Hubungan Karakteristik Individu dan Stres Kerja dengan Burnout pada Pekerja Aviation Security

The Relationship of Individual Characteristics and Work Stress with Burnout on Aviation Security Employees

  • Arifah Sarrol Wari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
  • Noeroel Widajati Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Keywords: Aviation security, Burnout, Stres Kerja

Abstract

Latar belakang: Burnout ialah kelelahan secara emosional dan sinisme yang umumnya dirasakan oleh pekerja yang bertatap langsung dengan pelanggan. Burnout dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stres kerja.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan burnout pada aviation security di PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatid dan merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja aviation security di PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta sebanyak 251 pekerja. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 72 orang. Variabel yang diteliti adalah stres kerja dan burnout. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi spearman.

Hasil: Mayoritas responden (43,1%) memiliki stres kerja dengan kategori sedang. Mayoritas responden (84,7%) memiliki burnout dengan kategori sedang. Terdapat hubungan antara stres kerja dengan burnout (p value = 0,006)

Kesimpulan: Terdapat hubungan searah yang cukup signifikan antara stres kerja dengan burnout pada pekerja aviation security di PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta. Semakin tinggi stres kerja maka semakin tinggi pula risiko burnout pada responden.



References

DAFTAR PUSTAKA

PT. Angkasa Pura I. Laporan Keberlanjutan PT. Angkasa Pura I. 2021.

Maslach C, Jackson SE. The measurement of experienced burnout. J Organ Behav. 1981;2(2):99–113.

Glint. How employees are feeling right now. 2020;(May):2020.

Lee RL, Ashforth BE. A meta-analytic examination of the correlates of the three dimensions of job burnout. J Appl Psychol. 1996;81(2):123–33.

Dinda Sekar Mentari, Taufik Ashar, Nurmaini Nurmaini. The Relationship between Work Period and Dust Level with Disruption of Lung Capacity in Asphalt Mixing Plant Production Workers (AMP) Medan in Public Works Office 2019. Britain Int Exact Sci J. 2020;2(1):115–9.

Hartono H, Susanto PC, Hermawan MA. Personel Aviation Security Menjaga Keamanan Di Bandar Udara. Aviasi J Ilm Kedirgant. 2020;16(2):14–21.

Saleh LM. Man Behind The Scene Aviation Safety. 1st ed. Yogyakarta: DEEPUBLISH; 2018.

Imandana. PENGARUH KONFLIK PERAN DAN STRES KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN (Studi Kasus Pada Unit Aviation Security PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Halim Perdanakusuma.). 2018.

Wati NMN. “ABC’s Stress Managementâ€: Upaya Menurunkan Burnout Berfokus pada Individu. Adi Husada Nurs J. 2017;3(1):33–8.

Okte Citra Indiawati, Hidayatus Sya’diyah, Dhian Satya Rachmawati, A.V. Sri S. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN BURNOUT SYNDROME PERAWAT DI RS DARMO LATAR BELAKANG Stess pada perawat terjadi karena tugas perawat yang semakin kompleks dalam memberikan pelayanan keperawatan yang kompehensif dan profesional baik kepada pasien. Keperawatan dan Kesehat Masy. 2022;11.

Fyana L, Rozali YA. Perbedaan Burnout Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Karyawan Bank Abc. J Psikol. 2018;962(9):1–8.

Sugiono, Wisnu Wijayanto Putro SIKS. Ergonomi untuk Pemula: (Prinsip Dasar & Aplikasinya). 1st ed. Malang: Universitas Brawijaya Press; 2018.

Aulia L, Kawatu PAT, Langi FLFG. Hubungan antara Beban Kerja dan Masa Kerja dengan Stres Kerja pada Security Check Point di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado. Med Scope J. 2019;1(1):16–20.

Sulistyawati NNN, Purnawati S, Muliarta IM. Gambaran Tingkat Stres Kerja Perawat Dengan Kerja Shift Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Karangasem. E-Jurnal Med Udayana. 2019;8(1):1.

Waldstrom KS and C. Organisational behaviour. Vol. 85, Nursing times. New York: McGraw-Hill Education; 2014.

Suhartono F, Wetik S, Pondaag F. Hubungan Stres Kerja dengan Burnout Syndrome di Masa Pandemi Covid-19 pada Perawat . J Ilmu Keperawatan Jiwa. 2021;4(4 SE-Articles):693–702.

Ramdhan MR, Fajrianthi F. Pengaruh Job Insecurity dan Work Life Balance terhadap Stres Kerja pada Karyawan Outsourcing. Bul Ris Psikol dan Kesehat Ment. 2021;1(1):327–37.

Restu Ramadani, Surya Dharma PJ. PENGARUH BEBAN KERJA, STRES KERJA DAN PERCEIVED FAIRNESS TERHADAP BURNOUT PADA PEGAWAI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN PADANG PARIAMAN. J Manaj Univ Bung Hatta. 2019;14.

Published
2022-09-07
How to Cite
Arifah Sarrol Wari, & Widajati, N. (2022). Hubungan Karakteristik Individu dan Stres Kerja dengan Burnout pada Pekerja Aviation Security : The Relationship of Individual Characteristics and Work Stress with Burnout on Aviation Security Employees. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(9), 1129-1136. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i9.2588