan kader kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada tatanan rumah tangga di posyandu wilayah kerja Puskesmas Talise.

Metode: Metode penelitian ini adalah quase Experiment design dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 147 orang kader kesehatan di wilayah kerja posyandu Puskesmas Talise. Sampel berjumlah 34 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji paired sample t-test (uji-t berpasangan).

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan selisih nilai mean (rata-rata) pada pengetahuan pre test sebesar 7,53 dan nilai mean (rata-rata) pada pengetahuan post test sebesar 10,97 maka didapatkan selisih perbedaan nilai mean sebesar 3,441. Hasil uji paired sample t-test (uji-t berpasangan) diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Kesimpulan: Ada pengaruh media leaflet terhadap pengetahuan kader kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada tatanan rumah tangga di posyandu wilayah kerja Puskesmas Talise. Saran Diharapkan bagi pihak Puskesmas Talise, khususnya bagian promosi kesehatan Puskesmas Talise untuk selalu mensosialisasikan program PHBS kepada kader dan masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan informasi tentang penting dan manfaat PHBS.

References

Ayu SM, Kurniawan A, Ahsan AY, Anam AK. Peningkatan kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini di desa Hargomulyo Gedangsari Gunung Kidul. J Pemberdaya Publ Has Pengabdi Kpd Masy. 2018;2(1):20.

Julianti R. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. J Ilm Potensia. 2018;3(2):11–7.

Solang S diana. promosi kesehatan. bogor: IN MEDIA; 2016.

Isnainy U, Zainaro MA, Novikasari L, Aryanti L, Furqoni PD. Pendidikan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SMA negeri 13 Bandar Lampung. J Kreat Pengabdi Kpd Masy. 2020;3(1):27–33.

Timotius KH. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Penerbit Andi; 2017.

Umaroh AK, Hanggara HY, Choiri C. Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bulu Kabupaten Sukoharjo Bulan Januari-Maret 2015. J Kesehat. 2016;9(1):25.

Muwakhidah M, Fatih FD, Primadani T. Efekvitas Pendidikan Dengan Media Boklet, Leaflet Dan Poster Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Proceeding of The URECOL. 2021;438–46.

Tristanti I, Khoirunnisa FN. Kinerja kader kesehatan dalam pelaksanaan posyandu di Kabupaten Kudus. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2018;9(2):192–9.

Kemenkes RI. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehat Republik Indones. 2018;1–100.

Kemenkes RI. Laporan hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) Indonesia tahun 2018. Ris Kesehat Dasar. 2018;2018:182–3.

Notoatmodjo S. Kesehatan masyarakat ilmu dan seni. 2011;

Nursalam N. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salimba Medika; 2016.

Al Mubarok AAS, Amini A. Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;4(1):77–89.

Wantania JS, Laenggeng AH, Moonti SW. Pendidikan kesehatan melalui media leaflet tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) terhadap pengetahuan kader kesehatan di wilayah kerja Puskesmas 2018;1(1)

Published
2022-06-06
How to Cite
Firdaus J. Kunoli, Djadid Subchan, Abdul Latif, & Amir, A. (2022). Pengaruh Media Leaflet terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Tatanan Rumah Tangga di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Talise: The Influence of Leaflet Media on the Knowledge of Health Cadres About Clean and Healthy Life Behavior in Household Arrangements at the Posyandu in the Working Area of the Talise Health Center. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 757-762. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i6.2686